Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah Diharap Bantu Kembangkan Air Terjun Tri Sakti Rejang Lebong

KOMPAS.com – Objek wisata Air Terjun Tri Sakti di Desa Belitar Seberang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu akan semakin dikembangkan. 

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Belirang Soleh SP. 

Mengutip Antara, Selasa (27/4/2021), tempat wisata Air Terjun Tri Sakti sudah ada sejak 2012 dan dulunya berada di bawah kelolaan pribadi karena lahannya milik warga.

Kendati demikian, Kepala Desa Belitar Seberang bernama Kasiyadi mengatakan, di tahun 2021 Air Terjun Tri Sakti secara resmi sudah dikelola oleh Desa Belitar Seberang.

“Pada 2020, lahannya dihibahkan ke desa untuk dikelola menjadi objek wisata. Lahan yang dihibahkan warga ini seluas 1,5 hektare,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Kasiyadi menceritakan bahwa lahan seluas 1,5 hektare tersebut mencakup tiga air terjun yang mana aliran airnya mencakup air dingin dan air panas. Ada pula kolam air panas untuk berendam.

Pengembangan lebih lanjut

Sejak dikelola oleh pihak desa, Soleh menerangkan bahwa tempat wisata tersebut akan dikembangkan lebih lanjut.

Saat ini, Air Terjun Tri Sakti mulai berbenah menggunakan bantuan penyertaan modal dari dana desa 2021.

Adapun, dana desa disalurkan lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Belirang Desa Belitar Seberang sebesar Rp 25 juta.

Melalui dana tersebut, pembangunan sarana pendukung seperti gazebo, WC, anak tangga menuju lokasi air terjun, dan sebagainya mulai dilakukan.

Tidak hanya itu, BUMDes Belirang juga telah menyiapkan paket wisata seharga Rp 150.000 usai mengikuti pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) desa wisata oleh Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) pada akhir 2020.

“Kita juga masih mencoba mengajukan bantuan untuk pengembangan objek wisata Air Terjun Tri Sakti ke pemerintah pusat dan pemerintah daerah agar dilakukan pengembangan,” ujar Soleh.

Pemerintah turut andil dalam pengembangan tempat wisata

Soleh menjelaskan, Desa Belitar Seberang sudah ditetapkan menjadi salah satu desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong pada awal 2017.

Mulai saat ini, desa tersebut telah mendapatkan penyertaan modal melalui BUMDes Belirang sebesar Rp 25 juta. Kendati demikian, menurutnya, perhatian dari pemerintah sangat penting.

Jika hanya mengandalkan dana desa, pengembangan Air Terjun Tri Sakti sulit dilakukan karena anggarannya terbatas.

Sementara itu, anggaran yang dibutuhkan cukup besar. Terutama untuk pembangunan jalan menuju lokasi dari desa mereka yakni sekitar 2 kilometer.

Saat ini, jalan menuju lokasi tempat wisata masih berbentuk jalanan tanah dan bebatuan menyusuri tebing. Jika dilalui saat hujan turun, hal tersebut dirasa sulit untuk dilakukan.

Orang-orang yang hendak berkunjung ke sana dapat menempuh perjalanan dengan sepeda motor yang telah dimodifikasi. Waktu tempuhnya adalah sekitar 30 menit. Sementara untuk jalan kaki dari desa, waktu tempuhnya adalah satu jam.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/29/213300827/pemerintah-diharap-bantu-kembangkan-air-terjun-tri-sakti-rejang-lebong

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke