Salin Artikel

8 Kegiatan Seru di Curug Balong Endah Bogor, Bisa Freediving

BOGOR, KOMPAS.com – Saat berbicara tentang curug, mungkin orang-orang hanya mengira bahwa kegiatan yang dapat dilakukan hanya sekadar bermain air atau berfoto-foto di bawah derasnya aliran air.

Namun, jika berkunjung ke Curug Balong Endah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terdapat beragam kegiatan wisata yang dapat dilakukan yakni sebagai berikut, Rabu (2/6/2021):

1. Trekking

Jika ingin coba trekking namun belum sempat menemukan lokasi yang pas, kamu bisa berkunjung ke Curug Balong Endah untuk melakukannya.

Sambil berwisata air, kamu juga bisa trekking dari Curug Kondang menuju ke titik Curug Balong Endah. Sebab, tempat wisata ini letaknya di antara Curug Kondang dan Curug Pangeran.

Kompas.com merekomendasikanmu untuk masuk via Curug Kondang karena belum pernah mencoba jalur via Curug Pangeran.

Pengunjung akan dibawa menyusuri deretan anak tangga berbatu selama lebih kurang 10-20 menit, tergantung seberapa cepat dan seberapa lelah wisatawan.

Meski jalurnya tidak terlalu “menantang”, namun menaiki anak tangga di tengah rimbunnya pepohonan mungkin akan membuatmu merasa seperti benar-benar sedang berada di jalur yang dikhususkan untuk trekking.

2. Berenang

Setelah lelah menaiki anak tangga tersebut, kamu bisa langsung menyegarkan diri di tiga kolam berundak yang ada.

Berdasarkan pantauan penulis saat berkunjung ke sana pada Selasa (25/5/2021), kolam pertama—belok kanan dan berjalan lurus mentok dari anak tangga dekat pos pembelian tiket—lebih ramai dibandingkan dua kolam lainnya.

Jika ingin berenang di tempat yang cukup sepi, kamu bisa melakukannya di kolam kedua, tepat di depat tangga, atau kolam ketiga dengan belok ke arah kiri dari tangga tersebut.

3. Foto-foto dengan alam

Curug Balong Endah menawarkan suasana yang masih alami. Bahkan, dekat pos pembelian tiket, terdapat beberapa kotak sarang lebah madu.

Selain airnya yang masih jernih hingga dasar airnya terlihat, lokasinya masih diselimuti udara sejuk khas tempat wisata di pegunungan.

Selama berada di sana, wisatawan bisa berfoto dengan alam di setiap sudut kawasan wisata. Baik itu dengan pemandangan dua “air terjun mini”, hingga dengan pepohonan yang menjulang tinggi menutupi sinar matahari.

4. Lihat pemandangan Curug Kondang

Pintu masuk Curug Balong Endah letaknya dekat dengan deretan gazebo di Curug Kondang. Dari sana, anak tangga yang menjuntai tinggi akan langsung menyambutmu.

Sepanjang perjalanan menuju tempat wisata yang letaknya di antara Curug Kondang dan Curug Pangeran tersebut, wisatawan akan disuguhi pemandangan Curug Kondang yang indah.

5. Freediving di kolam sepi

Freediving merupakan kegiatan menyelam tanpa bantuan alat. Artinya, seseorang harus mampu menahan napas cukup lama guna menikmati indahnya dunia bawah air.

Adapun, alat bantu yang dimaksud adalah snorkel yang biasa dipakai saat snorkeling. Sementara alat lain seperti freediving mask dan fin tetap digunakan.

Dalam melakukan freediving, lokasi yang sepi sangat dibutuhkan guna menghindari orang lain tidak sengaja menginjak kepala atau tubuh orang-orang yang freediving.

Di Curug Balong Endah, lokasi yang cukup sepi untuk memungkinkan kegiatan tersebut adalah kolam ketiga. Di sana juga terdapat sebuah goa kecil yang dapat dijelajahi.

6. Kemah asyik

Saat berada di tempat wisata tersebut, pengunjung yang masih belum bosan dengan suasana alam yang ditawarkan dapat bermalam di sana dengan berkemah.

Jika memiliki peralatan kemah, biaya sewa lahannya adalah Rp 15.000. Jika ingin menyewa tenda, harganya mulai dari Rp 80.000 per malam tergantung kapasitas dan jenis tenda yang digunakan.

7. Main ke Curug Kondang atau Curug Pangeran

Curug Balong Endah letaknya berada di antara Curug Kondang dan Curug Pangeran. Dengan begitu, kamu bisa pilih apakah juga ingin bermain di salah satu atau dua curug tersebut atau hanya di Curug Balong Endah saja.

Jika ingin ke Curug Kondang juga, kamu bisa masuk ke Curug Balong Endah lewat sana. Jika ingin tambah Curug Pangeran, dari pos pembelian tiket Curug Balong Endah kamu bisa lanjutkan perjalanan ke arah kanan melintasi sebuah jembatan.

Apabila ingin menghemat waktu dan ingin langsung ke Curug Pangeran, kamu bisa masuk dari sana sebelum melanjutkan perjalanan ke Curug Balong Endah.

8. Berenang atau freediving di Curug Kondang

Sama seperti Curug Balong Endah, Curug Kondang juga menawarkan beberapa titik kolam yang sepi dan cocok untuk dijadikan lokasi freediving. Namun jika lebih senang dengan kegiatan berenang saja, kamu tetap bisa melakukannya.

Harga tiket masuk Curug Balong Endah

Curug Balong Endah berlokasi di kawasan wisata Gunung Salak Endah, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang. Jika dari Curug Kondang, kamu harus membayar Rp 10.000 untuk masuk ke tempat wisata tersebut. Biaya parkir motor adalah Rp 5.000 per kendaraan.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/02/190800027/8-kegiatan-seru-di-curug-balong-endah-bogor-bisa-freediving

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.