Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tempat Tradisional di Korea Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting BTS

KOMPAS.com - Meski tenar di dunia internasional, boyband K-Pop BTS tidak melupakan budaya negara asalnya yakni Korea Selatan.

Salah satu contohnya, boyband tersebut pernah merekam video di Gyeongbokgung sambil mengenakan hanbok hitam yang merupakan pakaian tradisional di negara mereka.

Tidak hanya itu, mereka juga mengunjungi banyak destinasi di Korea Selatan yang sekaligus dapat menjadi rangkaian tur yang menarik bagi para penggemarnya yang kerap disebut ARMY.

Berikut empat tempat tradisional yang dikunjungi BTS di Korea Selatan, seperti dilansir dari English.visitkorea.or.kr, Kamis (27/5/2021):

1. Korea Furniture Museum

Korea Furniture Museum atau Museum Furnitur Korea terkenal akan keunikan koleksi barang-barang antiknya.

Berbagai macam furnitur kayu tradisional Korea dikelompokkan menurut lokasi dan kegunaannya di rumah-rumah tradisional, juga menurut bahan dan daerah asalnya.

Berlokasi di Distrik Seongbuk di Kota Seoul, museum ini terbagi menjadi sepuluh rumah tradisional yang terletak di atas bukit yang telah dipugar selama lima belas tahun.

Di sana, pengunjung bisa berkeliling dengan pemandu untuk mempelajari berbagai hal, di antaranya budaya perumahan Korea, harmonisasi furnitur dan alam, serta struktur dasar rumah hanok.

Korea Furniture Museum ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting salah satu episode acara televisi Korea You Quiz on the Block yang dihadiri BTS. 

Selain BTS, sejumlah tokoh-tokoh internasional terkenal juga pernah berkunjung ke sini, antara lain Xi Jinping, Brad Pitt, dan Martha Stewart. 

2. Awon Museum & Hotel

Awon Museum & Hotel terletak di Provinsi Jeolla Utara. 

Setiap rumah di tempat penginapan ini terbagi menjadi empat ruangan, termasuk Cheonjiin - Manhyudang Hall, yang menjadi lokasi pengambilan gambar 2019 BTS Summer Package (Paket Musim Panas BTS 2019).

Bagian lainnya adalah Sarangchae - Yeonhadang Hall, Anchae - Seolhwadang Hall, dan Byeolchae - Cheonmokdasil Room. Setiap area terbuka untuk tur, pengambilan foto, dan bahkan bermalam.

Sesuai namanya, di sini juga terdapat Museum Awon yang menampilkan karya seni modern di Galeri Oz. Galeri ini juga menyajikan menu teh dan kopi.

Selepas ke Galeri Oz, para pengunjung juga bisa bersantai dengan berjalan-jalan di hutan bambu yang tumbuh di bagian belakang hotel.

3. Gyeongbokgung

Menurut Kompas.com pada 24 Oktober 2015, Gyeongbukgung di Distrik Jongo, Seoul, merupakan salah satu dari lima istana agung yang dibangun Dinasti Joseon (1392-1910). 

Sementara itu, situs resmi royalpalace.go.kr menuliskan bahwa nama Gyeongbokgung berarti "Istana yang Diberkati oleh Surga". Istana ini didirikan tahun 1395, lalu dilanjutkan dengan pembangunan bagian dindingnya di tahun 1398. 

Istana ini adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan oleh ARMY. Di bulan September 2020, BTS sempat melakukan pengambilan gambar di depan aula Geunjeongjeon di Gyeongbokgung. Mereka tampil mengenakan pakaian tradisional hanbok untuk acara televisi Amerika Serikat, The Tonight Show Starring Jimmy Fallon.

Tidak hanya itu, mereka juga menampilkan lagu "Mikrokosmos" di depan Paviliun Gyeonghoeru. Penampilan mereka semakin spektakuler berkat penggunaan ratusan drone yang membuat paviliun itu tampak mengapung di atas kolam di sekitarnya.

Pada Mei 2015, BTS juga tampil di depan Gerbang Heungnyemun untuk acara musik di stasiun televisi KBS. 

4. Korea House

Korea House di Distrik Jung, Seoul, adalah tempat untuk mempromosikan berbagai jenis tradisi Korea, mulai dari makanan tradisional dan seni pertunjukan hingga upacara pernikahan tradisional.

Korea House juga pernah dijadikan sebagai lokasi pemotretan sampul majalah Billboard edisi BTS. 

https://travel.kompas.com/read/2021/05/28/070800427/4-tempat-tradisional-di-korea-ini-pernah-jadi-lokasi-syuting-bts-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke