Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jembatan Kaca di China Ini Rusak Akibat Diterjang Angin Kencang

KOMPAS.com - Sabtu pagi lalu, angin kencang menerjang kawasan wisata Gunung Piyan di Longjing, sebuah wilayah yang terletak di sebelah timur laut China.

Angin kencang tersebut mengoyak sebuah jembatan berlantai kaca di kawasan wisata itu. Sejumlah panel kaca jembatan itu rontok, sehingga jembatan menjadi penuh lubang.

Melansir dari Cnn.com, jembatan ini terletak di Kawasan Pemandangan Wisata Budaya Gunung Piyan di luar kota Longjing.

Menurut pernyataan yang diposting di akun Weibo pihak berwenang setempat, angin kencang dengan kecepatan hingga 150 kilometer per jam itu terjadi pada pukul 00.45 waktu setempat.

Bukan hanya kaca jembatan saja yang rusak, insiden angin kencang yang cukup mengerikan ini juga membuat seorang turis terdampar di jembatan gantung berlantai kaca setinggi 260 meter itu.

Dalam gambar yang dibagikan oleh media pemerintah China Xinhua di situs media sosial China Weibo, seseorang terlihat berpegangan pada pagar jembatan, dikelilingi panel platform kaca yang hilang dan rusak.

Namun, para pejabat mengatakan bahwa akhirnya tim penyelamat berhasil membantu turis yang terdampar itu, sekaligus mengevakuasi jembatan pada pukul 01.20 malam.

"Staf di daerah yang indah itu bergegas ke tempat kejadian secepat mungkin, membawa peralatan darurat dan berhasil memindahkan orang yang terperangkap ke tempat yang aman," kata pejabat China dalam sebuah pernyataan.

Ia melanjutkan, tidak ada korban jiwa pada kejadian itu. Pria tersebut sudah keluar dari rumah sakit setelah dirawat untuk observasi yang menunjukkan kondisi emosi dan fisiknya stabil.

Sejak itu, seluruh kawasan wisata Pemandangan Gunung Piyan ditutup dan para pejabat telah memerintahkan pemeriksaan keamanan menyeluruh dari semua objek wisata di area tersebut, termasuk jembatan.

Seperti dilansir dari BBC.com, diperkirakan China memiliki sekitar 2.300 jembatan kaca dan sejumlah jalan setapak kaca dan perosotan.

Jembatan tersebut dirancang untuk menarik wisatawan yang mencari sensasi dan memanfaatkan pariwisata domestik China yang berkembang.

Namun, ini insiden seperti ini sudah terjadi beberapa kali di China. Pada 2018, provinsi Hebei menutup semua 32 atraksi kacanya, termasuk jembatan, jalan setapak.

Di wilayah lain pada tahun 2019, satu orang meninggal dunia dan enam lainnya luka-luka setelah mereka jatuh dari kaca geser di provinsi Guangxi.

Pada 2016, seorang turis terluka akibat batu yang jatuh saat berjalan di atas jalan kaca di kota Zhangjiajie.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/14/204600327/jembatan-kaca-di-china-ini-rusak-akibat-diterjang-angin-kencang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke