Salin Artikel

10 Pantai Dekat Jakarta, Cocok untuk Para Pencinta Ketenangan

KOMPAS.com - Hiruk pikuk dan kemacetan Jakarta kadang tak bisa dihindari lagi, terutama bagi yang bekerja dan menetap di ibu kota Indonesia ini.

Kendati demikian, Jakarta memiliki sejumlah pantai dan pulau terdekat yang bisa kamu kunjungi guna mengisi waktu liburan dan melepas penat sejenak.

Menariknya, tempat-tempat tersebut bisa dicapai dalam waktu beberapa jam saja menggunakan kapal atau kendaraan pribadi.

Pastikan berkunjung dengan protokol kesehatan yang ketat. Cuci tangan dengan sabun dan gunakan masker. Hindari kerumunan dan lakukan vaksinasi segera.

Berikut Kompas.com rangkum 10 pantai di sekitar Jakarta yang bisa dijadikan alternatif tempat liburan atau menghabiskan akhir pekanmu, Rabu (5/5/2021):

Pantai Ancol berlokasi di Jalan Pasir Putih, Jakarta Utara, tepatnya satu kawasan dengan obyek wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Pantai ini kerap dikunjungi wisatawan domestik maupun asing lantaran berada di kawasan wisata yang lengkap.

Selain bersantai dan berfoto di pinggiran pantai, para pengunjung juga bisa bermain ke tempat wisata lainnya yang berada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, mulai dari Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, hingga Seaworld.

Tak hanya itu, fasilitas di pantai ini juga lengkap, di antaranya tempat makan, toilet, dan kamar mandi bagi pengunjung yang berenang di pantai.

Jika berkunjung ke Pantai Ancol, wisatawan perlu membayar tiket masuk seharga Rp 25.000 per orang dengan harga tiket masuk kendaraan mulai dari Rp 15.000 (motor) hingga Rp 25.000 (mobil).

Jarak tempuh dari Jakarta area Pasaraya Manggarai via Jakarta Inner Ring Road adalah sekitar 18 kilometer atau 29 menit.

Saat ini kawasan Pantai Ancol buka mulai dari pukul 06:00-21:00 WIB. Sementara batas waktu renang di pantai mulai pukul 06:00-17:00 WIB.

2. Pantai Florida

Berlokasi di Desa Ciparay, Anyer, Pantai Florida bisa dijadikan daerah tujuan wisata akhir pekan.

Pemandangan pantai ini sungguh eksotis dan tidak mengecewakan. Hamparan pasir putih yang bersih membuat pantai ini terlihat indah sekaligus menambah ketenangan suasana.

Tidak hanya bersantai di pinggiran pantai, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam. Uniknya, sunset di pantai ini berada tepat di tengah bukannya di sebelah kiri seperti di Pantai Anyer dan sekitarnya.

Apabila berkunjung ke tempat ini, kamu akan dikenai biaya sebesar Rp 15.000. Namun, biaya tersebut belum termasuk ongkos parkir kendaraan.

Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng, via Tol Merak-Jakarta atau Tol Tangerang-Merak adalah sekitar 133 km atau sekitar dua jam.

Pantai Carita juga menjadi pantai yang wajib dikunjungi kala berada di Jakarta. Pantai ini berada di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

Sesampainya di sana, kamu akan disambut oleh pasir putih kecokelatan yang lembut dan air laut yang memesona.

Kamu bisa menginap dan bersantai di pinggiran pantai. Pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga air, di antaranya snorkeling, banana boat, surfing, dan ber-jet ski.

Jika belum berani melakukan aktivitas olahraga air, kamu juga bisa berenang di tepi laut menggunakan ban yang disewakan oleh para pedagang setempat.

Adapun pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk masuk ke Pantai Carita. 

Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng, via Tol Merak-Jakarta atau Tol Tangerang-Merak adalah sekitar 157 km atau sekitar dua jam 58 menit.


4. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna terkenal karena masih alami. Di pantai cantik ini, kamu bisa menantang adrenalinmu dengan cave tubing. Sebab, di pantainya terdapat goa batu kapur yang bisa dijelajahi.

Kamu juga bisa surfing di pantai ini. Alat-alat surfing juga telah tersedia dan bisa disewa melalui pedagang setempat.

Belum puas seharian menjelajah goa dan berenang? Kamu bisa menginap di beragam homestay di dekat pantai. 

Jika berkunjung ke Pantai Sawarna, kamu cukup membayar Rp 5.000 untuk tiket masuknya.

Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng via Tol Jagorawi adalah sekitar 175 km atau kira-kira empat jam 27 menit.

Pantai Anyer adalah salah satu pantai ternama yang dekat dengan Jakarta, tepatnya di Provinsi Banten. 

Pemandangan di pantai ini bukan sekadar pasir dan air laut. Pengunjung bisa melihat panorama Gunung Rakata yang menjulang di balik laut dan juga mercusuar peninggalan Belanda.

Selain memiliki pemandangan yang indah, pantai ini juga memiliki fasilitas lengkap, seperti peralatan snorkeling, speedboat, hingga jetski.

Apabila berkunjung ke pantai yang satu ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 25.000 untuk membayar tiket masuk.

Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng via Tol Merak-Jakarta atau Tol Tangerang-Merak adalah sekitar 127 km atau sekitar dua jam 17 menit.

Pantai Sambolo berlokasi di Jalan Raya Karang Bolong km 132, Tambang Ayam, Anyer.

Pantai ini tak pernah sepi meskipun pada hari biasa lantaran keindahan panorama dan fasilitas untuk wisatawan yang cukup lengkap.

Kamu bisa bersantai menikmati semilir angin hingga mengikuti aneka olahraga air, antara lain jet ski, surfing, banana boat, dan parasailing.

Selain itu, pengunjung juga bisa juga menyewa ATV untuk dipakai berkeliling di pinggir pantai. Kemudian, pada sore hari mata para pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan matahari terbenam yang indah.

Jika ingin bermalam di pantai ini, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, terdapat banyak penginapan yang bisa langsung dipesan.

Adapun wisatawan hanya perlu membayar seharga Rp 5.000 untuk masuk ke kawasan Pantai Sambolo.

7. Pantai Pasir Perawan

Pulau-pulau di Kepulauan Seribu memiliki banyak pantai yang cantik. Salah satu yang bisa kamu jadikan destinasi liburan adalah Pantai Pasir Perawan.

Berada di Pulau Pari, pantai ini terkenal memiliki pasir yang begitu bersih dan lembut. Pantai dekat dari Jakarta ini memang tidak memiliki area yang besar, tetapi tetap menarik untuk dikunjungi.

Airnya yang jernih ditambah suasananya yang masih alami akan memudahkan kamu melakukan banyak kegiatan, yaitu mengintip keindahan bawah lautnya dengan snorkeling, mencoba banana boat, dan mengelilingi area pantai dengan sepeda. 

Kamu juga bisa berburu foto kekinian untuk memperbarui feed Instagram kamu.

Pulau Perak adalah pulau yang tidak berpenghuni sehingga suasananya masih asri dan alami.

Jika kamu ingin liburan ke pantai terdekat dari Jakarta selain Ancol, tempat ini dapat dijadikan pilihan.

Pasir putih dan air yang bening akan menyambutmu ketika menginjakkan kaki di tempat ini.

Jika berencana untuk bermalam di pantai ini, wisatawan bisa menyewa atau membawa tenda milik pribadi. Ketika malam tiba, kamu bisa menikmati api unggun sembari membakar ikan atau bercengkerama.

Perjalanan menuju Pulau Perak cukup mudah. Kamu dapat berangkat dari dermaga Muara Angke atau Kali Adem, Jakarta Utara, menuju Pulau Harapan dengan moda transportasi laut selama kurang lebih tiga jam.

Dari Pulau Harapan, barulah kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Perak dengan menyewa kapal kecil atau biasa disebut “ojek” perahu.

Tidak ada tarif resmi untuk moda transportasi ini sehingga pengunjung bisa mencoba menawar harga sewa perahu.

Banten yang lokasinya tak jauh dari Jakarta juga memiliki wisata bahari yang tak kalah menawan.

Selain Pantai Pulau Perak, Pantai Tanjung Lesung juga menjadi salah satu lokasi wisata alternatif untuk liburan selain Pantai Ancol.

Di tepi pantai, kamu bisa memandangi megahnya Gunung Krakatau. Belum lagi hamparan perairan Selat Sunda yang juga memanjakan mata.

Selain menyaksikan pemandangan alam yang indah, kamu juga bisa menjajal berbagai kegiatan yang menarik, seperti bersepeda mengelilingi pantai, bermain voli, berburu foto keren, dan snorkeling.

Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat pengunjung bisa bebas bermain air di pantai ini. Jangan lupa untuk berburu sunset dan juga sunrise di pantai ini.

Pulau Bidadari dikenal sebagai pulau privat yang letaknya cukup dekat dari Jakarta.

Jika ingin berkunjung ke pulau ini, wisatawan membutuhkan waktu berlayar sekitar 20-30 menit dari dermaga Marina Ancol. 

Pulau yang juga dinamai Pulau Bidadari Eco Resort menawarkan konsep resort bernuansa alami dan ramah lingkungan.

Menariknya, ketika berada di sini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru selain bersantai ria di pinggir pantai.  

Beberapa aktivitas di sini antara lain melihat sisa-sisa Benteng Martello peninggalan Belanda, mencoba naik banana boat, jet ski, menaiki kano, hingga berenang bersama lumba-lumba.

Jika sudah lelah dengan aktivitas olahraga air, kamu bisa menutup harimu dengan menyaksikan pemandangan indah senja serta matahari terbenam di tempat ini. 

https://travel.kompas.com/read/2021/05/05/162000327/10-pantai-dekat-jakarta-cocok-untuk-para-pencinta-ketenangan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Festival Kota Cerutu Jember, Momen Kenalkan Kekayaan Wisata

Festival Kota Cerutu Jember, Momen Kenalkan Kekayaan Wisata

Travel Promo
Wisata Puncak Kuik, Salah Satu Atap Ponorogo yang Memesona

Wisata Puncak Kuik, Salah Satu Atap Ponorogo yang Memesona

Jalan Jalan
Jangan Lakukan 3 Hal Ini di Polandia, Bisa Datangkan Nasib Buruk

Jangan Lakukan 3 Hal Ini di Polandia, Bisa Datangkan Nasib Buruk

Jalan Jalan
6 Fakta Menarik Polandia, Punya Kosakata yang Sama dengan Indonesia

6 Fakta Menarik Polandia, Punya Kosakata yang Sama dengan Indonesia

Jalan Jalan
Intip Mewahnya Vila Lokasi Syuting Film 'House of Gucci' di Italia

Intip Mewahnya Vila Lokasi Syuting Film "House of Gucci" di Italia

Jalan Jalan
Bandara Adisutjipto Yogyakarta Kembali Buka Rute Yogyakarta-Bali

Bandara Adisutjipto Yogyakarta Kembali Buka Rute Yogyakarta-Bali

Travel Update
Citilink Jadi Maskapai Pertama yang Terbang Komersial ke Bandara Ngloram Blora

Citilink Jadi Maskapai Pertama yang Terbang Komersial ke Bandara Ngloram Blora

Travel Update
Slowakia Lockdown karena Ada Lonjakan Kasus Covid-19

Slowakia Lockdown karena Ada Lonjakan Kasus Covid-19

Travel Update
Negara-negara di Eropa Lockdown Lagi, Penjualan Paket Wisata Tak Terpengaruh

Negara-negara di Eropa Lockdown Lagi, Penjualan Paket Wisata Tak Terpengaruh

Travel Update
Kapal Pesiar Masih Dilarang Berlayar ke Hawaii hingga 2022

Kapal Pesiar Masih Dilarang Berlayar ke Hawaii hingga 2022

Travel Update
Desa Ara di Bulukumba Sulsel Bakal Punya Wisata Kapal Phinisi

Desa Ara di Bulukumba Sulsel Bakal Punya Wisata Kapal Phinisi

Travel Update
Polres Semarang Bentuk Satgas Jalur Wisata Saat Nataru, Antisipasi Lonjakan Pengunjung

Polres Semarang Bentuk Satgas Jalur Wisata Saat Nataru, Antisipasi Lonjakan Pengunjung

Travel Update
Wow! Ubud Jadi Kota Ke-4 Terbaik Sedunia, Kalahkan Kyoto dan Tokyo

Wow! Ubud Jadi Kota Ke-4 Terbaik Sedunia, Kalahkan Kyoto dan Tokyo

BrandzView
Per 1 Desember 2021, WNI Bisa Terbang Langsung ke Arab Saudi Tanpa Karantina 14 Hari di Negara Ketiga

Per 1 Desember 2021, WNI Bisa Terbang Langsung ke Arab Saudi Tanpa Karantina 14 Hari di Negara Ketiga

Travel Update
PPKM Level 3 Serentak, Taman Rekreasi Diminta Serius Terapkan Protokol Kesehatan

PPKM Level 3 Serentak, Taman Rekreasi Diminta Serius Terapkan Protokol Kesehatan

Travel Update
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.