Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips agar Tidak Bosan Saat Karantina Mandiri di Hotel

KOMPAS.com - Beberapa negara, salah satunya Indonesia, masih menerapkan karantina mandiri di hotel bagi warganya yang baru kembali dari luar negeri. 

Sebagian negara juga masih mewajibkan wisatawan internasional yang berkunjung untuk karantina mandiri selama 14-21 hari di hotel. 

Akan tetapi, menghabiskan waktu di satu ruangan seharian penuh dalam jangka waktu tertentu tentu bisa melelahkan dan membosankan. 

Berikut empat hal yang dapat dilakukan agar masa karantina mandiri di hotel terasa nyaman dan menyenangkan:

1. Lakukan Kegiatan yang Berarti

Menonton drama secara maraton di malam hari, lalu beristirahat di siang hari menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk melewati hari. Namun, kegiatan tersebut dapat memengaruhi suasana hati.

Mengutip CNN, Profesor Ian Hickie dari Brain and Mind Centre dari Universitas Sydney, Australia menyarankan untuk melakukan kegiatan yang berarti untuk menstimulasi pikiran sepenuhnya. 

"Otak Anda adalah organ berkekuatan intensif yang tidak terlalu banyak digunakan jika menatap layar," kata Ian.

Ia melanjutkan, aktivitas kompleks seperti yang berhubungan dengan pekerjaan akan membuat seseorang merasa telah mencapai sesuatu.

2. Manfaatkan Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan salah satu elemen penting dalam menjaga kesehatan di tengah pandemi, di antaranya adalah untuk menjaga mood dan jadwal istirahat. 

"Sinar tersebut amat diperlukan untuk meningkatkan suasana hati dan mengatur siklus 24 jam Anda sehubungan dengan fungsi otak dan emosi dengan cara tertentu," kata Ian. 

Oleh karena itu, pastikan kamar tempat karantina mandiri Anda memiliki balkon dan menghadap ke arah matahari.

3. Rancang Rutinitas

Jika si kecil ikut menjalani karantina mandiri, buatlah sebuah rutinitas tertulis yang dapat mereka lihat.

Mengutip cathaypacific.com, Anda dapat mengubah ritme kegiatan mereka tiap Sabtu dan Minggu hingga terasa seperti akhir pekan meski berada di lokasi yang sama dan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah menonton film. 

Meski dalam masa karantina mandiri, tetaplah menerapkan peraturan yang sama, misalnya yang berhubungan dengan screen time atau jam tidur.

4. Tetap Kreatif dengan Bermain

Menyiapkan banyak kegiatan akan membuat masa karantina mandiri terasa lebih menyenangkan.

Biarkan si kecil menyalurkan kreativitas mereka dengan terlibat dalam berbagai jenis kegiatan kerajinan, seperti dengan mewarnai atau bermain Lego. Anda juga bisa ikut bermain bersama anak untuk membangkitkan kegembiraan.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/19/210100527/4-tips-agar-tidak-bosan-saat-karantina-mandiri-di-hotel-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke