Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Candi Borobudur Belum Batasi Daerah Kunjungan Pascatutup

KOMPAS.com – Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TW) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Edy Setijono mengatakan, pihaknya belum berencana untuk membatasi daerah asal wisatawan yang hendak berkunjung pasca penutupan.

“Sejauh ini belum ada kebijakan ke arah sana,” ungkap dia kepada Kompas.com, Senin (10/5/2021).

Untuk diketahui, Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah akan ditutup mulai 8-17 Mei 2021 berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Tengah Nomor 443.5/0007136.

Penutupan sementara juga didasari pada SE Bupati Magelang Nomor 443.5/1729/01.01/2021 yang menyatakan, seluruh tempat wisata di Kabupaten Magelang ditutup pada periode tersebut.

Meski Candi Borobudur nantinya masih akan menerima wisatawan dari luar Kabupaten Magelang, Edy menuturkan, pihaknya akan melakukan evaluasi secara berkala untuk langkah selanjutnya.

“Ini belum ada evaluasi setelah 17 Mei. Kalau sampai nanti tidak ada hal baru, yang berlaku adalah kebijakan sebelumnya di mana kebijakan berdasarkan kuota,” jelas dirinya.

Jika tidak tutup, ada pengetatan protokol kesehatan

Saat ini, protokol kesehatan di Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Ratu Boko sudah sesuai dengan standar CHSE.

Bahkan, ketiga candi tersebut telah mendapat sertifikasi CHSE yang menandakan bahwa protokol kesehatan di sana diterapkan dengan baik.

Edy mengatakan, jika Candi Borobudur tidak ditutup, maka pihaknya akan mengetatkan protokol kesehatan.

“Kalau tidak ada penutupan ini, maka kebijakan yang kami terapkan sebenarnya wisatawan membawa surat keterangan sehat. Karena ada penutupan, ya jadinya ditutup,” ujar Edy.

“Musim liburan ini awalnya tidak ada penutupan. Oleh karenanya, (rencananya) kita akan terapkan kebijakan menanyakan surat perjalanan. Apakah antigen, GeNose, sudah divaksin atau belum. Tapi karena kebijakan ditutup, jadi ya sudah,” lanjut dia.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/10/150600527/candi-borobudur-belum-batasi-daerah-kunjungan-pascatutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke