Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kelimutu Kembali Dibuka, Pengunjung Wajib Booking Online

ENDE, KOMPAS.com - Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, kembali dibuka bagi wisatawan yang hendak berkunjung, setelah sebelumnya ditutup selama liburan hari raya Idul Fitri.

Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu Agus Sitepu mengatakan, destinasi wisata danau tiga warna itu sudah dibuka kembali sejak 18 Mei 2021.

"Sudah dibuka sejak tanggal 18 Mei lalu. Sekarang tetap ada kuota 400 pengunjung per hari. Yang mau datang dan masuk wajib booking terlebih dahulu. Kalau tidak ada booking online, tidak diizinkan masuk," kata Agus kepada Kompas, melalui sambungan telepon, Kamis (27/5/2021).

Ia menjelaskan, wisatawan yang berkunjung ke Danau Kelimutu wajib mematuhi protokol kesehatan. Mereka wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum naik ke puncak.

Melansir Kompas.com, Selasa (11/5/2021), Taman Nasional Kelimutu ditutup selama delapan hari sejak 10 Mei hingga 17 Mei 2021. Penutupan tersebut berdasarkan hasil koordinasi dan rapat bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Ende. 

Salah satu obyek wisata yang terkenal di Taman Nasional Kelimutu adalah tiga danau yang warnanya berubah dari waktu ke waktu - misalnya dari hijau menjadi biru, hitam, dan merah. Berdasarkan situs Taman Nasional Kelimutu, perubahan warna tersebut disebabkan oleh mekanisme vulkanis di kawasan tersebut. 

https://travel.kompas.com/read/2021/05/27/173700327/kelimutu-kembali-dibuka-pengunjung-wajib-booking-online

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke