Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hong Kong Museum of Art, Museum Seni Publik Pertama di Hong Kong

KOMPAS.com – Hong Kong Museum of Art (HKMOA) merupakan sebuah museum di Tsim Sha Tsui yang sudah ada sejak 1962.

Pemandu acara Arts in Hong Kong, perhelatan seni dan budaya dari Hong Kong Tourism Board, Christian Yang mengatakan bahwa HKMOA merupakan museum seni publik pertama di sana.

“HKMOA telah melalui renovasi dan pengembangan selama tiga tahun, dan merupakan rumah bagi lebih dari 17.000 koleksi seni,” tutur dia, Kamis (20/5/2021).

Lebih lanjut, Yang menjelaskan bahwa museum ini memiliki ruang pameran di lantai atas bangunan yang menampilkan pemandangan 270 derajat kota dan Victoria Harbour.

Selain itu, HKMOA juga memiliki langit-langit setinggi sembilan meter yang memungkinkan para seniman untuk menggunakan kreativitas mereka terhadap karya yang ditampilkan di sana.

Melansir siaran pers yang Kompas.com terima, Kamis, museum ini telah melakukan penambahan area sebanyak 40 persen untuk mengakomodir lebih banyak galeri.

Salah satunya, yang kini menjadi daya tarik tersendiri, adalah tampilan kaca yang memberi kesan retak yang merupakan pantulan dari ombak di Victoria Harbour.

Karya seni yang tersebar di ruang publik

Bagi sebagian orang, mereka mungkin mengira bahwa karya seni hanya dapat dilihat di museum. Tidak terkecuali di HKMOA. Kendati demikian, Yang mengatakan hal tersebut berbeda dengan HKMOA.

“Bagi mereka yang berada di Hong Kong, Anda akan menemui ratusan karya seni di ruang publik. Misalnya di stasiun MTR atau di dalam mal,” ungkap dia.

Namun, terdapat satu hal yang cukup unik terkait karya seni di ruang publik tersebut. Sebab, masyarakat dapat melihat mereka “hidup” melalui sebuah fitur dalam aplikasi ArtForEveryone.hk yang dapat diunduh di Google Play atau App Store.

Apabila kamu sedang berada di luar Hong Kong namun ingin menikmati karya seni di sana, kamu dapat mengunjungi situs https://www.artforeveryone.hk/.

Saat berada di laman utama, jika dibuka dengan ponsel, klik dua garis pada pojok kanan atas dan pilih Gallery untuk melihat seluruh karya seni yang ada.

Jika ada satu karya seni yang menarik, kamu bisa klik fotonya untuk melihat beragam informasi seputar karya tersebut.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/21/210700927/hong-kong-museum-of-art-museum-seni-publik-pertama-di-hong-kong

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke