Salin Artikel

Libur Lebaran 2021, Candi Prambanan Sepi Pengunjung

KOMPAS.com - Larangan mudik dan penyekatan di sejumlah titik perbatasan berimbas pada anjloknya kunjungan wisatawan di Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Pasalnya di masa pandemi ini, TWC Prambanan telah menerapkan kuota maksimal sebanyak 3.500 pengunjung tiap hari. Namun, saat libur Lebaran 2021, tingkat kunjungan masih jauh di bawah angka tersebut.

Direktur PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono menuturkan bahwa jumlah total kunjungan di hari pertama libur Lebaran 2021, yaitu Kamis (13/5/20221) sampai Minggu (16/5/2021) tidak lebih dari 1.500 pengunjung per harinya.

Ia melanjutkan, jumlah tersebut jauh sekali jika dibandingkan dengan kunjungan wisatawan pada periode Lebaran di tahun 2019.

"Saat Lebaran ini kita jumlah wisatawan yang datang ke Candi Prambanan hanya berkisar 1.000-1.500 per hari. Angka ini masih jauh dibawah kuota yang kita tetapkan," kata Edy saat dihubungi Kompas.com, Senin (17/5/2021).

Bahkan, lanjut dia, jumlah itu masih di bawah kunjungan wisatawan per hari sebelum masa pandemi.

"Kalau tidak pandemi itu, musim libur lebaran begini pengunjung itu bisa sampai 20.000 per hari. Angka tertingginya itu bisa mencapai 25.000 dalam sehari," ujar Edy.

Lebih lanjut, Edy menyampaikan bahwa di hari pertama Idul Fitri, Kamis (13/5/2021), terdapat 103 pengunjung.

Sementara pada Jumat (14/5/2021), terdapat 444 pengunjung. Di hari Sabtu (15/5/2021), TWC Prambanan dikunjungi sebanyak 1.164 wisatawan, atau sekitar 33 persen dari kuota maksimal kunjungan sebesar 3.500 pengunjung.

Sedangkan di hari Minggu (16/5/2021), terdapat 1.500 kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan.

Ia mengatakan bahwa kunjungan tersebut didominasi wisatawan domestik. Adapun, kunjungan wisatawan pada hari Sabtu kemarin terdiri dari beberapa tipe kunjungan, seperti kunjungan reguler sejumlah 1.016 wisatawan.

Sisanya adalah pengunjung yang datang dengan fasilitas paker yang terdiri dari paket Prambanan-Ratu Boko, paket Pruputan, paket Prambanan Meals dan Prambanan-Ratu Boko Meals.

Terapkan protokol kesehatan ketat

Edy menjelaskan bahwa PT TWC telah menerapkan protkol kesehatan dan mendapat sertifikasi CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kita tentunya sudah tersertfikasi CHSE dari Kemenpar dan penerapan protokol paling utama di gerbang depan itu pengecekan suhu para wisatawan. Kalau misalkan ada yang melebihi standar suhu yang telah ditetapkan, maka tidak boleh masuk," ujar Eddy.

Dalam pelaksanaanya, PT TWC juga menerapkan registrasi ketat bagi wisatawan, seperti pemeriksaan di gerbang utama. Sejumlah petugas akan memandu pengunjung untuk mengisi daftar hadir secara online yang terdiri dari nama, alamat serta nomor telepon seluler.

PT TWC juga memberikan akses masuk khusus kepada wisatawan yang telah memenuhi syarat Wisata Sehat, yaitu sudah melakukan dan menunjukkan bukti sertifikat vaksin atau hasil negatif Test Swab/PCR/Antigen/GeNose yang masih berlaku saat tiba.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/17/120100927/libur-lebaran-2021-candi-prambanan-sepi-pengunjung

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.