Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Sebelum Naik Pesawat

KOMPAS.com – Seseorang tentu harus mengikuti aturan yang cukup ketat saat naik pesawat, mulai dari pemeriksaan bagasi, boarding, hingga kewajiban memakai sabuk pengaman saat diminta.

Semua itu harus dilakukan untuk alasan keamanan selama penerbangan sampai mendarat di tujuan. Penumpang pun tidak bisa terlalu bebas saat di dalam kabin.

Oleh karena itu, penumpang sebaiknya menyiapkan diri untuk lebih banyak duduk di kursi selama penerbangan. Salah satunya adalah dengan meminimalkan hal-hal yang membuat penumpang beranjak dari kursi, seperti kebutuhan ke toilet.

Cara yang bisa dilakukan penumpang adalah dengan menghindari makanan atau minuman tertentu sebelum terbang. Dengan demikian, penumpang tidak harus ke toilet saat terbang, terlebih ketika kondisi mewajibkan mereka untuk tetap duduk dan memakai sabuk pengaman.

Berikut ini adalah 9 makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari sebelum terbang, dilansir dari Indiatimes:

1. Gorengan

Menyantap gorengan sebelum terbang tentunya nikmat. Namun, ternyata makan gorengan sebaiknya dihindari sebelum terbang.

Itu karena makanan yang digoreng bisa menyebabkan mulas. Gorengan juga cenderung mengandung minyak dan garam, sehingga menyebabkan retensi cairan dan menimbulkan kembung di perut.

2. Kopi

Menyeruput secangkir kopi dengan tujuan agar tidak mengantuk selama penerbangan, ternyata tidak dianjurkan.

Kondisi kabin pesawat sudah sangat kering. Jika ditambah dengan kopi yang menyebabkan dehidrasi, hal itu bisa menyebabkan sakit kepala atau mual.


3. Kacang polong

Menyantap camilan kacang polong memang pas dilakukan sembari menunggu jadwal penerbangan. Namun, aktivitas ini lebih baik dihindari.

Itu karena kacang polong menyebabkan gas berlebih di dalam perut. Tentu hal ini sangat tidak nyaman bagi diri sendiri. Jika sampai kentut, maka penumpang lain pun juga tidak akan nyaman.

4. Apel

Buah apel memang tampak seperti makanan yang sehat untuk disantap sebelum penerbangan. Namun, lebih baik dihindari saja.

Memang apel kaya serat. Namun serat itu membuat apel sulit dicerna perut, sehingga menyebabkan perut kembung dalam waktu lama.


5. Daging merah

Daging merah biasanya ada dalam makanan seperti burger daging kambing. Sebelum terbang, lebih baik berpikir ulang untuk menyantap makanan ini.

Itu karena banyak orang sulit mencerna daging merah, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan selama penerbangan.

6. Sayuran (brokoli, kubis, dan kembang kol)

Sayuran memang makanan yang menyehatkan. Namun, sebaiknya tahan dulu untuk tidak menyantapnya sebelum terbang.

Itu karena sayuran, seperti brokoli, kubis, dan kembang kol dapat menyebabkan gas dalam perut, sehingga membuat kembung.

7. Minuman bersoda

Salah satu minuman yang lazim ditemukan di bandara sebelum terbang adalah minuman bersoda. Lebih baik, hindari minuman ini sebelum atau selama penerbangan.

Itu karena minuman berkarbonasi, seperti soda dapat menyebabkan gas dan mulas. Minuman terbaik adalah air putih.


8. Makanan pedas

Bagi mereka yang merasa mulas setelah menyantap makanan pedas, makan hindari sajian seperti ini sebelum penerbangan.

Jika perut tiba-tiba mulas saat penumpang wajib duduk di kursi dan memakai sabuk pengaman, maka tentu saja rasanya sangat tidak nyaman sekali.

9. Permen karet

Mengunyah permen karet memang membuat telinga tidak sakit selama penerbangan. Namun saat mengunyah permen karet, udara akan masuk dalam perut dan menyebabkan kembung.

Permen karet juga mengandung gula dan pemanis buatan. Kandungan ini membuat perut kembung.

https://travel.kompas.com/read/2021/05/30/111100627/9-makanan-dan-minuman-yang-sebaiknya-dihindari-sebelum-naik-pesawat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke