Salin Artikel

15 Tempat Terbaik di Dunia untuk Digital Nomad, Ada Indonesia

KOMPAS.com – Belakangan ini, tren digital nomad semakin naik daun lantaran semakin banyak orang yang bekerja dari rumah atau lokasi lainnya selain di kantor.

Mengutip Kompas.com, Selasa (30/3/2021), digital nomad adalah seseorang yang bekerja tanpa terikat waktu dan tempat.

Mengacu pada hal tersebut, Club Med melalui situs resminya menciptakan daftar tempat terbaik di seluruh dunia bagi para digital nomad.

Adapun, data dikumpulkan dan dinilai dengan meningkatnya permintaan akan gaya hidup nomaden. Dalam studi ini, Club Med melihat biaya hidup dan keamanan di setiap negara.

Faktor lain yang dilihat dalam studi tersebut adalah kecepatan internet rata-rata, keberadaan tempat alam dan kebugaran, serta jumlah aktivitas santai dan petualangan yang ada.

15 tempat terbaik di dunia untuk digital nomad

Tempat yang berhasil menyabet peringkat pertama dalam daftar 15 tempat terbaik di dunia untuk digital nomad adalah Phuket, Thailand.

Studi Club Med menemukan, Phuket mendapatkan nilai tinggi dalam hal keamanan dan kecepatan internet.

Selama berada di sana, wisatawan dapat bekerja sambil menikmati 251 pengalaman bersantai di daerah sekiarnya. Bahkan, Phuket menawarkan 750 aktivitas petualangan untuk dijelajahi.

Selanjutnya, peringkat kedua diduduki oleh Ho Chi Minh di Vietnam. Kota dengan suhu 34 derajat celsius tersebut menawarkan suasana energik dan biaya hidup yang rendah sebesar 716 pound sterling (atau sekitar Rp 14.550.600) per bulan.

Kota ini selalu ramai dengan pedagang kaki lima, pasar, serta seni dan hiburan tradisional khas Vietnam seperti pertunjukan boneka kayu kuno yang usianya sudah berabad-abad. 

Selain itu, Ho Chi Minh juga memiliki kafe internet yang dapat dimanfaatkan untuk bekerja sambil menikmati kopi Vietnam.

Thailand kembali menyabet peringkat ketiga dengan Krabi. Pulau dengan tebing batu kapur, serta gua dan hutan lebat ini menawarkan banyak kegiatan rekreasi bagi para digital nomad.

Lebih dari 232 aktivitas santai tersedia di sana. Mulai dari pijat tradisional di tepi pantai, kelas memasak hidangan lokal, hingga mengunjungi Thung Theo Forest untuk berendam di Crystal Lagoon.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Apakah Nusantara masuk dalam daftar 15 negara terbaik di dunia untuk digital nomad?

Indonesia, salah satu negara terbaik untuk digital nomad

Club Med menempatkan Jimbaran pada posisi kelima sebagai tempat terbaik untuk digital nomad.

Desa nelayan di Bali ini merupakan destinasi yang ideal bagi digital nomad yang ingin menikmati budaya Indonesia.

Mulai dari pura-pura laut kuno hingga pasar ikan di tepi pantai dapat dinikmati oleh wisatawan, sambil merasakan cita rasa budaya lokal.

Biaya hidup di Jimbaran tergolong rendah yakni 479 pound sterling (atau sekitar Rp 9.729.463) per bulan. Dengan begitu, daerah tersebut dapat dijelajahi dengan harga yang terjangkau.

Para digital nomad dapat menikmati beragam aktivitas populer termasuk memancing, berselancar, dan scuba diving di antara ikan-ikan dan terumbu karang.

Skor keamanannya berada pada angka 4,28 dari 5. Hal ini membuat Jimbaran menjadi salah satu tempat paling aman bagi digital nomad, dan pilihan yang tepat bagi pelancong solo atau pemula.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar 15 tempat terbaik di dunia untuk digital nomad yang Kompas.com rangkum, Kamis (20/5/2021):

  1. Phuket, Thailand
  2. Ho Chi Minh, Vietnam
  3. Krabi, Thailand
  4. Kolombo, Sri Lanka
  5. Jimbaran, Indonesia
  6. Singapura
  7. Kuala Lumpur, Malaysia
  8. Cancun, Meksiko
  9. Siem Reap, Kamboja
  10. Canggu, Indonesia
  11. Ubud, Indonesia
  12. Male, Maladewa
  13. Playa, Meksiko
  14. Rio de Janeiro, Brasil
  15. Cozumel, Meksiko

https://travel.kompas.com/read/2021/05/20/163100827/15-tempat-terbaik-di-dunia-untuk-digital-nomad-ada-indonesia

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.