Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Gunung Dekat Jakarta, Cocok untuk Para Pencinta Kesegaran

KOMPAS.com – Ada beberapa gunung dekat Jakarta yang bisa menjadi alternatif destinasi, termasuk bagi kamu yang ingin mencari hawa sejuk dan hendak beristirahat sejenak dari rutinitas harian.

Selain membuat fisik tidak cepat lelah saat berwisata, hawa sejuk juga dapat membuat seseorang lebih santai dan tenang.

Jika berdomisili di Jakarta, kamu bisa manfaatkan waktu luang untuk melakukan wisata lokal dengan mengunjungi gunung-gunung sekitar Ibu Kota untuk menikmati udara segar.

Gunung dekat Jakarta untuk liburan

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum enam gunung dekat Jakarta yang masih ada di kawasan Jabodetabek, Minggu (02/05/2021).

Ingat, sebelum pergi, cek kembali informasi tentang destinasi yang akan kamu kunjungi, seperti jam buka dan harga tiket terbaru, serta perjalanan menuju ke sana. Sebab, semuanya akan memengaruhi persiapanmu.

Gunung Pangrango merupakan salah satu dari dua gunung yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) bersama Gunung Gede.

Gunung ini bisa menjadi pilihan jika kamu mencari gunung dekat Jakarta.

Meski begitu, Gunung Gede tidak masuk dalam wilayah Jabodetabek lantaran lokasinya berada di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. Sementara itu, Gunung Pangrango juga terletak di Kabupaten Bogor.

Jika tidak ingin mendaki, kamu bisa berkunjung ke Curug Cikaracak di kaki gunung tersebut yang lokasinya berada di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin.

Curug ini diapit oleh dua tebing yang memukai. Selain megahnya air terjun, pemandangan lain yang akan menyambutmu adalah sawah, sungai, dan kebun. Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng via tol Jagorawi adalah sekitar 76,1 kilometer (km) atau 1 jam 25 menit.

Tempat wisata tersebut buka setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 untuk parkir motor dan Rp 20.000 untuk parkir mobil.

Apabila ingin mendaki, kamu bisa lewat jalur pendakian via Gunung Putri jika ingin menikmati indahnya Alun-alun Surya Kencana dan berfoto dengan bungan edelweiss.

Tarif mendaki Gunung Pangrango adalah Rp 29.000 per orang pada hari kerja, Rp 34.000 pada hari libur, Rp 17.500 untuk pelajar pada hari kerja, dan Rp 20.500 untuk pelajar pada hari libur.

Bagi pelajar yang hendak mendaki, dalam satu grup harus terdiri dari sepuluh orang yang memegang kartu identitas pelajar atau mahasiswa.

Gunung Batu terletak di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur. Jika ingin lebih familiar, kamu bisa bertanya kepada warga setempat tentang “Gunung Batu Jonggol” karena lokasinya dekat dengan kecamatan tersebut.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 875 meter dari permukaan laut (mdpl). Meski disebut sebagai Gunung Batu, sebagian orang mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan Bukit Batu.

Tempat wisata ini dapat didaki dengan mudah oleh wisatawan karena tidak terlalu tinggi. Namun, jalurnya cukup menantang, sehingga lebih disarankan hanya orang-orang yang terbiasa mendaki yang berkunjung ke gunung ini.

Sepanjang pendakian selama sekitar 90 menit, kamu akan disuguhi pemandangan hamparan pepohonan hijau saat melintasi jalur yang selebar sekitar dua meter.

Saat menemui area datar, ada baiknya kamu istirahat sejenak karena tanjakan setelahnya akan menguras energi.

Apabila tidak biasa mendaki, tetapi tetap ingin ke Gunung Batu, kamu bisa piknik di kaki gunung sambil menikmati pemandangannya dan berswafoto ria. Harga tiket masuk Gunung Batu Jonggol adalah Rp 15.000 per orang.

Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng menuju Gunung Batu Jonggol adalah sekitar 67,8 km atau sekitar 2 jam 2 menit via tol Jagorawi melewati Taman Mini Indonesia Indah.


3. Gunung Munara, Kabupaten Bogor

Gunung Munara terletak di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin. Si “mungil” ini hanya memiliki ketinggian sekitar 360 mdpl. Meski tingginya tidak seberapa, orang-orang menyebutnya sebagai “kecil-kecil cabe rawit” karena medan yang cukup menantang.

Jika kamu gemar mendaki, destinasi ini bisa jadi pilihan wisata gunung dekat Jakarta yang masuk bucket list kamu.

Dengan durasi mendaki sekitar 1,5 jam, kamu akan melintasi medan yang berbatu dengan pemandangan sungai dan perkebunan warga.

Saat memulai perjalanan, medan terbilang cukup landai. Namun setelah beberapa waktu mendaki, medan akan semakin terjal. Kamu tidak perlu khawatir karena di sana sudah tersedia tali tambang untuk digunakan.

Setibanya di puncak gunung, kamu akan disuguhi pemandangan pemukikan warga, deretan tebing di sekitarnya, serta hamparan sawah.

Harga tiket masuk Gunung Munara adalah Rp 10.000 per orang dengan tarif parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000. Jarak dari Jakarta area Menteng adalah sekitar 63 km atau sekitar 1 jam 33 menit via tol Jakarta-Serpong melewati kawasan BSD Tangerang.

4. Gunung Pancar, Kabupaten Bogor

Gunung Pancar juga bisa menjadi alternatif wisata gunung dekat Jakarta. Lokasinya terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang atau yang lebih dikenal sebagai kawasan Sentul.

Taman Wisata Alam ini menawarkan beragam aktivitas menarik. Salah satunya adalah kegiatan selfie di sejumlah spot yang ada seperti hammock warna-warni dan rumah pohon.


Jika ingin santai menikmati segarnya udara pada ketinggian 300-800 mdpl, di sana terdapat area duduk yang bisa dimanfaatkan. Pihak pengelola juga menyediakan area kemah, serta paket outbound yang dapat dimanfaatkan.

Harga tiket masuk Gunung Pancar adalah Rp 5.000 per orang dengan tarif parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000 pada hari biasa. Pada hari libur, harga tiketnya adalah Rp 7.500 per orang dengan tarif parkir motor Rp 7.500 dan mobil Rp 15.000.

Tarif berkemah adalah Rp 200.000 per orang untuk minimal tiga orang. Harga sudah termasuk tenda, listrik di dalam tenda, lampu tembak luar ruangan, tiket masuk orang, dan kemah.

Untuk yang membawa tenda sendiri, tiket masuk orang dan izin lokasi kemah dipaketkan menjadi Rp 100.000 per orang.

Ingin trekking di tengah hutan pinus yang asri? Kamu juga bisa melakukannya dengan membayar biaya Rp 150.000 per orang untuk minimal empat orang.

Nominal tersebut sudah mencakup pemandu, air mineral, dan tiket masuk. Kamu juga bisa memilih durasi trekking antara 30 menit, 60 menit, atau 90 menit. Jarak dari Jakarta area Menteng via tol Jagorawi adalah sekitar 57,9 kilometer atau 1 jam 2 menit.


5. Gunung Halimun dan Gunung Salak, Kabupaten Bogor

Gunung Halimun merupakan salah satu dari dua gunung yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) bersama Gunung Salak.

Gunung Halimun berlokasi di Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Lebak. Sementara Gunung Salak terletak di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi.

Keduanya sangat cocok menjadi alternatif pilihan wisata gunung dekat Jakarta yang dapat dikunjungi di akhir pekan.

Kawasan TNGHS memiliki beragam pilihan wisata non-pendakian. Salah satunya adalah kawasan Cikaniki di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Jalan Cikaniki, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung.

Di kawasan tersebut, kamu bisa coba trekking menyusuri kawasan hutan tropis lewat Cikaniki Loop Trail sepanjang dua km.

Jika beruntung, kamu dapat melihat beberapa satwa unik saat trekking di jalur tersebut seperti owa jawa, lutung, dan elang Jawa.

Di sana juga terdapat jembatan pohon sepanjang 60 meter yang bisa kamu manfaatkan untuk mengamati kehidupan liar atau berswafoto. Apabila ingin bermain air, kamu bisa berkunjung ke Curug Cimacan dan Sungai Cikaniki.

Untuk informasi lain terkait harga tiket dan kegiatan yang hendak dilakukan, kamu bisa mengakses laman http://etiketing.btnghs.menlhk.go.id/.

Jarak dari Jakarta area Menteng menuju kawasan Cikaniki adalah sekitar 118 kilometer atau 4 jam 11 menit via tol Jagorawi.

Jika belum terbiasa berkendara dengan jarak yang cukup jauh, kamu bisa berkunjung ke Curug Nangka, Curug Kaung, dan Curug Daun yang masih berada dalam satu kawasan di Desa Sukajadi, Kecamatan Ciapus.

Ada juga kawasan Sukamantri di Desa Sukamantri, Kecamatan Taman Sari yang menyediakan kegiatan jelajah hutan, serta tempat wisata Air Terjun Suryakencana.

Jarak menuju kawasan Curug Nangka adalah sekitar 69,2 km atau 1 jam 40 menit. Sementara jarak menuju Sukamantri adalah sekitar 63 km atau 1 jam 18 menit via tol Jagorawi.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/03/060801727/6-gunung-dekat-jakarta-cocok-untuk-para-pencinta-kesegaran

Terkini Lainnya

Bali Jadi Tuan Rumah Acara UN Tourism tentang Pemberdayaan Perempuan

Bali Jadi Tuan Rumah Acara UN Tourism tentang Pemberdayaan Perempuan

Travel Update
Hari Kartini, Pelita Air Luncurkan Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin Perempuan

Hari Kartini, Pelita Air Luncurkan Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin Perempuan

Travel Update
Usung Konsep Eco Friendly, Hotel Qubika Bakal Beroperasi Jelang HUT Kemerdekaan RI di IKN

Usung Konsep Eco Friendly, Hotel Qubika Bakal Beroperasi Jelang HUT Kemerdekaan RI di IKN

Hotel Story
Ada Women Half Marathon 2024 di TMII Pekan Ini, Pesertanya dari 14 Negara

Ada Women Half Marathon 2024 di TMII Pekan Ini, Pesertanya dari 14 Negara

Travel Update
5 Tempat Wisata di Tangerang yang Bersejarah, Ada Pintu Air dan Makam

5 Tempat Wisata di Tangerang yang Bersejarah, Ada Pintu Air dan Makam

Jalan Jalan
Dampak Rupiah Melemah pada Pariwisata Indonesia, Tiket Pesawat Mahal

Dampak Rupiah Melemah pada Pariwisata Indonesia, Tiket Pesawat Mahal

Travel Update
4 Tempat Wisata di Rumpin Bogor Jawa Barat, Ada Curug dan Taman

4 Tempat Wisata di Rumpin Bogor Jawa Barat, Ada Curug dan Taman

Jalan Jalan
Rusa Jadi Ancaman di Beberapa Negara Bagian AS, Tewaskan Ratusan Orang

Rusa Jadi Ancaman di Beberapa Negara Bagian AS, Tewaskan Ratusan Orang

Travel Update
5 Rekomendasi Playground Indoor di Surabaya untuk Isi Liburan Anak

5 Rekomendasi Playground Indoor di Surabaya untuk Isi Liburan Anak

Jalan Jalan
Pilot dan Pramugari Ternyata Tidur pada Penerbangan Jarak Jauh

Pilot dan Pramugari Ternyata Tidur pada Penerbangan Jarak Jauh

Travel Update
Desa Wisata Tabek Patah: Sejarah dan Daya Tarik

Desa Wisata Tabek Patah: Sejarah dan Daya Tarik

Jalan Jalan
Komodo Travel Mart Digelar Juni 2024, Ajang Promosi NTT ke Kancah Dunia

Komodo Travel Mart Digelar Juni 2024, Ajang Promosi NTT ke Kancah Dunia

Travel Update
Tips Pilih Makanan yang Cocok untuk Penerbangan Panjang

Tips Pilih Makanan yang Cocok untuk Penerbangan Panjang

Travel Tips
Harapan Pariwisata Hijau Indonesia pada Hari Bumi 2024 dan Realisasinya

Harapan Pariwisata Hijau Indonesia pada Hari Bumi 2024 dan Realisasinya

Travel Update
5 Tips Menulis Tanda Pengenal Koper yang Aman dan Tepat

5 Tips Menulis Tanda Pengenal Koper yang Aman dan Tepat

Travel Tips
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke