Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Fakta Menarik Disneyland California yang Buka Lagi

KOMPAS.com – Disneyland California atau Disneyland Resort akhirnya dibuka lagi untuk yang pertama kalinya pada Sabtu (1/5/2021) setelah ditutup selama satu tahun.

Mengutip Reuters, Sabtu, tempat wisata itu saat ini hanya dibuka khusus untuk warga California dengan kapasitas maksimal 25 persen.

Disneyland California merupakan salah satu tempat wisata ikonik di Amerika Serikat (AS). Selain terkenal akan beragam wahananya, ada pula karakter-karakter yang kerap menghibur wisatawan.

Kendati demikian, ternyata Disneyland Resort bukanlah sekadar tempat wisata. Berikut 11 fakta menarik Disneyland California yang Kompas.com rangkum mengutip Insider, Jumat (30/4/2021):

1. Sudah buka sejak lebih dari 50 tahun yang lalu

Tempat wisata ciptaan Walt Disney ternyata sudah ada sejak lebih dari 50 tahun yang lalu. Sebab, melansir Insider, Sabtu (13/5/2017), Disneyland California resmi membuka pintunya untuk wisatawan pada 1955.

2. Punya wahana terpanjang di tempat wisata

Salah satu wahana bernama It’s a Small World merupakan wahana terpanjang di tempat wisata tersebut.

Selama sekitar 15 menit, wisatawan akan diajak bersenang-senang dalam wahana wisata dalam ruangan tersebut.

3. Ada wahana yang terinspirasi dari taman nasional

Big Thunder Mountain Railroad merupakan wahana wisata yang terinspirasi dari sebuah taman nasional di AS yakni Bryce Canyon National Park di Utah.

4. Hanya punya satu wahana yang pakai tenaga manusia

Sebagian besar wahana di Disneyland Resort dioperasikan menggunakan mesin dengan sedikit bantuan manusia.

Kendati demikian, hal tersebut beda dengan Davy Crockett’s Explorer Canoes yang sepenuhnya menggunakan tenaga manusia.

Meski para staf tempat wisata dapat menavigasikan perahu, wisatawan juga dapat membantu mendayungnya sambil menyusuri Rivers of America.

5. Rumah bagi diorama Grand Canyon

Tempat wisata ini merupakan rumah bagi diorama Grand Canyon yang memiliki panjang lebih dari 300 kaki atau 91 meter, serta tinggi 34 kaki atau 10 meter.

Wisatawan yang sedang mengendarai Disneyland Railroad, tepatnya saat melintasi jalur dari Tomorrowland ke Main Street, pasti akan melewati diorama ini.

6. Punya animatronik paling canggih pada 1964

Sebuah animatronik bernama Great Moments with Mr. Lincoln awalnya didesain untuk dipamerkan di New York World’s Fair pada 1964.

Adapun, acara tersebut merupakan ajang saat negara-negara dari seluruh dunia dapat memamerkan pencapaian terbaru mereka dalam sejumlah segmen, termasuk sains, industri, dan budaya.

Audio-animatronik Abraham Lincoln merupakan salah satu hal yang paling maju yang pernah dibuat pada saat itu.

7. Salah satu kuda didedikasikan untuk Julie Andrews

King Arthur Carrousel merupakan komidi putar di Fantasyland yang terinspirasi dari komidi putar di Griffith Park, Los Angeles yang dahulu sering dikunjungi oleh anak-anak Walt Disney.

Komidi putar tersebut memiliki 68 kuda yang dapat dipilih. Pada ulang tahun ke-50 Disneyland, salah satu kuda bernama Jingles didedikasikan untuk aktris Julie Andrews.

8. Sempat ada rencana untuk hadirkan satwa asli

Awalnya, Walt Disney berencana untuk menghadirkan satwa asli di area Afrika dalam Jungle Cruise. Kendati demikian, tim riset dan pengembangan atau disebut dengan Imagineer mengatakan bahwa hal tersebut akan mudah diprediksi.

Alhasil, Disney pun menggantinya dengan satwa animatronik yang dapat dilihat wisatawan hingga kini.

Jungle Cruise merupakan wahana yang membawa wisatawan melalui sungai berliku untuk “berburu” satwa animatronik.

9. Replika Gunung Matterhorn jadi titik tertinggi di Disneyland

Sejak 1959, replika Gunung Matterhorn yang letak aslinya berada di Swiss menjadi titik tertinggi di Disneyland Resort pada ketinggian 147 kaki atau 44 meter.

10. Ada Millennium Falcon ukuran asli

Bagi pecinta Star Wars, nama Millennium Falcon mungkin sudah tidak asing lagi. Adapun, nama tersebut merupakan sebutan bagi kapal luar angkasa milik Han Solo (diperankan Harrison Ford).

Saat berkunjung ke wahana Millennium Falcon: Smugglers Run, wisatawan dapat melihat kapal tersebut dalam ukuran aslinya yang cukup besar.

11. Ada wahana terakhir yang diawasi langsung oleh Walt Disney

Pirates of the Caribbean merupakan wahana Disneyland terakhir yang disupervisi oleh Walt Disney secara pribadi sebelum dia meninggal pada 1966.

Awalnya, Disney membayangkan wahana tersebut sebagai sebuah museum lilin sebelum akhirnya menjadi sebuah wahana yang resmi dibuka pada 18 Maret 1967.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/03/070700227/11-fakta-menarik-disneyland-california-yang-buka-lagi

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+