Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Taman Nasional Ujung Kulon Ditutup Sementara Hingga 30 Mei 2021

KOMPAS.com - Wisata alam Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten secara resmi ditutup kembali bagi para wisatawan untuk sementara waktu.

Penutupan tersebut diberlakukan mulai dari 17 sampai 30 Mei 2021.

"Kita mengikuti instruksi Gubernur dan SE Bupati tertanggal 16 Mei kemarin," ujar Humas Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTN-UK), Andri Firmansyah seperti dilansir dari Antaranews.com, pada Kamis (20/5/2021).

Ia menegaskan pihaknya akan mengikuti setiap kebijakan serta instruksi yang diambil pemerintah terkait upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di objek wisata.

"Kalau dicabut sebelum tanggal 30 Mei, ya kita akan ikuti. Kalau sampai tanggal 30 Mei, kita tetap mengikuti. Jadi apapun dan seperti apa hasilnya, kita tetap akan mengikuti apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah," tutur Andri.

Melalui akun Instagram resminya, BTN-UK mengunggah Surat Edaran tentang ditutupnya objek wisata alam di Kawasan Konservasi Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten, tertanggal 26 April 2021.

Adapun, Penutupan itu berdasarkan Surat Edaran dengan nomor SE.04/T.12/TU/P3/5/2021, tentang Penutupan Sementara Objek Wisata Alam di Kawasan Konservasi Taman Nasional Ujung Kulon Pandeglang Provinsi Banten.

Dalam Surat Edaran yang ditandatangani oleh Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Anggodo, tertulis bahwa keputusan penutupan sementara kawasan Konservasi Taman Nasional Ujung Kulon merupakan tindak lanjut dari dua instruksi, yakni:

Selain itu, penutupan juga dilakukan dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 sebagai dampak antusiasme masyarakat yang berkunjung ke objek wisata.

Seluruh tempat wisata di Banten ditutup hingga 30 Mei

Seperti diberitakan oleh Kompas.com, Gubernur Banten Wahidin Halim memutuskan untuk menutup sementara seluruh obyek wisata di Provinsi Banten mulai Sabtu (15/5/2021) hingga 30 Mei 2021.

Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti mengatakan, langkah itu diambil dikarenakan rawan terjadi pelanggaran protokol kesehatan.

Berdasarkan pemantauan selama dua hari dari tanggal 14 dan 15 Mei, antusiasme masyarakat dalam mengunjungi objek wisata sangat tinggi.

"Hal ini memicu timbulnya kerumunan yang akan berpotensi peningkatan kasus Covid-19 dari klaster wisata," ujar Ati.

Sebelumnya diberitakan, Wahidin menginstruksikan kepada kepala daerah di kabupaten dan kota yang ada di Banten untuk menutup seluruh objek wisata melalui Instruksi Gubernur Banten nomor 556/901-Dispar/2021 tentang penutupan sementara destinasi wisata dampak libur hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Di dalam instruksi tersebut tertuang bahwa penutupan sementara destinasi wisata di Provinsi Banten dimulai tanggal 15 Mei 2021 pukul 21:00 WIB sampai 30 Mei 2021.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/20/153842127/taman-nasional-ujung-kulon-ditutup-sementara-hingga-30-mei-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke