Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Liburan di JP Water Track Bogor, Bawa Baju Ganti

BOGOR, KOMPAS.com – Wisata sungai tidak hanya identik dengan aktivitas river tubing, namun juga kegiatan lain seperti foto-foto di spot Instagrammable.

Setidaknya hal tersebut dapat dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke JP Water Track di Kabupaten Bogor.

“Baru ada setahun. Ini inisiatif dari karang taruna. Dulu (aliran sungai) sebagai tempat pembuangan sampah, tapi sekarang dibersihin,” kata Koordinator Lapangan JP Water Track, Mardo, saat ditemui di Bogor, Selasa (25/5/2021).

Di sana, terdapat beberapa kegiatan wisata yang dapat dilakukan seperti menyusuri sungai lewat bebatuan atau tepiannya, piknik di tepi sungai yang berumput, atau santai sejenak di tempat duduk bawah pohon.

Ada juga kegiatan selfie di spot bebatuan warna-warni atau kincir angin warna-warni, berenang atau bermain air, memancing, atau bermain river tubing.

Sebelum berkunjung, ada baiknya ikuti beberapa tips liburan di JP Water Track agar kegiatan wisata tetap aman yakni sebagai berikut, Kamis (3/6/2021):

1. Bawa baju ganti

Saat berwisata di sungai, pakaian menjadi basah merupakan sesuatu yang cukup sulit untuk dihindari. Entah karena terciprat, dipakai untuk berenang, atau karena bermain air.

Sebagai antisipasi, serta menghindari masuk angin karena memakai pakaian yang basah terlalu lama, jangan lupa bawa baju ganti.

2. Jangan buang sampah sembarangan

Aliran sungai tempat JP Water Track berada merupakan aliran yang sudah bersih, meski dahulu merupakan tempat pembuangan sampah.

Agar alamnya tetap terjaga, serta kunjungan wisata lebih nyaman, ada baiknya sampah dibuang pada tempatnya.

3. Bawa bekal atau wadah untuk makanan

Tempat wisata tersebut memiliki warung yang menjual berbagai makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Jika membeli di sana, atau membawa bekal dari rumah, bawalah menggunakan wadah makanan dan bukan bungkus plastik untuk mengurangi pemakaian plastik.

4. Bawa tikar untuk piknik

Tepian sungai yang berumput, kata Mardo, dapat dimanfaatkan oleh wisatawan yang ingin piknik di pinggir sungai.

Agar suasana lebih terasa seperti “piknik banget”, kamu bisa bawa tikar supaya bisa lesehan atau tiduran santai di sana.

5. Minimal pakai sandal jepit

Jika tidak ingin terpeleset, atau mengurangi beban jika terkena air, ada baiknya wisatawan berkunjung menggunakan sandal jepit dan bukan sepatu.

Apabila tetap ingin memakai sepatu atau sepatu sandal, pastikan solnya mampu menahan tubuh agar tidak terjatuh saat berjalan-jalan di atas bebatuan sungai.

Harga tiket masuk JP Water Track Bogor

JP Water Track terletak di Jalan Raya Tenjolaya-Gunung Bunder, Desa Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Tempat wisata ini berbatasan dengan Kecamatan Tenjolaya.

Jika berangkat dari arah Kecamatan Pamijahan, tempat wisata berada pada sisi kanan jalur dekat sebuah gapura bertuliskan “Selamat Jalan”.

Harga tiket masuk JP Water Track adalah Rp 10.000 per orang. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 08:00-17:00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/03/190600027/5-tips-liburan-di-jp-water-track-bogor-bawa-baju-ganti

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke