Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Lebaran, Puluhan Wisatawan di Pantai Gunungkidul Tidak Pakai Masker

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Puluhan wisatawan di Kawasan Pantai Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terjaring razia masker saat libur lebaran Kamis-Jumat (13-14 Mei 2021). Mereka kedapatan tidak menggunakan masker saat berwisata.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, selama dua hari terakhir pihaknya melakukan operasi penertiban prokes di masa pandemi dari Pantai Seruni Tepus sampai bukit Paralayang di Kecamatan Purwosari.

Pihaknya melakukan patroli di setiap kawasan wisata pantai dengan jumlah personel sebanyak 64 orang.

Hasil operasi pada hari Kamis, 40 wisatawan sama sekali tidak membawa masker dan 11 lainnya salah atau tidak benar dalam memakai masker.

Pada Hari Jumat, terdapat 70 wisatawan tidak memakai masker, 12 orang salah dalam memakai masker, dan 5 orang menaruh masker di dalam tas.

"Bagi yang tidak membawa setelah didata kita berikan masker gratis," kata Suris kepada Kompas.com, Jumat.

Ia melanjutkan, wisatawan yang kedapatan tidak menggunakan masker berasal dari lokal DIY. Saat libur lebaran, hanya warga lokal DIY yang boleh berkunjung ke tempat wisata di Yogyakarta.

Pihaknya juga siaga mengantisipasi kecelakaan laut dan melakukan penyekatan wisatawan dari luar DIY.

Penyekatan wisatawan dari luar DIY

Sementara itu, Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Patuk Ipda Paryadi menyampaikan bahwa pada Hari Jumat, total ada 309 kendaraan yang disekat di Jalan Yogyakarta-Wonosari, tepatnya di pintu masuk Gunungkidul.

Semuanya berjenis roda empat dan kebanyakan kendaraan yang diperiksa hari ini bertujuan untuk kegiatan wisata ke Gunungkidul. Total ada 925 penumpang dari 309 kendaraan tersebut.

Dijelaskannya, ratusan kendaraan tersebut diperiksa dokumen perjalanannya mulai dari identitas penumpang hingga surat-surat sesuai perjalanan Jumat pagi sampai siang.

Sebab kendaraan yang disekat sebagian besar plat luar DIY. Adapun 21 kendaraan diminta putar balik arah lantaran tak memenuhi persyaratan. Ia juga mengatakan sebanyak 83 orang dari penumpang ratusan kendaraan itu diperiksa Rapid Antigen oleh petugas.

"Hasilnya semua negatif, mereka kami berikan surat keterangan hasil tes tersebut," jelas Paryadi.

Persiapan libur lebaran di Gunungkidul

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan 345 petugas gabungan akan diterjunkan untuk pengamanan dan pengawasan protokol kesehatan di kawasan wisata Gunungkidul saat libur lebaran.

Adapun petugas berasal dari organisasi perangkat daerah di lingkup pemkab, TNI-Polri, senkom, kelompok sadar wisata, kecamatan, hingga pamong kalurahan.

"Fokus pelaksanaan (pengamanan) untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di area wisata sesuai dengan norma adaptasi kebiasaan baru," kata Asti saat dihubungi wartawan, Senin (10/5/2021)

Dijelaskannya, ratusan petugas ini sebagai upaya agar tempat wisata tidak menjadi sumber penyebaran Covid-19.

Untuk tempat wisata, selama uji coba pembukaan kapasitasnya hanya 50 persen dar kuota normal sehingga ada jaga jarak anta wisatawan.

Petugas akan memastikan bahwa protokol kesehatan benar-benar dijalankan oleh para pengunjung tempat wisata di Gunungkidul.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/15/070700527/libur-lebaran-puluhan-wisatawan-di-pantai-gunungkidul-tidak-pakai-masker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke