Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Pantai Dekat Jakarta, Cocok untuk Para Pencinta Ketenangan

KOMPAS.com - Hiruk pikuk dan kemacetan Jakarta kadang tak bisa dihindari lagi, terutama bagi yang bekerja dan menetap di ibu kota Indonesia ini.

Kendati demikian, kita bisa mengunjungi sejumlah pantai dekat Jakarta yang tak jauh dari pusat ibu kota untuk melepas penat.

Bersantai di pinggir pantai dan menjajal aktivitas di sana bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu akhir pekan.

Sejumlah pantai dekat Jakarta ini bisa dicapai dalam waktu beberapa jam saja menggunakan kapal atau kendaraan pribadi.

Pilihan wisata pantai dekat Jakarta

Berikut Kompas.com rangkum 10 pantai dekat Jakarta yang bisa dijadikan alternatif tempat liburan atau menghabiskan akhir pekanmu, Rabu (05/05/2021):

Pantai Ancol berlokasi di Jalan Pasir Putih, Jakarta Utara, tepatnya satu kawasan dengan obyek wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Jika mencari pilihan pantai yang lokasinya masih dekat dengan pusat kota, maka kamu bisa mampir ke kawasan Pantai Ancol.

Pantai ini kerap dikunjungi wisatawan domestik maupun asing lantaran berada di kawasan wisata yang terbilang lengkap.

Selain bersantai dan berfoto di pinggir pantai pengunjung juga bisa bermain ke tempat wisata lainnya yang ada d kawasan ini, seperti Taman Impian Jaya Ancol, mulai dari Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, dan Seaworld.

Tak hanya itu, fasilitas di pantai ini juga lengkap, di antaranya tempat makan, toilet, dan kamar mandi bagi pengunjung yang berenang di pantai.

Jika berkunjung ke Pantai Ancol, wisatawan perlu membayar tiket masuk seharga Rp 25.000 per orang dengan harga tiket masuk kendaraan mulai dari Rp 15.000 (motor) hingga Rp 25.000 (mobil).

2. Pantai Florida

Berlokasi di Desa Ciparay, Anyer, Pantai Florida juga bisa menjadi pilihan pantai dekat Jakarta untuk wisata akhir pekan.

Pemandangan pantai ini sungguh eksotis dan tak bakal mengecewakan. Hamparan pasir putih yang bersih membuat Pantai Florida terlihat indah sekaligus menyuguhkan suasana yang tenang.

  • 5 Vila Murah di Anyer Banten, Harga Mulai Rp 370.000
  • 4 Penginapan di Pantai Anyer, Mulai dari Rp 500.000

Tidak hanya bersantai di pinggiran pantai, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam. Uniknya, sunset di pantai ini berada tepat di tengah, bukan di sebelah kiri, seperti di Pantai Anyer dan sekitarnya.

Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng, via Tol Merak-Jakarta atau Tol Tangerang-Merak adalah sekitar 133 km atau sekitar dua jam.

Pantai Carita juga bisa dikunjungi jika mencari pantai dekat Jakarta. Pantai ini berada di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

Sesampainya di sana, kamu akan disambut oleh pasir putih kecokelatan yang lembut dan hamparan laut yang memesona.

Kamu bisa menginap dan bersantai di pinggiran pantai. Pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga air, di antaranya snorkeling, banana boat, surfing, dan ber-jet ski.

Jika belum berani melakukan aktivitas olahraga air, kamu juga bisa berenang di tepi laut menggunakan ban yang disewakan oleh para pedagang setempat.

Adapun pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk masuk ke Pantai Carita. 

Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng, via Tol Merak-Jakarta atau Tol Tangerang-Merak adalah sekitar 157 km atau sekitar dua jam 58 menit.

Pantai Sawarna terkenal karena masih alami. Di pantai cantik ini, kamu bisa menantang adrenalin dengan menjajal cave tubing. Sebab, di pantainya terdapat goa batu kapur yang bisa dijelajahi.

Kamu juga bisa surfing di pantai ini. Alat-alat surfing telah tersedia dan bisa disewa melalui pedagang setempat.

Belum puas seharian menjelajah goa dan berenang? Kamu bisa menginap di beragam homestay di dekat pantai. 

Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng via Tol Jagorawi adalah sekitar 175 km atau kira-kira empat jam 27 menit.

Pantai Anyer adalah salah satu pantai dekat Jakarta yang populer dan banyak dikunjungi. Lokasinya berada di Provinsi Banten.

Pemandangan di pantai ini bukan sekadar pasir dan air laut. Pengunjung bisa melihat panorama Gunung Rakata yang menjulang di balik laut dan mercusuar peninggalan Belanda.

Selain memiliki pemandangan yang indah, pantai ini juga memiliki fasilitas lengkap, seperti peralatan snorkeling, speedboat, hingga jetski.

  • Tips Memilih Ikan Segar untuk Dibakar di Pantai Anyer
  • Jalan-jalan ke Anyer dari Jakarta Naik Helikopter, Harga Spesial Rp 13 Juta

Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng via Tol Merak-Jakarta atau Tol Tangerang-Merak adalah sekitar 127 km atau sekitar dua jam 17 menit.

Pantai Sambolo berlokasi di Jalan Raya Karang Bolong km 132, Tambang Ayam, Anyer.

Pantai ini tak pernah sepi meskipun pada hari biasa lantaran keindahan panorama dan fasilitas untuk wisatawan yang cukup lengkap.

Kamu bisa bersantai menikmati semilir angin hingga mengikuti aneka olahraga air, antara lain jet ski, surfing, banana boat, dan parasailing.

  • 8 Mal di Jakarta dengan Area Outdoor Instagramable, Cocok buat Foto
  • 10 Tempat Wisata Jakarta yang Paling Banyak Dikunjungi versi PeduliLindungi

Selain itu, pengunjung juga bisa juga menyewa ATV untuk dipakai berkeliling di pinggir pantai. Kemudian, pada sore hari mata para pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan matahari terbenam yang indah.

Jika ingin bermalam di pantai ini, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, terdapat banyak penginapan yang bisa langsung dipesan.

Berada di Pulau Pari, pantai ini terkenal memiliki pasir yang begitu bersih dan lembut. Pantai dekat dari Jakarta ini memang tidak memiliki area yang besar, tetapi tetap menarik untuk dikunjungi.

  • 5 Kafe Ala Jepang di Jakarta, Banyak Spot Foto Instagramable
  • 6 Pantai di Tangerang yang Dekat Kota Tangerang dan Jakarta

Airnya yang jernih ditambah suasananya yang masih alami akan memudahkan kamu melakukan banyak kegiatan, seperti mengintip keindahan bawah laut sambil snorkeling, mencoba naik banana boat, dan mengelilingi area pantai dengan sepeda. 

Kamu juga bisa berburu foto kekinian untuk memperbarui feed Instagram.

Pulau Perak adalah pulau yang tidak berpenghuni sehingga suasananya masih asri dan alami.

Jika kamu ingin liburan ke pantai dekat Jakarta selain Ancol, tempat ini dapat dijadikan pilihan.

Pasir putih dan air yang bening akan menyambutmu ketika menginjakkan kaki di tempat ini.

Jika berencana untuk bermalam di pantai ini, wisatawan bisa menyewa atau membawa tenda milik pribadi. Ketika malam tiba, kamu bisa menikmati api unggun sembari membakar ikan atau bercengkerama.

Perjalanan menuju Pulau Perak cukup mudah. Kamu dapat berangkat dari dermaga Muara Angke atau Kali Adem, Jakarta Utara, menuju Pulau Harapan dengan moda transportasi laut selama kurang lebih tiga jam.

Dari Pulau Harapan, barulah kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Perak dengan menyewa kapal kecil atau biasa disebut “ojek” perahu.

Tidak ada tarif resmi untuk moda transportasi ini sehingga pengunjung bisa mencoba menawar harga sewa perahu.

Selain Pantai Pulau Perak, Pantai Tanjung Lesung di Banten juga menjadi salah satu lokasi wisata alternatif untuk liburan selain Pantai Ancol.

  • Tips Berkunjung ke Tanjung Lesung
  • Menpar Dorong Tanjung Lesung Jadi Situs Geopark

Di tepi pantai, kamu bisa memandangi mengagumkannya Gunung Krakatau. Belum lagi hamparan perairan Selat Sunda yang juga memanjakan mata.

Selain menyaksikan pemandangan alam yang indah, kamu juga bisa menjajal berbagai kegiatan yang menarik, seperti bersepeda mengelilingi pantai, bermain voli, berburu foto keren, dan snorkeling.

Ombaknya tidak terlalu besar, sehingga pengunjung bisa bebas bermain air di pantai ini. Jangan lupa untuk berburu sunset dan juga sunrise, ya!

Pulau Bidadari dikenal sebagai pulau privat yang letaknya cukup dekat dari Jakarta.

Jika ingin berkunjung ke pulau ini, wisatawan membutuhkan waktu berlayar sekitar 20-30 menit dari dermaga Marina Ancol. 

Pulau yang juga dinamai Pulau Bidadari Eco Resort menawarkan konsep resort bernuansa alami dan ramah lingkungan.

Menariknya, ketika berada di sini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru selain bersantai ria di pinggir pantai.  

Beberapa aktivitas di sini antara lain melihat sisa-sisa Benteng Martello peninggalan Belanda, mencoba naik banana boat, jet ski, menaiki kano, hingga berenang bersama lumba-lumba.

Jika sudah lelah dengan aktivitas olahraga air, kamu bisa menutup harimu dengan menyaksikan pemandangan indah senja serta matahari terbenam di tempat ini. 

https://travel.kompas.com/read/2021/05/05/162000327/10-pantai-dekat-jakarta-cocok-untuk-para-pencinta-ketenangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke