Salin Artikel

Rute Menuju Wisata Bendungan Kendalsari di Kemalang, Klaten

KOMPAS.com – Kabupaten Klaten sisi utara yang ada di lereng Gunung Merapi memang menyimpan banyak keindahan yang belum terlalu banyak terekspos.

Salah satu keindahan yang tersaji dapat dinikmati dari salah satu tempat wisatanya, yakni Bendungan Kendalsari atau Karangkendal.

Tempat wisata ini merupakan sebuah kolam atau telaga yang cukup besar yang berjarak sekitar 10 kilometer (km) dari puncak Gunung Merapi.

Selain dapat menikmati keindahan dan keasrian telaga, pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi dengan rekahan kawahnya yang terlihat jelas saat cuaca cerah.

Rute menuju Bendungan Kendalsari

Bendungan Kendalsari atau Karangkendal berada di Desa Kendalsari, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Jarak tempuh Bendungan Kendalsari dari pusak Kabupaten Klaten adalah sekitar 19 km dengan waktu tempuh kurang-lebih 40 menit.

Jika dari Kota Klaten, rute termudah menuju Bendungan Kendalsari bisa dimulai dari Pabrik Gula Gondang Winangun. Oleh karena itu, dari Kota Klaten perjalanan dimulai dengan melaju ke arah Yogyakarta sampai pabrik gula itu.

Nantinya, ada pertigaan lampu merah di Pabrik Gula Gondang Winangun. Di pertigaan itu, belok kanan masuk jalan Kebonarum-Jogonalan. Ikuti saja jalan itu sejauh sekitar dua km sampai mentok di sebuah pertigaan.

Belok kiri di pertigaan itu. Ikuti jalan utama. Nantinya akan ada gapura bertuliskan “Selamat Datang Kawasan G. Merapi” setelah berkendara sekitar 5 km. Lurus ikuti jalan utama, masuk ke gapura itu.

Selanjutnya, cukup ikuti jalan utama yang sudah dicor itu, yakni Jalan Deles Indah. Perlu diketahui bahwa banyak truk pengangkut pasir Merapi yang berlalu-lalang di jalan itu.

Terus melaju sekitar tujuh km, perjalanan akan meninggalkan jalan utama dan berbelok kiri di sebuah gang yang tidak terlalu besar. Jika menggunakan Google Maps, belokan ini berada di sebelah selatan Masjid Kalimosodo.

Selanjutnya setelah berbelok kiri masuk ke gang, cukup ikuti jalan saja itu dan perjalanan akan sampai di Bendungan Kendalsari.

Berbagai kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga mobil bisa mencapai Bendungan Kendalsari.

Saat Kompas.com berkunjung, Rabu (14/4/2021), pengunjung hanya perlu membayar seikhlasnya di sebuah kotak. Fasilitas di sana adalah toilet dan warung makan.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/01/090900727/rute-menuju-wisata-bendungan-kendalsari-di-kemalang-klaten

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.