Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tempat Wisata Alam Sekitar Tumpeng Menoreh, Ada Borobudur Highland

KOMPAS.com - Dibangun di kawasan perbukitan Menoreh, restoran Tumpeng Menoreh terlihat unik dengan bentuknya yang heksagonal dan hampir menyempit seperti tumpeng. 

Tidak hanya itu, restoran 24 jam yang terletak di Desa Ngargoretno, Kabupaten Kulo Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini memukau pengunjung dengan panorama alamnya yang indah.

Mereka dapat menikmati pemandangan gunung dan barisan bukit dari ketinggian 950 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Tidak hanya itu, banyak di antara mereka yang datang untuk menanti momen terbitnya matahari alias sunrise. Pemandangan tersebut menjadi salah satu keistimewaan tempat ini.

Sembari berlibur di sana, jangan lupa berkunjung ke tiga tempat wisata alam di dekatnya yang tidak kalah memesona.

Berikut daftar tiga tempat wisata alam di sekitar Tumpeng Menoreh yang telah Kompas.com rangkum, Jumat (28/5/2021):

Borobudur Highland dapat dikunjungi di Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. Obyek wisata ini berada di tengah hutan pinus. 

Saat berkunjung ke sana kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik yang ada. Seperti berkemah di glamping (glamour camping), trekking, bersepeda, hingga off-road dengan menggunakan mobil jeep.

Tidak hanya itu, obyek wisata ini juga memiliki spot-spot foto dengan desain yang apik dan Instagrammable. Bagi kamu yang suka berswafoto ria bisa sepuasnya mengambil foto di lokasi tersebut. 

Salah satu tempat wisata menarik di Kulon Progo yaitu Kebun Teh Nglinggo. Kebun teh ini berlokasi di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Sama seperti namanya, destinasi wisata ini menawarkan pemandangan perkebunan teh rakyat dengan udara yang bersih dan sangat sejuk. 

Tidak hanya sedap dipandang, Kebun Teh Nglinggo juga bisa diandalkan sebagai lokasi agrowisata kebun teh.

Sambil menikmati hamparan kebun teh yang hijau, pengunjung juga bisa merasakan langsung seduhan teh yang telah disangrai khas petani Samigaluh yang disajikan di warung makan atau tempat istirahat di sekitar area.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengikuti aktivitas lain, di antaranya berkeliling kebun teh dengan mengendarai mobil off-road, menikmati matahari terbit dari Bukit Ngisis, dan melihat kemegahan Candi Borobudur dengan teropong bintang di Bukit Jaran.

Bukit Ngisis berada di Desa Nglinggo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta.

Tempat wisata ini menawarkan suasana alam di tengah desa dan perkebunan serta budaya warga setempat. Dinamakan Bukit Ngisis, karena bukit ini benar-benar memiliki udara yang sejuk.

Bukit yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini disukai oleh para wisatawan terutama sebagai tempat untuk menunggu momen sunrise dan sunset.

Selain itu, terdapat gardu pandang yang menjadi tempat bagi pengunjung untuk melihat pemandangan dan lokasi lainnya untuk mereka berfoto-foto.

Pemandangan yang dapat terlihat dari atas Bukit Ngisis tidak tanggung-tanggung. Pengunjung bisa melihat langsung keindahan beberapa gunung, seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/28/203900427/3-tempat-wisata-alam-sekitar-tumpeng-menoreh-ada-borobudur-highland

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke