Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tutup 5 Tahun, Museum di Paris Ini Akhirnya Buka Lagi

KOMPAS.com - Musee Carnavalet di Paris, Perancis akhirnya dibuka lagi setelah ditutup selama lima tahun dan melalui tahap renovasi senilao 55 juta Euro.

Melansir Lonely Planet, Selasa (25/5/2021), museum yang merupakan salah satu harta karun di Paris tersebut akan dibuka kembali guna meningkatkan daya tariknya lewat ruang yang dihidupkan kembali.

Menyusul kabar bahwa Perancis akan membuka perbatasannya bagi pelancong internasional pada musim panas ini, Musee Carnavalet akan kembali menyambut wisatawan pada Sabtu (29/5/2021).

Harta karun dari zaman renaisans

Museum Carnavalet merupakan sebuah permata tersembunyi dengan dua bangunan besarnya yang sudah ada dari zaman renaisan, dan terletak di Distrik Marais.

Alhasil, bukanlah sesuatu yang mengherankan jika museum ini dibuka untuk pertama kalinya pada 1888, dan didedikasikan untuk sejarah kota.

Di dalamnya, wisatawan akan menemui perpaduan koleksi yang menarik, mulai reruntuhan Gallo-Romawi hingga furnitur Art Deco. Ada pula barang milik Marie Antoinette hingga furnitur Marcel Proust, karya milik Pierre-Auguste Renoir, serta kartun, tanda abad ke-19.

Bahkan, wisatawan akan menemukan lebih dari 30 "period room" dari rumah-rumah megah di Paris yang telah dibangun kembali dengan semua riasannya.

Melansir Artsmia.org, period room adalah sebuah ruangan yang barang-barang di dalamnya datang dari periode yang sama.

Adapun, hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan bagaimana orang-orang pada zaman tersebut hidup, atau menjadi tampilan arsitektur dan seni dekoratif autentik dari sebuah waktu dan tempat tertentu

Musee Carnavalet tutup sejak 2016

Sebelumnya, Musee Carnavalet sempat ditutup untuk publik pada 2016. Sebab, koleksinya yang makin besar membuat para kurator kesulitan untuk menampilkan semuanya secara koheren.

Namun, ada bantuan renovasi sebesar 55 juta Euro yang sudah mencakup ahli desain dari Francois Chatillon, dan kepala arsitek untuk monumen bersejarah Perancis.

Hal ini membuat Musee Carnavalet siap untuk menyambut kembali wisatawan ke ruang pamerannya yang lebih baik.

Salah satu perubahan yang paling disambut adalah rute sirkuit yang baru diadaptasi dalam urutan kronologis. Ada juga pembukaan bagian atap (bay) yang sebelumnya tersembunyi agar lebih banyak cahaya masuk ke dalam.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/26/121200627/tutup-5-tahun-museum-di-paris-ini-akhirnya-buka-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke