Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agar Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Traveling, Perhatikan 6 Hal Ini

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang harus meninggalkan rumahnya, seperti mudik lebaran, travelling, bahkan evakuasi saat terjadi bencana.

Apa pun alasannya, keamanan rumah tetap harus terjaga dengan baik. Cobalah untuk ikuti tips-tips berikut ini agar Anda selalu meninggalkan rumah dengan keadaan aman dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

1. Kunci semua pintu dan jendela

Sebelum Anda bepergian keluar rumah, pastikan seluruh pintu dan jendela sudah terkunci rapat. Bila perlu, ganti gembok yang biasa Anda gunakan dengan gembok lain dari baja.

Anda juga harus memastikan seluruh sela-sela pintu dan jendela telah terkunci rapat untuk menghindari masuknya hewan ke dalam rumah.

2. Cabut gas dan peralatan listrik

Untuk menghindari kebakaran, usahakan selalu mencabut gas dan peralatan listrik saat hendak bepergian. Cabutlah gas dan jauhkan dari tempat panas.

Jika Anda berencana pergi untuk waktu yang lama, usahakan mengosongkan lemari es terlebih dahulu dan cabut listriknya, begitu Pula dengan peralatan elektronik lain.

3. Beri tahu pihak berwenang

Jika Anda ingin meninggalkan rumah untuk waktu lama, jangan lupa untuk memberi kabar pihak berwenang setempat, seperti ketua RT atau satpam. Laporkan berapa lama Anda akan meninggalkan rumah dan kapan Anda akan kembali.

Jangan lupa memberikan nomor telepon darurat jikalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bila perlu, berikan kunci duplikat rumah Anda agar bisa digunakan di saat-saat darurat.

4. Amankan barang-barang berharga

Sebelum meninggalkan rumah jangan lupa untuk amankan barang berharga milik Anda di tempat yang aman. Ada baiknya jika Anda memiliki brankas untuk menyimpan barang-barang tersebut.

Anda juga bisa menggunakan jasa safe deposit box di Bank jika kepergian Anda sudah direncanakan dari jauh-jauh hari. Hal ini juga berlaku untuk kendaraan bermotor. Jangan ragu menitipkan kendaraan tersebut ke orang yang Anda percaya.

5. Pasang CCTV

Cobalah memasang CCTV untuk meningkatkan keamanan rumah Anda. Dengan sistem pengawasan dari CCTV, Anda bisa memantau dan mengontrol keamanan rumah dari mana saja dan kapan saja.

Selain itu, penggunaan CCTV juga merupakan investasi jangka panjang untuk tempat tinggal Anda.

6. Beri Tanda Seolah Ada Orang Dirumah

Jika Anda berencana pergi dengan jangka waktu yang tidak begitu lama, cobalah untuk meletakan sepatu di depan pintu seolah-olah ada orang di dalam rumah.

Hal ini dimaksudkan agar rumah Anda tidak dijadikan incaran pencuri. Salah satu cara lainnya bisa juga dengan cara memasang lampu otomatis yang akan menyala ketika malam hari.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/18/164256427/agar-rumah-tetap-aman-saat-ditinggal-traveling-perhatikan-6-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke