Salin Artikel

Rencana Kudus Tutup Tempat Wisata Saat Lebaran

KOMPAS.com – Bupati Kabupaten Kudus HM Hartopo mengatakan bahwa dia berencana untuk menutup tempat wisata guna mencegah kerumunan dan penularan Covid-19.

“Tempat wisata akan saya tutup. Mulai menjelang lebaran dan setelah lebaran,” kata dia, mengutip Tribun Jateng, Rabu (5/5/2021).

Hartopo menuturkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata terkait rencana penutupan tempat wisata di sana.

Lebih lanjut, dia juga akan berkoordinasi dengan pihak pengelola tempat wisata. Baik itu yang dikelola pemerintah daerah maupun swasta.

Hartopo menjelaskan bahwa dia tidak ingin Kabupaten Kudus kebobolan. Jika menilik pada Lebaran 2020, Kudus mengalami lonjakan Covid-19 sebanyak 150 persen.

Alhasil, pihaknya mengambil langkah antisipasi untuk mencegah tempat-tempat yang rentan terjadi kerumunan.

Tempat wisata di Kudus

Kabupaten Kudus di Jawa Tengah terkenal sebagai destinasi wisata religi dan sejarah lantaran memiliki Masjid Menara Kudus.

Melansir Kompas.com, Kamis (25/2/2021), masjid ini merupakan bentuk akulturasi budaya yang terlihat dari menara yang tersusun dari batu bata berwarna merah.

Adapun, menara tersebut dikatakan menyerupai Nale Kulkul atau bangunan penyimpan kentongan di Bali. Hal ini menunjukkan, masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus sudah mencerminkan sikap toleransi sejak dulu.

Tempat wisata lain yang tidak kalah menarik adalah Museum Kretek yang menyimpan banyak sejarah tentang terciptanya rokok kretek, serta Museum Jenang Kudus.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/05/151700327/rencana-kudus-tutup-tempat-wisata-saat-lebaran

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.