Salin Artikel

Biasa Dibanderol Rp 9 Juta, Harga Paket Wisata Turki Kini Mulai Rp 5 Juta

KOMPAS.com – Turki memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong Indonesia. Terletak di antara Benua Eropa dan Benua Asia, Turki tidak hanya terkenal akan budayanya dan keindahan alamnya, namun juga bangunan-bangunan bersejarah dan cerita di baliknya.

Tak ayal, tiket dan paket wisata ke Turki selalu diburu, terutama jika harganya terjangkau.

Perusahaan tour dan travel Dwidayatour, misalnya, menawarkan tiket dan paket tur ke Turki dengan harga murah. Bekerja sama dengan maskapai penerbangan Emirates, Dwidayatour menawarkan tiket pulang-pergi Istanbul-Jakarta seharga mulai dari Rp 5,2 juta untuk kelas ekonomi dengan jadwal keberangkatan hingga 30 September 2021.

Angka tersebut dinilai lebih murah karena umumnya bisa mencapai hingga Rp 9 jutaan.

Head of Marketing, Digital Communications and Partnership Dwidayatour Hatta Pradhana mengatakan bahwa harga tersebut disebabkan permintaan yang sangat tinggi. “Ini bukan karena tidak laku, tapi karena sangat laku,” kata Hatta kepada Kompas.com hari Kamis (15/4/2021).

Ia melanjutkan, tiket dan tur ke Turki selalu populer sejak November tahun lalu hingga saat ini, bahkan ada beberapa grup yang akan berangkat setelah lebaran nanti.

Khusus untuk grup tur, umumnya digemari oleh keluarga, tapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah Turki dan Indonesia. Beberapa protokol di antaranya adalah pembatasan kapasitas peserta hingga 50 persen serta penyediaan perlengkapan kesehatan, yakni masker dan hand sanitizer.

Harga grup tur ke Turki yang disediakan oleh Dwidayatour dimulai dari Rp 7 jutaan.

Menurut Hatta, salah satu alasan mengapa Turki diminati adalah santapannya. “Makanan di sana sangat bersahabat dengan lidah orang Indonesia, jadi tidak perlu adaptasi lagi,” tuturnya, lalu menambahkan bahwa negara tersebut cocok untuk turis yang ingin merasakan “hawa” negara-negara Eropa.

Selain Dwidayatour, perusahaan tour dan travel Panorama JTB juga menyediakan pilihan paket wisata terjangkau ke Turki melalui program Europamundo. Dengan harga dimulai dari Rp 5.6 juta, turis dapat menjelajahi beberapa lokasi selama lima hari, yaitu Istanbul, Ephesus, Kusadasi, Izmir, dan Bursa.

Sementara itu, yang paling dicari adalah paket tujuh hari yang mencakup beberapa tempat, di antaranya Istanbul, Cappadocia, dan Safranbolu.

Country Manager Europamundo Indonesia Diana Rain menjelaskan bahwa program tersebut banyak diminati mulai dari pelancong muda hingga berusia 50 tahun ke atas, terutama yang ingin bertualang sekaligus “hidup” seperti warga lokal atau ia sebut sebagai the next generation travelers.

Diana menambahkan, sistem program wisata itu seperti open trip di mana peserta tergabung di satu tur dengan jadwal fleksibel.

“Tiket pesawat masing-masing karena pesertanya dari berbagai negara,” kata Diana kepada Kompas.com hari Kamis. Setibanya di bandara, peserta bisa memilih dijemput ke hotel untuk ikut jadwal tur yang biasanya tidak terlalu ketat, sehingga mereka punya waktu untuk mengeksplor lokasi lain secara mandiri.

Setelah sarapan, misalnya, mereka bisa ikut tur, lalu makan siang masing-masing di area yang sudah direkomendasikan, jadi tidak harus selalu bersama tour leader atau peserta lain.

Terkait persiapan sebelum terbang ke Turki, Kedutaan Besar Turki di Jakarta mengumumkan bahwa wisatawan mancanegara yang ingin berwisata ke Turki wajib menyertakan hasil tes negatif Covid-19 PCR. Mengutip kompas.tv, tes tersebut harus dilakukan dalam 72 jam sebelum menaikki pesawat.

Peserta disarankan untuk mengontak travel agent mereka masing-masing apakah paket tur atau tiket pesawat mereka sudah mencakup tes Covid-19 PCR. Atau apakah travel agent mereka menyediakan fasilitas tes tersebut.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/16/200000927/biasa-dibanderol-rp-9-juta-harga-paket-wisata-turki-kini-mulai-rp-5-juta

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.