Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yunani Kembali Sambut Turis Asing Mulai 14 Mei 2021, Ini Aturannya

KOMPAS.com - Pemerintah Yunani akhirnya mencabut aturan lockdown dan membuka perbatasan negaranya untuk para wisatawan asing mulai Jumat (14/5/2021).

"Kami membuka industri pariwisata kami kepada dunia," kata Menteri Pariwisata Yunani Haris Theoharis, pada Kamis (13/5/2021) di sebuah acara di Athena.

Melansir dari Insider.com, Yunani menyambut turis dari AS, Inggris, UE dan negara-negara Area Schengen, Israel, Serbia, UEA, Selandia Baru, Australia, Korea Selatan, Thailand, Rwanda, Singapura, Federasi Rusia, Makedonia Utara, Kanada, Belarusia, Bahrein, Qatar, Cina, Kuwait, Ukraina, dan Arab Saudi.

Pada pembukaan kali ini, Yunani berharap negaranya mendapat kunjungan wisatawan yang sama seperti tahun 2019, yaitu sekitar 34 juta turis.

Meski telah mencabut aturan lockdown, Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis pada 11 Mei 2021 mengumumkan rencana untuk memastikan semua penduduk tetap divaksinasi pada akhir Juni.

Di samping itu, Dinas pariwisata Yunani juga meluncurkan kampanye promosi untuk kembali mengiklankan pantai, situs bersejarah, dan pemandangan kuliner di negara tersebut untuk memberi tahu para wisatawan bahwa Yunani sudah dibuka kembali.

Aturan yang diberlakukan Yunani 

Meski telah membuka gerbang perbatasannya bagi para turis asing, Yunani tetap memberlakukan beberapa aturan terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang belum juga rampung hingga saat ini.

Berikut aturannya:

1. Wisatawan wajib mengisi formulir informasi 24 jam sebelum masuk, Yunani, seperti mencantumkan informasi tentang tempat tinggal mereka dan memberikan bukti vaksinasi, hasil tes negatif Covid-19, atau pemulihan baru-baru ini.

2. Kedutaan Besar AS di Yunani menyatakan bahwa mulai 14 Mei 2021, restoran Yunani hanya buka untuk makan di luar ruangan.

Sementara, Biro pariwisata Yunani mengatakan bahwa restoran, kafe, dan bar yang terletak di hotel dapat menampung tamu hotel untuk makan di dalam ruangan. Sedangkan, tempat hiburan atau klub malam kecil masih ditutup.

3. Mulai tanggal 14 Mei 2021, jam malam sudah diberlakukan. Jam malam diberlakukan untuk mencegah orang-orang berada di luar antara pukul 00.30 sampai 05.00.

4. Perjalanan antarwilayah di Yunani diizinkan mulai 14 Mei 2021, menurut Kedutaan Besar AS di Yunani.

5. Dewan pariwisata Yunani mengatakan bahwa museum dan situs arkeologi di ruang terbuka bisa dikunjungi dengan kapasitas terbatas.

6. Melansir dari travelandleisure.com, turis dari daftar 53 negara, termasuk AS, Inggris, dan anggota Uni Eropa diizinkan mengunjungi Yunani jika mereka telah divaksinasi atau dapat menunjukkan hasil tes COVID-19 negatif.

7. Wajib memakai masker.

8. Melansir dari BBC.com, penerbangan dari beberapa bandara Jerman, termasuk Frankfurt, Düsseldorf, Hanover dan Stuttgart, mendarat di bandara Heraklion di Kreta pada Jumat pagi.

Kemudian penerbangan dilanjutkan ke Kos, Rhodes dan Corfu pada hari Sabtu dan ke seluruh Yunani bulan depan.

9. Penerbangan charter juga mendarat di Rhodes, terutama dari Polandia dan Israel.

Syarat bagi warga negara Inggris

Adapun, turis Jerman sudah mulai terbang masuk ke negara tersebut. Yunani juga berharap mulai tanggal 17 Mei 2021 warga Inggris juga sudah diperbolehkan untuk melakukan perjalanan ke Yunani.

Namun, warga Inggris disarankan pemerintahnya untuk tidak melakukan perjalanan tersebut karena negara Yunani masih masuk ke dalam "daftar kuning".

Jika masih bersikeras, maka mereka harus menjalani karantina selama 10 hari saat kembali ke Inggris atau Skotlandia.

Perkembangan kasus dan vaksinasi di Yunani

Kasus Covid-19 di Yunani saat ini rata-rata mencapai 2.000 kasus setiap harinya, namun program vaksinasi masih berlangsung hingga saat ini.

Sejauh ini satu dari empat orang Yunani telah menerima vaksinasi pertama, dan pemerintah Yunani sedang mempercepat kampanyenya di puluhan pulau, khususnya tujuan wisata.

Menteri mengatakan 32 pulau kecil telah menyelesaikan program mereka dan puluhan lagi dengan populasi hingga 10.000 akan divaksinasi pada akhir Mei.

Sementara, penduduk di pulau-pulau terbesar akan diberi vaksin Johnson & Johnson dosis tunggal pada akhir Juni, kata para pejabat.

Di samping itu, Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan pada hari Jumat bahwa varian virus Covid-19 yang terjadi di India dapat menimbulkan "gangguan signifikan" untuk pelonggaran lockdown di Yunani pada 21 Juni 2021.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/17/062511127/yunani-kembali-sambut-turis-asing-mulai-14-mei-2021-ini-aturannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke