Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pulau Kalong di Labuan Bajo, Sajikan Keindahan Senja yang Menawan

KOMPAS.com - Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memang terkenal memiliki keindahan alam, mulai dari laut, hamparan pasir pantai, hingga berbagai macam hewan.

Jika berlibur ke sana, kamu seolah butuh waktu lama karena NTT memang menyimpan surga dunia yang tidak ada habisnya.

Tidak heran, banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri yang terpikat dengan pesona alam NTT yang begitu indah. Salah satu destinasi wisata andalannya adalah Labuan Bajo. 

Jika kamu pergi liburan ke Labuan Bajo, jangan hanya mengunjungi destinasi mainstream, seperti Pulau Komodo atau Pulau Padar saja. Kamu juga bisa mengunjungi tempat lainnya seperti, Pulau Kalong.

Pulau Kalong Labuan Bajo

Mengutip dari Labuanbajoflores.id, Pulau Kalong berada tidak jauh dari Taman Nasional Komodo. Keberadaanya dianggap sebagai salah satu destinasi wisata dengan kekayaan alam terbaik di Labuan Bajo.

Saat berkunjung kesana, kamu akan melihat banyak pohon eksotis yang menjadi habitat besar jutaan kelelawar raksasa atau kalong. Itu sebabnya, pulau ini diberi nama Pulau Kalong.

Pulau tak berpenghuni ini menjadi salah satu atraksi yang mulai mencuri perhatian wisatawan lantaran memiliki pemandangan matahari terbenam salah satu yang paling indah di Taman Nasional Komodo.

Menariknya, kamu bisa menyaksikan ribuan kawanan kalong yang akan beterbangan menyambut langit senja. 

Ketika waktu menunjukkan pukul 18.00 WITA dan senja mulai menampilkan warna jingganya yang sedikit memudar, tiba saatnya kawanan kalong atau kelelawar itu keluar dari sarangnya.

Mereka akan terbang dalam jumlah yang sangat banyak hingga memukau para wisatawan. Awalnya hanya puluhan, tapi kemudian berubah menjadi ribuan kawanan kalong.

Di saat-saat tersebut, para pengunjung bisa mengabadikan momen indah dengan merekam atau mengambil foto pemandangan senja itu menggunakan kamera.

Bahkan hingga pukul 19.00 WITA, masih banyak kalong yang baru keluar untuk mencari makan. Kalong dengan berbagai ukuran terbang mencari makan berupa buah-buahan hingga sari bunga.

Selain menyaksikan ribuan kelelawar, pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan hamparan laut Flores yang luas dengan bukit-bukit sabana sepanjang perjalanan.

Cara mengunjungi Pulau Kalong

Untuk menyambangi Pulau Kalong, wisatawan bisa menyewa speedboat dari dermaga Labuan Bajo. Kemudian, dibutuhkan waktu sekitar 30-50 menit untuk sampai sana.

Karena pulau ini tidak berpenghuni, pengunjung hanya bisa menikmati senja dan menyaksikan kelelawar atau kalong dari atas kapal saja.

Namun jika para pengunjung ingin menyaksikan dari daratan pulau, diimbau untuk hati-hati karena lokasinya yang penuhpohon dan semak ilalang.

Para wisatawan juga harus menghubungi pihak pengelola wisata setempat supaya mendapatkan pengawasan dan pengamanan.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/01/131912227/pulau-kalong-di-labuan-bajo-sajikan-keindahan-senja-yang-menawan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke