Salin Artikel

6 Tips Jelajahi Aliran Sungai Babakan Madang Bogor, Bawa Sandal Gunung

BOGOR, KOMPAS.com – Kecamatan Babakan Madang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memiliki berbagai pilihan tempat wisata alam yang sayang untuk dilewatkan.

Namun, jika ingin menjelajahi alam yang masih asri tanpa dipungut biaya masuk, kamu bisa coba mengunjungi dua titik aliran sungai yang Kompas.com kunjungi pada Rabu (26/5/2021).

Adapun, masing-masing titik terletak dekat dengan tempat wisata Goa Garunggang dan Leuwi Kunten. Jarak dari Exit Tol Sentul City atau area sekitar Pasar Ah Poong dan Taman Budaya Sentul adalah sekitar 10-13 kilometer.

Pada masing-masing titik yang penulis kunjungi terdapat pemandangan yang indah. Salah satunya adalah sebuah air terjun kecil yang merupakan undakan batuan andesit yang dialiri oleh sebuah sungai kecil di atas aliran sungai utama.

Jika ingin berkunjung, berikut tips menjelajahi aliran sungai di Babakan Madang yang Kompas.com rangkum, Jumat (4/6/2021):

1. Minimal pakai sandal gunung

Saat turun ke tepian sungai, kamu akan melewati jalur tanah yang cukup becek. Supaya tidak terpeleset saat melewatinya, serta saat menyeberangi sungai dengan menjajakan kaki di atas batu endapan berlumut, lebih baik gunakan sandal gunung.

2. Hati-hati sebelum mencemplungkan kaki ke dalam air

Aliran sungai pada dua titik yang penulis tidak terlalu tinggi, dan berada pada kisaran lima sentimeter (cm) saja. Namun, ini tergantung pada dasar sungai yang diinjak.

Supaya lebih aman, pergilah ke area yang bebatuan atau dasar sungainya masih terlihat jelas dari permukaan.

Alternatif lainnya adalah celupkan satu kaki terlebih dahulu dengan posisi tangan masih diletakkan pada batu besar untuk menopang tubuh agar tidak terperosot ke air.

3. Jaga keseimbangan saat lewat persawahan

Jalur yang akan dilintasi saat menuju titik aliran sungai dekat Leuwi Kunten adalah sebuah jalur setapak di tepian aliran air yang kerap digunakan warga, serta di tengah-tengah hamparan sawah hijau.

Apabila tidak ingin terjatuh ke aliran air, atau merusak sawah milik warga, jagalah keseimbangan saat melintasi jalur tersebut.

4. Gunakan pakaian quick dry

Jika ingin main air namun malas untuk berganti pakaian, atau sulit menemukan semak belukar yang cukup besar untuk dijadikan spot ganti baju, gunakan pakaian berbahan quick dry (mudah kering).

Bahan tersebut akan lebih mudah kering dalam beberapa menit usai basah, jika diangin-anginkan, tanpa menunggu waktu yang lama.

Apabila belum punya, kamu bisa membeli baju atau celana berbahan quick dry di toko yang menjual peralatan berkemah. Harganya tergantung merek, namun biasanya mulai dari Rp 80.000.

5. Jangan buang sampah sembarangan

Dua titik aliran sungai yang penulis kunjungi masih sangat asri dan terbebas dari sampah. Saat berkunjung, tetap jaga lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan.

6. Pakai tabir surya

Meski Babakan Madang masih menawarkan udara yang sejuk, namun sinar matahari pada siang hari saat cuaca cerah tetaplah terik.

Untuk melindungi wajah dan tubuh dari paparan sinar matahari, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/05/171300027/6-tips-jelajahi-aliran-sungai-babakan-madang-bogor-bawa-sandal-gunung

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.