Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Upaya Bali Hotels Association Pulihkan Pariwisata Bali

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan berbagai sektor, salah satunya pariwisata yang merupakan sektor andalan Provinsi Bali.

Melansir dari Kompas.com pada Minggu (24/1/2021), sektor pariwisata berkontribusi terhadap hampir 70 persen ekonomi Pulau Dewata.

Sebuah organisasi hotel dan resor di Bali, yakni Bali Hotels Association (BHA) melaporkan bahwa okupansi hotel-hotel anggotanya hingga Februari 2021 hanya sebesar 9,3 persen.

Sebelumnya pada 2019, BHA mencatat total okupansi sebesar 71,8 persen. Namun, di tahun 2020, persentasi okupansi turun ke angka 24,9 persen.

“Situasi seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya dan tidak pernah terlintas (di) bayangan kami akan terjadi musibah berupa pandemi seperti ini,” kata Executive Director Bali Hotels Association Diah Ajung hari Jumat (7/5/2021).

Ia melanjutkan bahwa selain terhadap sektor pariwisata, pandemi juga berdampak luas pada kehidupan masyarakat.

“Hal ini berimbas pada angka wisatawan domestik yang juga menurun signifikan dan hal ini memberikan pukulan dan tekanan bagi keberlangsungan usaha hotel,” ujarnya.

Program vaksinasi Covid-19

Kendati demikian, BHA telah menjalankan sejumlah program guna mendukung kebijakan pemerintah sekaligus membantu memulihkan sektor pariwisata di Bali, salah satunya berkaitan dengan vaksin Covid-19.

Sekitar 25 hotel anggota BHA secara suka rela menyediakan fasilitas tempat dan tenaga untuk pelaksanaan vaksin sejak program tersebut dilaksanakan pada Maret 2021.

Menurut catatan mereka, lebih dari 90.000 pelaku pariwisata telah mendaftar untuk vaksinasi tahap pertama.

Berdasarkan data terakhir dari otoritas kesehatan, hampir 100 persen warga yang tinggal dan bekerja di zona hijau telah divaksinasi tahap pertama sejak Maret 2021.

“Kami juga mendukung dan berpartisipasi dalam program distribusi vaksin bagi para pekerja pariwisata. Tidak hanya berfokus pada pekerja hotel, tapi seluruh industri terkait, seperti villa, travel agent, spa, transportasi, maskapai penerbangan, dan sebagainya demi pemerataan akses distribusi vaksin,” ucap Diah.

Selanjutnya, BHA juga meluncurkan kampanye Mask On dan Sleeve Up guna mendukung protokol kesehatan dan program vaksinasi pemerintah.

Penyediaan informasi tepercaya

Dari sisi informasi di media sosial, BHA sudah meluncurkan seri video Bali, A New Kind of Adventure yang tidak hanya mempromosikan pariwisata di Bali, tapi juga mencantumkan tautan ke situs BHA yang berisikan informasi terkini.

Apabila berkunjung ke situs tersebut, pengunjung dapat menemukan kabar tentang kebijakan pemerintah, pembatasan perjalanan, dan tindakan kesehatan untuk masyarakat.

Upaya tersebut diharapkan dapat membantu wisatawan dalam memahami situasi terkini dan membuat keputusan ketika merencanakan perjalanan mereka.

“Tujuan dari kampanye media sosial ini adalah memberi informasi terkait kesiapan Bali, terutama jasa akomodasi hotel dan resort anggota BHA,” tambahnya.

Sertifikasi CHSE

Adapun, 111 hotel anggota BHA telah tersertifikasi CHSE dari pemerintah. Kompas.com melaporkan bahwa CHSE merupakan program sertifikasi ditujukan untuk pelaku dan produk-produk pariwisata.

CHSE adalah kependekan dari Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan).

Saat ditanya apakah menurutnya Bali siap menyambut wisatawan asing dalam Travel Corridor Arrangement (TCA) pada Juni-Juli nanti, Diah menyatakan kesiapannya.

“Dalam konteks kesiapan hotel, kami siap. Sebagian besar anggota kami merupakan hotel berbintang yang memiliki manajemen dan layanan profesional, ditambah lagi upaya mereka untuk mengikuti program sertifikasi CHSE dari pemerintah, baik pusat maupun daerah,” ujarnya.

Ia juga berharap agar maskapai penerbangan, bandara, destinasi wisata, pusat perbelanjaan, dan instansi terkait lainnya mempersiapkan diri dan memberikan layanan terbaik tidak hanya untuk wisatawan, tapi juga masyarakat setempat.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/08/060129327/upaya-bali-hotels-association-pulihkan-pariwisata-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke