Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Paket Wisata di Eduwisata Lebah Madu Bojongmurni Bogor

BOGOR, KOMPAS.com – Desa Bojongmurni di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, tepatnya di kaki Gunung Pangrango, ternyata menawarkan kegiatan wisata yang asyik, yakni ternak dan panen lebah madu.

Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Sadar Tani Muda Desa Bojongmurni Iyan Supriyadi mengatakan, awalnya pihaknya memulai kegiatan ternak lebah madu karena khawatir akan lingkungan.

“Motivasi kita untuk berkegiatan di budi daya lebah madu adalah (karena) rasa kekhawatiran dan kepedulian kita terhadap lingkungan,” ungkapnya di area budi daya lebah hutan, Bogor, Minggu (23/5/2021).

Kendati demikian, kegiatan tersebut ternyata memberi dampak ekonomi yang dapat dirasakan langsung masyarakat setempat.

Sebab, madu yang dihasilkan oleh para lebah di sana dijual KTH Sadar Tani Muda Desa Bojongmurni dengan harga yang beragam.

Harga paket wisata di Eduwisata Lebah Madu Bojongmurni Bogor

Selain pejualan madu hasil dari budi daya lebah, pihak KTH Sadar Tani Muda Desa Bojongmurni juga menjual beberapa paket wisata menarik di Eduwisata Lebah Madu, yakni sebagai berikut, Sabtu (29/5/2021):

  • Paket A

Paket A berada pada kisaran Rp 500.000 per pak untuk minimal lima orang. Iyan menuturkan, paket tersebut mencakup makanan, pemandu wisata, dan madu yang dapat dibawa pulang.

“Sekaligus bisa ikut panen. Trekking dari Sekretariat RT 11/RW 03 di Desa Bojongmurni ke sini (area budi daya lebah), kita ulas kegiatan kita, pengenalan kita, pengenalan lebah, ulasan seklias soal area di sini,” jelasnya.

Lebih lanjut, wisatawan akan diberi informasi seputar kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat setempat, seperti apa kawasan hutan yang ada di sana, serta beragam jenis flora dan fauna yang ada.

Kemudian, kegiatan yang termasuk dalam Paket A adalah penanaman pohon minimal satu pohon dari satu orang.

“Nanti pengunjungnya yang harus menanam sendiri, kita sediain lubang tanam. Per lima orang kita keluarin lima bibit pohon (untuk yang tidak punya bibit pohon),” ujar Iyan.

  • Paket B

Paket wisata selanjutnya di Desa Bojongmurni adalah Paket B seharga kisaran Rp 300.000 per pak untuk minimal lima orang.

Dalam paket ini, wisatawan hanya akan diberikan informasi seputar lebah madu, alam yang ada di sana, dan informasi lainnya sama seperti Paket A. Mereka juga akan diajak trekking ke titik pemberhentian kegiatan tersebut.

“Jalur (trekking) tetap sama. Nanti kita ngopi-ngopi di sini (titik pemberhentian trekking), nyantai. Ada jamuan-jamuan ringan,” kata Iyan.

Sama seperti Paket A, wisatawan juga wajib menanam pohon minimal satu pohon dari satu orang dengan lubang tanam yang telah disediakan.

  • Paket C

Paket C dibanderol seharga Rp 250.000 per pak untuk minimal lima orang. Wisatawan akan diajak trekking tanpa jamuan makanan, kegiatan penanaman pohon, dan pemberian informasi yang sama dengan Paket A dan B.

Selain paket yang tersedia, bagaimana jika ada wisatawan yang tidak kuat untuk melewati jalur trekking, tetapi ingin menikmati hasil panen lebah madu?

Beli madu tanpa trekking

Iyan mengatakan, kegiatan budi daya lebah hutan di kawasannya memberi dampak ekonomi yang dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat setempat.

Sebab, madu yang dihasilkan para lebah di sana dijual oleh KTH Sadar Tani Muda Desa Bojongmurni dengan harga yang beragam.

Madunya pun beragam, ada yang dalam bentuk kemasan dan ada yang masih dalam bentuk potongan sarang lebah.

“Kemasan biasanya saya jual 250ml dengan harga Rp 130.000. Untuk kemasan yang sarang, saya jual 500 gram dengan harga Rp 170.000-Rp 180.000 per cup,” tutur Iyan.

Sambil membeli madu, wisatawan juga bisa bertanya kepada orang-orang dalam kantor sekretariat seputar madu sambil melihat area ternak lebah jenis trigona di dekat sana tanpa harus trekking.

Lokasi Eduwisata Lebah Madu Bogor

Jika tertarik untuk menikmati alam, trekking di tengah hutan menuju lembah kaki Gunung Pangrango, dan merasakan lezatnya madu asli lebah hutan, Eduwisata Lebah Madu Bogor berlokasi di Desa Bojongmurni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Lokasinya dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, atau kereta api dengan tujuan akhir di Stasiun Bogor sebelum naik angkot atau ojek ke Sekretariat RT 11/RW 03 di Desa Bojongmurni.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek akun Instagram @kth_sadartanimuda atau mengontak WhatsApp Iyan +62815-1032-2624.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/29/190700727/harga-paket-wisata-di-eduwisata-lebah-madu-bojongmurni-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke