Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kegiatan Wisata di Awang Awang Sky View, Apa Saja?

KOMPAS.com – Awang Awang Sky View di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, merupakan tempat wisata baru yang menawarkan titik terbaik untuk menikmati Gunung Merbabu, Andong, Sumbing, dan Sindoro.

“Konsepnya kita dapat melihat pemandangan, dan menghirup oksigen mewah. Benar-benar sebuah titik yang bisa memandang keindahan alam dari tengah puncak Telomoyo,” kata Pemilik Awang Awang Sky View dan Telomoyo JIP Explore, M. Budi Santoso, Kamis (20/5/2021).

Selain menikmati pemandangan, ada juga kegiatan lain yang bisa dilakukan selama berada di sana yakni sebagai berikut, Jumat (21/5/2021):

1. Foto-foto di dek kaca

Awang Awang Sky View memiliki sebuah dek kaca bernama Spot Foto Kaca yang menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk berfoto.

“Dek kaca ini berada di ketinggian 1.518 meter dari permukaan laut (mdpl). Dari kaca kita bisa lihat ke bawah hamparan hutan pinus. Ini kesan dari wisatawan,” ujar Budi.

2. Melihat pemandangan

Budi mengatakan bahwa tempat wisata bak gardu pandang ini terletak tepat di tengah-tengah Gunung Telomoyo. Menurutnya, tempat ini merupakan titik terbaik di Telomoyo untuk menikmati pemandangan.

Selain suguhan apiknya empat gunung dan hutan pinus yang ada di sana, wisatawan yang berkunjung ke Awang Awang Sky View dapat menikmati birunya langit saat cuaca cerah.

“Kemudian pas ada berawan, ada awan di bawah gunung seperti hamparan awan,” tutur dia.

Lebih lanjut, pemandangan juga dapat disaksikan tidak hanya di tempat wisata kelolaannya namun juga di sepanjang jalan dari area parkir menuju puncak Gunung Telomoyo.

3. Ngopi santai di tengah hawa sejuk

Saat ini, Budi menuturkan, Coffee Corner masih belum beroperasi selama soft opening Awang Awang Sky View sejak 18 Mei 2021.

Meski begitu, pihaknya tetap melakukan banyak persiapan termasuk pemasangan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

“Tapi dalam 10 hari ke depan ini akan dibuka juga. Kopi yang disajikan adalah kopi lokal asli Telomoyo. Bagi penggemar kopi di Telomoyo, kopi ini ada rasa mint yang khas karena dipengaruhi pohon-pohon di sekitarnya yakni pinus,” ucapnya.

Jika sudah dibuka nanti, selain kopi, Coffee Corner juga akan menyajikan beberapa kudapan khas misalnya yang berbahan ketela, gemblong, dan mendoan Telomoyo.

4. Glamping seru

Budi mengungkapkan bahwa pihaknya telah berencana untuk mengembangkan Awang Awang Sky View menjadi spot foto yang lebih diperluas.

“Ada glamping (glamour camping) yang sudah kita rencanakan ke depan. Harapannya akhir tahun sudah selesai semua konsep atau rencana yang sudah kita rencanakan,” kata dia.

Meski belum bisa glamping, kamu bisa catat terlebih dahulu kegiatan ini sembari menunggu informasi lebih lanjut di akun Instagram mereka yakni @awangawangtelomoyo.

5. Keliling naik jeep

Gunung Telomoyo merupakan gunung yang dapat dikunjungi puncaknya dengan sepeda motor atau mobil jeep.

Selain berwisata ke Awang Awang Sky View, Budi mengatakan bahwa pengunjung juga bisa berkeliling naik mobil jeep.

“Awang Awang Sky View satu manajemen dengan Telomoyo JIP Explore. Ada paket yang melayani baik dari areal parkir sampai puncak, kemudian ke Awang Awang Sky View dan beberapa daya tarik wisata sekitarnya,” tutur dia.

Adapun, beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi dalam paket wisata jeep adalah Embung Pagergunung, Air Terjun Sumuran, dan Merbabu Park.

Saat ini, terdapat empat paket wisata jeep yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan jika ingin berkeliling dengan kapasitas jeep maksimal empat orang. Harganya adalah Rp 400.000 dengan durasi maksimal 2,5 jam.

Paket wisata jeep lainnya adalah Paket Sunset Rp 500.000 selama maksimal tiga jam untuk mengunjungi puncak Gunung Telomoyo. Paket ini mencakup kudapan dan kopi gratis.

Ada juga Paket Medium Air Terjun Rp 600.000 selama maksimal empat jam untuk mengunjungi puncak Gunung Telomoyo, Kampung Pinus, Embung Pagergunung, dan Air Terjun Sumuran.

Lalu Paket Medium Kopeng Rp 600.000 selama maksimal empat jam untuk mengunjungi puncak Gunung Telomoyo, Gunung Sari, dan Kampung Bunga.

Kemudian Paket Sunrise Rp 700.000 selama maksimal empat jam untuk mengunjungi puncak Gunung Telomoyo termasuk kudapan dan kopi gratis.

Untuk reservasi dan mengetahui informasi lebih lanjut, wisatawan bisa menghubungi WhatsApp +62821-3508-8118.

Harga tiket masuk Awang Awang Sky View

Awang Awang Sky View berlokasi di Ngablak, Kabupaten Magelang. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 08:00-18:30 WIB.

Saat cuaca cerah pada Juni-September, jam operasional hingga pukul 20:00 WIB. Harga tiket masuk Awang Awang Sky View adalah Rp 15.000 termasuk sandal untuk dipakai di area dek kaca.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/21/170900527/5-kegiatan-wisata-di-awang-awang-sky-view-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke