Salin Artikel

Tutup Selama Lebaran, Kini Candi Borobudur Buka Lagi

KOMPAS.com - Kawasan Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan pada Selasa (18/5/2021).

"Iya benar, mulai tanggal 18 Mei 2021 kemarin Borobudur dibuka kembali," ujar Dirut Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono, saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (24/5/2021).

Kendati demikian, Edy mengatakan pembukaan wisata tersebut tentunya tidak melupakan penerapan protokol kesehatan mengingat pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini.

Selain protokol kesehatan, pihaknya juga memberlakukan beberapa kebijakan terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19 di kawasan wisata Candi Borobudur.

Di antaranya, pembatasan pengunjung maksimal 30 persen, dan pembatasan jam layanan tempat wisata hingga pukul 15:00 WIB.

"Kita buka dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, seperti biasa wajib menggunakan masker, menjaga jarak, menggunakan cairan hand sanitizer atau rajin cuci tangan, kunjungan dibatasi 30 persen dan jam operasional hingga pukul 15:00 WIB," ujar Edy.

Selain itu, Borobudur Rangers yang telah disiapkan oleh wisata Candi Borobudur akan memantau para wisatawan untuk tetap menjaga jarak, memakai masker, dan menjaga kebersihan.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, bagi para pengunjung yang bisa menunjukkan bukti telah divaksin, hasil PCR/Antigen, dan boarding pass pesawat atau kereta yang berlaku dalam kurun waktu tiga hari bisa mendapatkan akses ke kawasan wisata melalui jalur khusus dan mendapatkan air mineral gratis.

Terkait pembatasan pengunjung yang diberlakukan di kawasan wisata Candi Borobudur, Edy menyampaikan bahwa sebaiknya para pengunjung melakukan registrasi terlebih dahulu lewat ticket.borobudurpark.com.

"Karena ada batasan pengunjung ya sebaiknya sebelum berkunjung para wisatawan registrasi dulu melalui ticket.borobudurpark.com supaya kebagian kuota," kata Edy.

Candi Borobudur ditutup 4-17 Mei 2021

Sebelumnya, wisata Candi Borobudur ditutup mulai dari tanggal 4-17 Mei 2021. Penutupan tersebut merujuk pada tiga surat perintah.

"Penutupan Candi Borobudur tanggal 4-17 Mei berdasarkan perintah tutup dari Provinsi Jawa Tengah, dan Kabupaten Magelang yang secara wilayah membawahi Borobudur. Kalau Prambanan dan Ratu Boko ikut kebijakan Provinsi DIY," tutur Edy.

Adapun, tiga surat perintah tersebut yakni:

1. Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah dengan nomor: 443.5/0007136 tentang Perpanjangan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Jawa Tengah.

2. Surat Edaran Bupati Magelang dengan nomor: 443.5/1729/01.01/2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Magelang.

3. Surat Edaran Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang dengan nomor: 556/924/19/2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan PPKM Berbasis Mikro untuk Pengendalian Cpvid-19 pada Libur Idul Fitri 1442 H di Kabupaten Magelang.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/24/123628227/tutup-selama-lebaran-kini-candi-borobudur-buka-lagi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.