Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Kegiatan Seru di Bojongmurni Bogor, Bisa Panen Lebah Madu

BOGOR, KOMPAS.com - Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Sadar Tani Muda Desa Bojongmurni, Iyan Supriyadi, mengatakan bahwa lebah merupakan salah satu indikator penting dalam keseimbangan alam.

Oleh karena itu, KTH Sadar Tani Muda Desa Bojongmurni melakukan budi daya lebah madu di kaki Gunung Pangrango untuk menjaga ekosistem lingkungan yang ada di sana lewat Eduwisata Lebah Madu Bogor.

“Untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, sejatinya kita tidak perlu merusak alam. Justru sebaliknya. Dengan menjaga dan melestarikan alam, kita kembali dijaga oleh alam,” ungkapnya di area budi daya lebah hutan, Bogor, Minggu (23/5/2021).

Selain bisa melihat kegiatan ternak lebah madu, Iyan menuturkan bahwa wisatawan yang datang ke Desa Bojongmurni di Kabupaten Bogor dapat memanen madu sendiri.

Kegiatan seru di Bojongmurni, Bogor

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum sembilan kegiatan seru di Eduwisata Lebah Madu, Sabtu (29/5/2021):

1. Lihat pemandangan alam

Desa Bojongmurni masih memiliki lingkungan yang asri dan terjaga, baik itu perkebunan di antara perumahan warga maupun hutan, lembah Gunung Pangrango, dan persawahan.

Selama berjalan-jalan di desa tersebut, wisatawan akan dibua terpana oleh pemandangan alam. Udaranya pun masih segar lantaran bebas polusi udara dan kawasan berada pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut (mdpl).

2. Trekking di hutan lembah Gunung Pangrango

Iyan mengatakan bahwa beberapa kawasan di hutan Desa Bojongmurni dapat dijelajahi oleh mereka yang sering atau belum pernah trekking.

Adapun, jarak dari perumahan warga menuju area budi daya lebah madu adalah sekitar 1,3 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 40 menit bagi yang belum berpengalaman.

Wisatawan akan melintasi pepohonan rindang, semak belukar yang cukup tinggi di kanan dan kiri jalur trekking, serta aliran sungai kecil dengan air yang jernih pada sisi kanan jalur untuk perjalanan menuju area budi daya.

Sementara itu, pemandangan yang tersaji di bagian kiri jalur trekking adalah perbukitan hijau yang menjulang tinggi, aliran sungai indah, persawahan, serta jurang yang mengarah langsung ke area lembah.


3. Tambah edukasi seputar lebah

Iyan menuturkan, wisatawan yang berkunjung tidak hanya akan diajak trekking oleh KTH Sadar Tani Muda Desa Bojongmurni.

“Bisa ikut agenda kita. Ngobrol-ngobrol sedikit, pengenalan tentang lokasi. Pengenalan apa saja flora dan fauna yang ada. Nanti untuk materi yang lebih detail, yang lebih spesifik, (akan diajak) ke (tempat) budi daya di lokasi,” jelasnya.

4. Lihat peternakan lebah

Setelah mendapat informasi seputar kegiatan budi daya lebah, wisatawan bisa melihat secara langsung seperti apa bentuk peternakan lebah.

Salah satu yang dapat dilihat saat berada di dekat Sekretariat RT 11/RW 03 di Desa Bojongmurni adalah area ternak lebah jenis trigona.

Jika ingin memacu adrenalin, mengetahui lebih lanjut, serta menikmati lebih banyak pemandangan alam, kamu bisa minta trekking ke area budi daya di lembah kaki Gunung Pangrango.

Di sana, terdapat 120 kotak dengan 25 kotak sarang lebah yang sudah mulai produktif dan menghasilkan madu asli yang lezat.

5. Ikut panen lebah

Jika merasa bahwa melihat peternakan lebah saja terasa kurang, pengunjung dapat ikut memanen madu.

Mereka bisa ikut, mulai dari proses membuka kotak sarang lebah, hingga mengambil beberapa frame sarang lebah untuk dipanen madunya.

Namun saat ikut kegiatan panen lebah, wisatawan perlu hati-hati, meski tidak perlu panik saat puluhan atau ratusan lebah keluar dari kotak tersebut.


6. Cicipi madu langsung dari sarang lebah

Setelah memanen lebah, wisatawan dapat mencicipi madu asli dan murni yang lezat langsung dari sarang yang telah dipotong.

7. Duduk santai di persawahan

Apabila merasa lelah karena trekking lewat jalur yang cukup menantang, kamu dapat istirahat sejenak di tengah perjalanan.

Sambil duduk di pinggir jalur trekking di tengah hutan, kamu bisa merasakan segarnya angin yang ada dan pemandangan lembah yang indah.

Namun jika masih kuat untuk melanjutkan perjalanan hingga ke titik yang telah ditentukan, kamu dapat beristirahat di bawah pepohonan rindang sambil menatap persawahan hijau atau duduk di saung dekat persawahan.

8. Main di sungai

Titik berhenti kegiatan trekking milik KTH Sadar Tani Muda Desa Bojongmurni tidak jauh dari aliran sungai dekat sawah.

Kamu hanya perlu menuruni jalur di antara persawahan hingga mencapai tepi sungai. Terdapat dua tepi yang bisa dikunjungi, tepian yang berada tepat di sebrang titik pemberhentian trekking dan tepian pada serong kiri saung dekat persawahan.

Dua tepian sungai tersebut dapat dikunjungi oleh wisatawan. Namun, anak-anak disarankan untuk bermain di tepi sebrang titik pemberhentian trekking karena lebih aman.


9. Beli oleh-oleh madu

Iyan mengatakan, kegiatan budi daya lebah hutan di kawasannya memberi dampak ekonomi yang dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat setempat.

Sebab, madu yang dihasilkan oleh para lebah di sana dijual oleh KTH Sadar Tani Muda Desa Bojongmurni dengan harga yang beragam.

Madunya pun beragam, ada yang dalam bentuk kemasan dan ada yang masih dalam bentuk potongan sarang lebah.

“Kemasan biasanya saya jual 250ml dengan harga Rp 130.000. Untuk kemasan yang sarang, saya jual 500 gram dengan harga Rp 170.000-Rp 180.000 per cup,” tutur Iyan.

Jika tertarik untuk menikmati alam, trekking di tengah hutan menuju lembah kaki Gunung Pangrango, dan merasakan lezatnya madu asli lebah hutan, Eduwisata Lebah Madu Bogor berlokasi di Desa Bojongmurni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Lokasinya dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, atau kereta api dengan tujuan akhir di Stasiun Bogor sebelum naik angkot atau ojek ke Sekretariat RT 11/RW 03 di Desa Bojongmurni.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek akun Instagram @kth_sadartanimuda atau mengontak WhatsApp Iyan +62815-1032-2624.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/29/200800727/9-kegiatan-seru-di-bojongmurni-bogor-bisa-panen-lebah-madu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke