Salin Artikel

Catat, Ide Staycation di Kota Bandung Saat Libur Lebaran 2021

KOMPAS.com – Mudik lebaran 6-17 Mei 2021 resmi dilarang pemerintah guna mengurangi kemungkinan penyebaran Covid-19.

Kendati demikian, tempat wisata tetap dibuka di bawah aturan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro. Dengan begitu, wisata lokal tetap bisa dilakukan.

Jika kamu berdomisili di Kota Bandung, ada beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan saat libur lebaran. Agar kegiatan berwisata lebih menyenangkan, kamu bisa gabungkan dengan staycation agar suasana lebaranmu berbeda.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ide staycation di Kota Bandung beserta rekomendasi hotel dan tempat wisata yang dapat dikunjungi, Kamis (15/4/2021).

Meski tempat wisata sudah menerapkan protokol kesehatan, kamu tetap wajib memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika sakit.

Rekomendasi hotel untuk staycation di Bandung

Jika ingin staycation, terdapat dua pilihan hotel yang bisa kamu pertimbangkan untuk dikunjungi, yaitu InterContinental Bandung Dago Pakar dan Padma Hotel Bandung.

InterContinental Bandung Dago Pakar terletak di Jalan Resor Dago Pakar Raya 2B, Mekarsaluyu, Kecamatan Cimenyan. Hotel ini menawarkan harga kamar sekitar Rp 1,3 juta per malam.

Beberapa fasilitas yang terdapat dalam hotel tersebut adalah gym, kolam renang, aktivitas untuk anak-anak, dan Damai Restaurant yang menyajikan beragam hidangan lezat.

Penginapan kedua adalah Padma Hotel Bandung di Jalan Rancabentang nomor 56-58, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap. Hotel ini menawarkan harga kamar sekitar Rp 1,7 juta per malam.

Beberapa fasilitas yang terdapat dalam hotel tersebut adalah gym, kolam renang, aktivitas untuk anak-anak, serta restoran yang menyajikan hidangan Asia dan Eropa yang nikmat.

Pilihan tempat wisata terdekat

Sebelum memulai perjalanan, perlu dicatat bahwa urutan tempat wisata di bawah dimulai dari area dekat dua hotel yang direkomendasikan.

Namun, kamu bisa menyesuaikan kembali tempat wisata mana yang akan dikunjungi terlebih dahulu selama staycation.

1. Curug Dago

Tempat wisata pertama yang dapat dikunjungi adalah Curug Dago di Jalan Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiketnya Rp 12.000 per orang.

Meski curugnya tidak terlalu tinggi, kamu tetap bisa menikmati keindahannya sambil menikmati sejuknya udara Bandung di pagi hari.

Di sana, terdapat sebuah saung kecil dekat kolam curug yang dapat dijadikan spot berfoto. Kamu juga bisa foto-foto di sebuah batu besar dekat saung tersebut.

Titik curug terletak cukup dekat dari area parkir kendaraan. Namun, kamu tetap harus berjalan melintasi pepohonan rindang sebelum tiba di sana.

2. Studio Rosid

Tempat yang dikunjungi selanjutnya adalah Studio Rosid di Jalan Cigadung Raya Tengah nomor 40, Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler. Jarak dari Curug Dago adalah sekitar 3,8 kilometer (km) atau 11 menit.

Studio Rosid merupakan galeri seni seorang seniman bernama Rosid yang karyanya sudah mendunia, bahkan sampai ke Korea Selatan dan Hong Kong.

Salah satu spot indah yang bisa dijadikan tempat untuk berfoto adalah sebuah area di lantai atas yang memiliki beberapa foto, meja, dan kursi yang letaknya dekat jendela besar.

Studio Rosid menawarkan suasana khas desa yang “Sunda banget”, mulai dari pintu masuk hingga bagian dalamnya. Wisatawan dijamin merasa nyaman saat berada di sini.

Selain menikmati karya seni dan suasana yang ditawarkan, pengunjung juga bisa menikmati secangkir teh atau kopi yang nikmat dengan harga yang terjangkau.

Studio Rosid buka setiap Selasa-Jumat pukul 11.00-21.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-21.00 WIB. Jika ingin berkunjung selama bulan Ramadhan, jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 03.00-23.00 WIB.

3. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung letaknya hanya sekitar 3,6 km atau 13 menit dari Studio Rosid. Tepatnya di Jalan Kebun Binatang nomor 6, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong.

Di tempat wisata ini, terdapat sejumlah satwa menarik yang dapat dilihat, seperti harimau benggala, unta punuk satu, elang ular bido, nuri kepala hitam, jalak kerbau, dan kangkareng perut putih.

Jika berwisata bersama anak, Kebun Binatang Bandung memiliki fasilitas taman bermain anak, kereta api dan skuter anak, serta atraksi gajah dan unta tunggang, juga teater satwa.

Apabila sudah mulai merasa lapar, kamu tidak perlu khawatir karena tempat wisata ini memiliki pujasera yang menawarkan beragam pilihan makanan.

Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Apabila berkunjung selama bulan Ramadhan, jam operasionalnya pukul 10.00-16.00 WIB.

Harga tiket masuk Kebun Binatang Bandung adalah Rp 50.000 per orang. Pihak tempat wisata menyediakan pemandu wisata berdasarkan permintaan.

4. Gedung Sate

Gedung Sate berlokasi di Jalan Diponegoro nomor 22, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan. Jarak dari Kebun Binatang Bandung hanya sekitar 2,3 km atau 6 menit. Harga tiket Rp 5.000 per orang.

Tempat wisata ini memiliki media interaktif yang lokasinya dekat dengan loket pembelian tiket. Lewat layar sentuh tersebut, kamu bisa memilih dan menggeser gambar yang tertera.

Ada juga miniatur Gedung Sate yang letaknya dekat dengan tampilan atap sirap yang terbuat dari kayu ulin khas Kalimantan, serta visual perkembangan Kota Bandung sejak dulu kala.

Gedung Sate juga memiliki sebuah teater yang menampilkan film pendek berjudul “7 Pemuda”, dan fasilitas AR yang dilengkapi beragam properti.

Mau naik balon terbang? Kamu juga bisa melakukannya selama berada di dalam Gedung Sate. Tempat wisata ini buka setiap Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/16/130724327/catat-ide-staycation-di-kota-bandung-saat-libur-lebaran-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.