Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unik, Kastel Drakula di Rumania Beri Vaksin Covid-19 untuk Wisatawan

KOMPAS.com – Sebuah kastel di Transylvania, Rumania yang dipercaya sebagai tempat tinggal drakula menawarkan vaksinasi Covid-19 kepada para wisatawan.

Melansir BBC, Minggu (9/5/2021), para pekerja medis yang memiliki stiker taring pada pakaiannya memberikan suntikan Pfizer di Kastel Bran yang sudah ada sejak abad ke-14.

Untuk diketahui, kastel tua itu dipercaya sebagian orang sebagai inspirasi dari kastel drakula dalam novel ikonik Bram Stoker berjudul Dracula.

Sejak pandemi Covid-19 melanda, Rumania telah mencatat hanya lebih dari satu juta infeksi dan kematian yang angkanya hampir mencapai 29.000.

Pemerintah Rumania mengatakan, mereka ingin memvaksinasi 10 juta penduduknya hingga September 2021. Meski begitu, hampir setengah dari warga Rumania mengatakan bahwa mereka menolak mendapatkan vaksin.

Menurut sebuah survei Globesec, hal ini membuat negara tersebut menjadi salah satu negara dengan tingkat keragu-raguan tertinggi di Eropa terkait vaksinasi Covid-19.

Kastel Bran berharap dengan inisiatifnya yang unik, mereka dapat membantu meningkatkan jumlah vaksinasi.

Setiap akhir pekan pada Mei 2021, siapa pun yang berkunjung tanpa membuat janji terlebih dahulu bisa mendapatkan suntikan vaksin.

Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan akses gratis ke pameran kastel yang terdiri dari 52 instrumen penyiksaan abad pertengahan.

“Idenya adalah untuk menunjukkan bagaimana orang-orang ‘disuntik’ pada 500-600 tahun yang lalu di Eropa,” kata Marketing Director Kastel Bran, Alexandru Priscu kepada Reuters, mengutip BBC.

Selain itu, ada juga harapan bahwa layanan tersebut akan membawa lebih banyak orang untuk berkunjung ke kastel yang letaknya di pergunungan Carpathian. Sebab, selama pandemi Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan ke sana menurun.

Kastel Bran berlokasi di kaki bukit pegunungan Carpathian, dan menjulang secara indah dari hutan-hutan di sana. Jarak dari utara Bukares adalah 170 kilometer (km).

Kastel ini telah dikaitkan dengan Count Dracula, tokoh vampir milik Stoker karena dianggap sempat menjadi tempat tinggal Vlad the Impaler yang menjadi inspirasi untuk tokoh tersebut.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/11/090900227/unik-kastel-drakula-di-rumania-beri-vaksin-covid-19-untuk-wisatawan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke