Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Terasering Sitegong, Sukomakmur, Magelang yang Indah Berlatar Gunung Sumbing

KOMPAS.com – Rasanya, Kabupaten Magelang tidak pernah berhenti menawarkan beragam pilihan tempat wisata alam yang mumpuni.

Mulai dari Nepal van Java Dusun Butuh, Mangli Sky View, hingga Silancur Highland, kini kabupaten tersebut memiliki tempat wisata yang baru lagi.

Adapun, tempat tersebut adalah Wisata Terasering Sitegong, atau Wisata Terasering View Sumbing. Lokasinya berada di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran.

Tempat wisata yang disebut sebagai “Majalengkanya Magelang” ini menawarkan pemandangan sawah terasering yang tersusun sangat rapi.

Hamparan sawah hijau menghiasi kaki Gunung Sumbing dan membuatnya terlihat makin gagah dan megah. Saat berkunjung ke tempat wisata Magelang ini, pengunjung tidak akan merasa bosan.

Untuk menuju ke sini, wisatawan hanya perlu melanjutkan perjalanan sekitar 7 kilometer (km) dari Pasar Kaliangkrik.

Dari sana, ambil arah ke Wonosobo lalu arah Desa Nampan Sukomakmur. Di Google Maps, kamu bisa mencarinya dengan kata kunci “Nampan Sukomakmur Kajoran Magelang”.

Pesona alam Sukomakmur Magelang

Sama seperti tempat wisata alam pada umumnya di Kabupaten Magelang, tempat wisata yang juga dikenal dengan Sukomakmur View Gunung Sumbing ini masih sangat asri.

Terletak pada kaki Gunung Sumbing, bukanlah sesuatu yang mengherankan jika udaranya sangat sejuk dan lingkungannya masih terjaga.

Polusi pun nampaknya enggan untuk berkunjung ke sana lantaran tidak ingin merusak indahnya alam dan ekosistem yang ada.

Selama berada di sana, wisatawan akan disuguhi hamparan sawah terasering yang indah. Baik dari jalur-jalur kecil di antara persawahan maupun spot untuk melihat pemandangan, pesonanya tetap saja memukau untuk dilihat.

Jika ingin menikmati pemandangan yang apik, serta langit yang cerah, wisatawan dianjurkan untuk tiba di Wisata Terasering View Sumbing sebelum pukul 10.00 WIB.

Banyak spot foto keren di Sukomakmur

Tempat wisata ini memiliki beragam pilihan spot foto yang apik. Salah satunya adalah gardu pandang tingkat dua yang menawarkan pemandangan alam yang menarik.

Sementara spot foto lain yang tidak kalah menarik adalah spot untuk melihat pemandangan yang menjulur ke arah persawahan.

Ingin foto-foto sambil duduk santai dengan pose pura-pura sedang melihat pemandangan? Kamu juga bisa melakukannya dengan memanfaatkan spot tempat duduk beratap tumpukan kayu.

Ada juga spot foto lain dengan pemandangan Gunung Sumbing yang memiliki papan petunjuk bertuliskan “Taman Wisata”, “Puncak Batu Susu”, dan “Majalengkanya Magelang”, serta papan penanda arah menuju Puncak Batu Susu.

Apabila ingin foto-foto dengan spot yang lebih alami, hampir di setiap sudut jalur-jalur kecil antar persawahan di Wisata Terasering Dusun Nampan dapat dimanfaatkan oleh wisatawan.

Jika ingin berkunjung, harga tiket masuk Wisata Terasering Sitegong adalah Rp 5.000 per orang. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 06.00-17.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/05/113100627/wisata-terasering-sitegong-sukomakmur-magelang-yang-indah-berlatar-gunung

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke