Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Berkunjung ke Awang Awang Sky View, Jangan Berburu

KOMPAS.com – Salah satu tempat wisata terbaru di Kabupaten Magelang, tepatnya di Gunung Telomoyo, menawarkan pemandangan alam yang apik dan sayang untuk dilewatkan.

Adapun, tempat wisata itu bernama Awang Awang Sky View. Tempat ini digadang-gadang sebagai titik terbaik untuk melihat Gunung Merbabu, Andong, Sumbing, dan Sindoro.

“Awang Awang Sky View ini adalah salah satu spot seperti gardu pandang yang terletak di tengah-tengah Gunung Telomoyo. Titik terbaik di Telomoyo untuk melihat empat gunung,” kata Pemilik Awang Awang Sky View dan Telomoyo JIP Explore, M. Budi Santoso, Kamis (20/5/2021).

Selain menikmati pemandangan, wisatawan yang berkunjung juga bisa berswafoto ria di atas dek kaca yang berada pada ketinggian 1.518 meter dari permukaan laut (mdpl).

Tidak hanya itu, jika Coffee Corner sudah dibuka dalam beberapa hari ke depan, pengunjung dapat mencicipi segarnya kopi lokal asli Telomoyo sambil melahap kudapan lezat seperti gemblong atau mendoan Telomoyo.

Kendati demikian, terdapat sejumlah tips dan aturan yang perlu diperhatikan agar kunjungan ke Awang Awang Sky View menjadi lebih nyaman yakni sebagai berikut, Jumat (21/5/2021):

1. Bawa pakaian hangat

Mengingat bahwa Awang Awang Sky View berada di dataran tinggi, Budi menyarankan agar wisatawan menyiapkan pakaian hangat atau setidaknya membawa jaket saat berkunjung.

Sebab, udara di sana dan di Gunung Telomoyo cukup dingin. Terlebih bagi pengunjung yang tidak terbiasa dengan udara di sana.

“Berwisata di Telomoyo atau pegunungan biasanya dingin. Apa lagi saat ini sering berkabut,” jelasnya.

2. Berburu pemandangan pada Juni-September

Menurut Budi, pemandangan terbaik yang disuguhi oleh alam disekitar tempat wisata kelolaannya dapat dilihat pada Juni-September.

Pada bulan-bulan tersebut, para pengunjung akan ditawarkan pemandangan yang luar biasa saat matahari terbit, siang hari, dan matahari terbenam.

3. Datang kapan saja, pemandangan tetap oke

Budi mengatakan bahwa pengunjung bisa datang kapan pun ke Awang Awang Sky View. Baik itu pagi, siang, sore, atau malam.

“Waktu, baik pagi, siang, sore, atau malam pada empat bulan itu menjadi pemandangan yang diburu pemburu sunset atau sunrise. Wisatawan hafal betul untuk berburu pemandangan terbaik di empat bulan ini (di area Telomoyo),” jelas dia.

4. Patuhi protokol kesehatan

Selama pandemi Covid-19, tempat wisata kelolaan Budi telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar. Bahkan kunjungan wisatawan pun dibatasi maksimal 30 persen.

Jika ingin berkunjung, dia menegaskan bahwa masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan. Misalnya menggunakan masker atau menjaga jarak.

“Di masa pandemi ini, protokol kesehatan memang menjadi utama. DI tempat-tempat tertentu, spot-spot foto di Awang Awang Sky View ada hand sanitizer,” katanya.

5. Reservasi untuk wisata jeep

Budi mengatakan bahwa pihaknya menyediakan paket wisata jeep untuk pengunjung yang ingin berkeliling.

“Awang Awang Sky View satu manajemen dengan Telomoyo JIP Explore. Ada paket yang melayani baik dari areal parkir sampai puncak, kemudian ke Awang Awang Sky View dan beberapa daya tarik wisata sekitarnya,” tutur dia.

Adapun, beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi dalam paket wisata jeep adalah Embung Pagergunung, Air Terjun Sumuran, dan Merbabu Park.

Harga paket wisata jeep dibanderol mulai dari Rp 400.000 dengan durasi yang berbeda pada setiap paketnya.

“Agar tidak kehabisan armada jeep harus reservasi. Baik Paket Sunset, Paket Sunrise, atau paket (jalan-jalan) siang hari bisa reservasi,” ujar Budi.

Jika ingin reservasi atau mengetahui informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi WhatsApp +62821-3508-8118.

6. Dilarang membawa senapan berburu

Budi mengatakan bahwa dahulu, kawasan Gunung Telomoyo sering terlihat ada orang-orang yang berburu. Termasuk mereka yang membawa senapan.

Jika ingin berkunjung, dia menuturkan, wisatawan dilarang berburu dan membawa senapan. Aturan tersebut juga telah diamini oleh pihak Perhutani dan masyarakat desa.

7. Buang sampah pada tempatnya

Budi menegaskan bahwa wisatawan dilarang buang sampah sembarang saat berada di Awang Awang Sky View dan area Gunung Telomoyo.

Meski begitu, dia tidak menampik bahwa masih ada wisatawan yang membuang sampah sembarangan saat berwisata ke sana.

“Kita sediakan kantung sampah di beberapa tempat. Setiap sore, pukul setengah 6, dengan satu armada kami selalu lakukan operasi sampah dengan membawa sampah di jalan sampai ke pembuangan sampah,” tuturnya.

Harga tiket masuk Awang Awang Sky View

Awang Awang Sky View berlokasi di Ngablak, Kabupaten Magelang. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 08:00-18:30 WIB.

Saat cuaca cerah pada Juni-September, jam operasional hingga pukul 20:00 WIB. Harga tiket masuk Awang Awang Sky View adalah Rp 15.000 termasuk sandal untuk dipakai di area dek kaca.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/21/181200327/tips-berkunjung-ke-awang-awang-sky-view-jangan-berburu

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+