Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenparekraf Siapkan Rp 60 Miliar untuk Insentif Ekonomi Kreatif dan Desa Pariwisata

MALANG, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan program bantuan insentif pemerintah (BIP) untuk pelaku ekonomi kreatif dan desa wisata.

Program bantuan senilai Rp 60 miliar tersebut rencananya akan diluncurkan pada Bulan Juni 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan, bantuan berupa insentif akan disalurkan dengan tepat sasaran.

"Saya akan memastikan bahwa itu akan tepat sasaran, berkeadilan untuk masyarakat yang betul-betul membutuhkan, sehingga mereka bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya," kata Sandiaga usai bertemu dengan pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Malang, Jumat (21/5/2021).

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Fadjar Hutomo mengatakan, bantuan insentif pemerintah itu sudah tiga tahun dilaksanakan.

Bantuan insentif yang ketiga kalinya

Tahun ini, pihaknya akan mengoptimalkan bantuan itu untuk pemulihan sektor wisata akibat pandemi Covid-19.

"Bantuan insentif pemerintah atau BIP ini sebenarnya program yang telah hampir tiga tahun dilaksanakan dan tahun ini tentunya programnya kita optimalkan kembali," katanya.

Bantuan insentif itu sebesar Rp 60 miliar dan akan diberikan kepada lima subsektor ekonomi kreatif dan pelaku pariwisata yang ada di desa wisata.

Pihaknya akan selektif menyalurkan bantuan itu supaya tepat sasaran. Penyaluran bantuan itu juga akan dilakukan dengan transparan.

"Tentunya kita berikan secara selektif dan kuratif. Ada kriteria yang harus dipenuhi. Ada proses kuratornya. Kita berupaya tepat sasaran, tepat dengan tujuan dan pelaksanaannya harus sesuai dengan akuntabilitas," katanya.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/22/210100527/kemenparekraf-siapkan-rp-60-miliar-untuk-insentif-ekonomi-kreatif-dan-desa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke