Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sermo Glamour Camp, Tempat Glamping Hits di Yogyakarta

KOMPAS.com - Camping atau piknik di pinggir waduk dapat menjadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu libur di akhir pekan atau sekadar menyepi dari kebisingan kota.

Salah satu tempat yang bisa dijadikan sebagai opsi yaitu Sermo Glamour Camp yang ada di Waduk Sermo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Mengikuti perkembangan trend saat ini, Sermo Glamour Camp mengusung tema glamour camping (glamping atau glam-camp) dengan perpaduan konsep desain Torii atau gerbang tradisional asal Jepang.

"Kami tertarik untuk mengusung tema glam-camp karena saat ini glam-camp sedang menjadi trend di kalangan masyarakat terutama anak muda, dan cukup memungkinkan dioperasikan saat pandemi," kata Petugas Operator Sermo Glamour Camp, Devi, saat dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Area wisata ini tengah populer di kalangan masyarakat, terutama dari generasi milenial, karena memiliki konsep yang unik. 

Hal tersebut dibuktikan dari animo pengunjung yang hingga kini meningkat.

"Semenjak area dibuka kembali, animo masyarakat cukup tinggi. Kalau (saat) weekdays kita bisa melayani rata-rata 20-30 persen dan saat weekend bisa mencapai 70-100 persen," ujar Devi.

Pemandangan matahari terbit dan hamparan rumput hijau

Tempat glamping yang resmi dibuka pada tanggal 12 Desember 2020 ini menawarkan pemandangan hamparan rumput hijau yang tepat berada di pinggir waduk.

Sambil camping, para pengunjung juga bisa menanti momen matahari terbit di pagi hari dengan pemandangannya yang eksotis.

Suasana di sana cukup tenang dengan angin sepoi-sepoi yang akan terasa semakin mantap jika malam tiba. 

"Keunggulan tempat camping ini, yaitu suasana yang sangat nyaman, tenang, serta  pemandangan matahari terbit di pagi hari," ucapnya.

Selain pesona keindahan alamnya, Sermo Glamour Camp memiliki beragam aktivitas seru, di antaranya memancing, kayaking, naik perahu tradisional mengelilingi waduk, dan menikmati api unggun di malam hari sembari menyantap hidangan BBQ.

Fasilitas dan harga camp

Sermo Glamour Camp menyediakan berbagai macam jenis dan ukuran tenda, Di antaranya Backpacker, Bohemian, Safari, dan Luxury.

Masing-masing tenda dapat menampung maksimum empat orang, kecuali tipe Safari dan Luxury yang bisa menampung sampai enam orang.

Sementara itu, sistem dari semua jenis tenda tersebut adalah bongkar pasang, sehingga para pengunjung tetap merasakan sensasi dari camping itu sendiri.

Harga tenda per malam mulai dari Rp 50.000 untuk paket camper hingga Rp 700.000 untuk paket luxury camp.

Jika kamu ingin camping dengan mendapatkan fasilitas berupa kompor camping, alat masak, dan sleeping bag bisa memilih paket backpcaker seharga Rp 150.000.

Sedangkan, kalau ingin menginap di tenda bernuansa bohemian dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti alat makan, kompor camping hingga selimut etnik beserta kasur, bantal dan lampu tenda bisa memilih paket Bohemian Camp seharga Rp 250.000.

Atau jika kamu ingin camping dengan keluarga yang jumlahnya cukup banyak dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap mulai dari kasur, bean bags, alat makan, peralatan masak, lampu hingga perlengkapan grill BBQ bisa memesan paket Safari Camp seharga Rp 400.000.

Sementara itu, apabila kamu ingin mengambil paket murah bisa langsung memesan paket camper seharga Rp 50.000 per malam. Namun, kamu hanya mendapatkan perlengkapan berupa tenda dan matras saja.

Adapun, tiap paket camping sudah mendapatkan fasilitas bebas parkir, toilet, dan kamar mandi yang tersedia di musala. Namun, pengunjung tetap dikenakan biaya tiket seharga Rp 15.000 per hari untuk setiap orang.

Cara memesan Sermo Glamour Camp

Jika kamu berencana menghabiskan masa liburan di obyek wisata ini, kamu bisa memesan secara langsung (on the spot) dan online.

Pemesanan secara langsung di tempat hanya berlaku untuk paket camper dan backpacker.

Sementara, jika kamu memesan tenda di atas harga Rp 150.000, yaitu mulai dari paket bohemian hingga luxury, bisa memesan secara daring. Sebab, butuh waktu yang lama untuk menyiapkan tenda dan berbagai macam fasilitasnya.

Rute menuju Sermo Glamour Camp

Lokasi Waduk Sermo berada di Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari Kota Yogyakarta, Waduk Sermo dapat ditempuh dengan jarak sekitar 40 kilometer atau kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Kamu bisa menuju kesana melalui Jalan Wates, kemudian lurus terus sampai bertemu patung Nyi Ageng Serang.

Dari patung kuda kemudian langsung mengambil arah menuju ke Waduk Sermo.

Aturan obyek wisata selama pandemi Covid-19

Meskipun tetap buka di masa pandemi Covid-19, obyek wisata Sermo Glamour Camp tetap memberlakukan beberapa aturan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kawasan tersebut.

Adapun aturan yang wajib ditaati oleh para pengunjung selama masa pandemi Covid-19 antara lain, menerapkan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan sebelum masuk area wisata, mengecek suhu tubuh, menjaga jarak, selalu memakai masker, dan membawa hand sanitizer.

Selain itu, pengelola Sermo Glamour Camp juga akan mensterilkan tenda terlebih dahulu sebelum ditempati oleh para pengunjung.

"Sebelum digunakan pengunjung, kami akan menyemprot tenda dengan disinfektan terlebih dahulu dan menyalakan lampu UV untuk membunuh virus di permukaan udara," kata Devi.

Tidak hanya itu, Sermo Glamour Camp juga membatasi kapasitas pengunjung sebanyak 50 persen. 

https://travel.kompas.com/read/2021/05/11/201800827/sermo-glamour-camp-tempat-glamping-hits-di-yogyakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke