Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rencana Kudus Tutup Tempat Wisata Saat Lebaran

KOMPAS.com – Bupati Kabupaten Kudus HM Hartopo mengatakan bahwa dia berencana untuk menutup tempat wisata guna mencegah kerumunan dan penularan Covid-19.

“Tempat wisata akan saya tutup. Mulai menjelang lebaran dan setelah lebaran,” kata dia, mengutip Tribun Jateng, Rabu (5/5/2021).

Hartopo menuturkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata terkait rencana penutupan tempat wisata di sana.

Lebih lanjut, dia juga akan berkoordinasi dengan pihak pengelola tempat wisata. Baik itu yang dikelola pemerintah daerah maupun swasta.

Hartopo menjelaskan bahwa dia tidak ingin Kabupaten Kudus kebobolan. Jika menilik pada Lebaran 2020, Kudus mengalami lonjakan Covid-19 sebanyak 150 persen.

Alhasil, pihaknya mengambil langkah antisipasi untuk mencegah tempat-tempat yang rentan terjadi kerumunan.

Tempat wisata di Kudus

Kabupaten Kudus di Jawa Tengah terkenal sebagai destinasi wisata religi dan sejarah lantaran memiliki Masjid Menara Kudus.

Melansir Kompas.com, Kamis (25/2/2021), masjid ini merupakan bentuk akulturasi budaya yang terlihat dari menara yang tersusun dari batu bata berwarna merah.

Adapun, menara tersebut dikatakan menyerupai Nale Kulkul atau bangunan penyimpan kentongan di Bali. Hal ini menunjukkan, masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus sudah mencerminkan sikap toleransi sejak dulu.

Tempat wisata lain yang tidak kalah menarik adalah Museum Kretek yang menyimpan banyak sejarah tentang terciptanya rokok kretek, serta Museum Jenang Kudus.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/05/151700327/rencana-kudus-tutup-tempat-wisata-saat-lebaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke