Salin Artikel

Mau Work From Bali? Ini Kisaran Budget yang Perlu Disiapkan

KOMPAS.com – Work From Bali (WFB) atau bekerja dari Bali merupakan program pemerintah Indonesia untuk membantu sektor pariwisata Pulau Dewata yang terdampak pandemi Covid-19.

Rencananya, menurut paparan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, program akan dimulai secara bertahap pada Juli 2021.

“Kebijakan ini terus kita persiapkan, rencananya di kuartal ketiga akan kita luncurkan secara bertahap,” tuturnya dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Senin (7/6/2021), mengutip Kompas.com, Selasa (8/6/2021).

Dalam pelaksanaan program WFB, Nusa Dua dipilih sebagai lokasinya karena memiliki sistem single management yang membuatnya lebih terkendali dan terawasi.

Tidak hanya itu, Direktur Operasional dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo menuturkan, alasan lainnya adalah seluruh sektor pariwisata di Nusa Dua sudah tersertifikasi CHSE.

“Prioritas kami adalah menjamin keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan pengunjung. Secara kawasan, hotel, seluruhnya telah tersertifikasi CHSE,” ungkap dia, melansir Kompas.com, Minggu (30/5/2021).

Apabila kamu berencana untuk pindah sementara ke Nusa Dua dan bekerja dari sana, berikut perhitungan budget yang perlu disiapkan.

Perlu dicatat bahwa perhitungan di bawah dengan asumsi bahwa seorang wisatawan bekerja dari Bali selama tujuh hari enam malam pada 12-18 Juli 2021.

Kisaran biaya untuk kerja dari Bali

  • Hotel

Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengungkapkan kepada Kompas.com, Selasa, sebanyak 16 hotel di sana tergabung dalam program tersebut.

“16 hotel di kawasan The Nusa Dua telah menyiapkan promo harga kamar dan paket meeting untuk mendukung program Work From Bali, setara dengan hampir 4.800 kamar,” tutur dia.

Adapun, hotel-hotel tersebut adalah Amarterra Villas Bali Nusa Dua – M Gallery Collection, The Westin Resort Nusa Dua Bali, Grand Hyatt Bali, dan Kayumanis Nusa Dua Private Villa & Spa.

Lalu Nusa Dua Beach Hotel & Spa, Mercure Bali Nusa Dua, Melia Bali, Grand Whiz Hotel Nusa Dua, Merusaka Nusa Dua, The Laguna a Luxury Collection Resort & Spa, dan Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort.

Kemudian Ayodya Resort Bali, Courtyard by Marriott Bali Nusa Dua Resort, Bali Nusa Dua Convention Center dan Bali Nusa Dua Hotel, Novotel Bali Nusa Dua Hotel, serta Renaissance Bali Nusa Dua Resort.

Dari seluruh hotel yang ada, Mercure Bali Nusa Dua menawarkan harga yang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 1,9 juta—tepatnya Rp 1.983.468—untuk menginap selama enam malam.

Artinya, jika dihitung biaya per malam, maka kamu hanya akan menghabiskan biaya sekitar Rp 330.578 saja.

  • Pesawat

Untuk tiket pesawat keberangkatan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, harga termurah ditawarkan oleh maskapai penerbangan AirAsia.

Pada tanggal keberangkatan 12 Juli, misalnya, jam keberangkatan pesawat QZ 7510 adalah pukul 05:10 WIB. Harga tiketnya Rp 575.895 termasuk pajak.

Sementara pada tanggal kepulangan yakni 18 Juli, jam keberangkatan pesawat QZ 7511 adalah pukul 08:30 WITA. Harga tiketnya Rp 590.895 termasuk pajak.

Jika ditotalkan, kamu hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 1.166.790 saja untuk tiket pesawa pergi-pulang (PP) dengan maskapai tersebut.

  • Makan dan minum

Jika menginap di Mercure Bali Nusa Dua, hotel tersebut memiliki tempat makan bernama Soka Restaurant. Menu yang tersedia cukup beragam mulai dari hidangan khas Indonesia hingga luar negeri.

Berdasarkan informasi dalam situs salah satu online travel agent, perkiraan kisaran harga yang akan dihabiskan oleh seseorang saat berkunjung adalah Rp 200.000-Rp 500.000.

Apabila ingin mengirit biaya, terdapat berbagai tempat makan dan minimarket yang bisa dimanfaatkan. Harga yang ditawarkan juga cukup murah dan budget-friendly.

Beberapa di antaranya adalah Warung Nasi Ayam Ibu Oki, Warung Kampungku, Bakso Mas Agus, atau RM Padang Samande.

Jika diperkirakan, untuk makan dan minum pada beberapa tempat tersebut, ada kemungkinan kamu tidak akan mengeluarkan biaya lebih dari Rp 65.000.

Untuk makan dan minum selama tujuh hari di Nusa Dua, dengan asumsi kamu memilih untuk makan di luar selama tiga kali per hari selama tujuh hari, totalnya adalah Rp 1.365.000.

Kendati demikian, nominal tersebut merupakan hitungan jika kamu makan berat di salah satu warung makan yang ada.

Jika hanya membeli makanan ringan di minimarket, dengan asumsi kamu membeli jajanan seperti snack, mi instan, atau makanan kaleng dengan total Rp 50.000 untuk disantap seharian, maka total yang akan dihabiskan adalah Rp 350.000.

  • Transportasi

Untuk transportasi selama di Nusa Dua, jika ingin jalan-jalan ke tempat wisata atau sekadar mencari makan, kendaraan roda dua seperti motor lebih disarankan supaya lebih mudah menavigasikan diri.

Dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, kamu bisa langsung menuju Ichi Bali Rent di Jalan Uluwatu, Perumahan Taman Penta I, Blok E nomor 35, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan. Jaraknya hanya 23 menit via Jalan Bypass Ngurah Rai.

Tempat tersebut buka setiap hari pukul 08:00-20:00 WITA. Harga sewa motornya adalah mulai dari Rp 50.000 per hari termasuk dua helm, jas hujan ponco, dan bensin Pertamax satu liter untuk penyewaan minimal dua hari.

Ada juga Nusa Dua Scooter Rental yang jaraknya hanya satu menit dari Mercure Bali Nusa Dua. Lokasinya di jalan pintas Siligita, Jalan Raya Nusa Selatan nomor 29, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan. Harga sewa motornya mulai dari Rp 80.000.

Lalu untuk transportasi, jika menyewa motor dengan harga Rp 50.000 per hari untuk minimal dua hari, artinya kamu akan menghabiskan biaya sebesar Rp 400.000 selama satu minggu.

Nominal tersebut belum termasuk biaya isi bensin. Di Bali, harga per liter untuk Pertalite adalah Rp 7.650 sementara Pertamax adalah Rp 9.000.

Untuk seliter bensin, jika motor tidak digunakan untuk bepergian yang terlalu jauh, kamu dapat menghematnya hingga tiga atau empat hari.

Dengan asumsi bahwa motor sudah diberi seliter bensin saat penyewaan, kamu hanya akan mengeluarkan Rp 7.650 atau Rp 9.000 saja untuk bensin selama tujuh hari di Nusa Dua.

  • Tempat wisata

Hotel ini letaknya dekat dengan Pantai Nusa Dua, Pantai Waterblow, Museum Pasifika Bali, Pantai Geger, dan Pantai Tanjung Benoa.

Biaya tiket masuk ke Pantai Nusa Dua adalah gratis. Sementara untuk Pantai Waterblow adalah Rp 15.000, Museum Pasifika Bali Rp 25.000, Pantai Geger Rp 3.000, dan Pantai Tanjung Benoa adalah gratis kecuali biaya parkir kendaraan dan permainan air.

Dalam satu hari, jika diasumsikan kamu berkunjung ke dua tempat wisata dan membeli makanan atau minuman di sana, biaya yang dikeluarkan tidak akan lebih dari Rp 100.000.

Namun, biaya tersebut belum termasuk fasilitas lain seperti permainan air jika kamu ingin memanfaatkannya saat berkunjung ke Pantai Tanjung Benoa.

Lebih lanjut, total biaya tersebut dengan asumsi bahwa dalam tujuh hari, kamu hanya meluangkan waktu satu hari untuk mengunjungi dua tempat wisata. Hitungan dapat berubah sesuai kebutuhan wisata masing-masing.

Total biaya yang harus dikeluarkan untuk Work From Bali

Dari rincian yang telah dijabarkan di atas, total biaya yang harus dikeluarkan untuk hotel selama tujuh hari enam malam adalah Rp 1.983.468.

Sementara untuk tiket pesawat PP, totalnya adalah Rp 1.166.790. Untuk hotel dan tiket pesawat, jumlah secara keseluruhannya adalah Rp 3.150.258.

Jika ditambah dengan biaya makan dan minum di luar hotel selama tiga kali sehari untuk tujuh hari yakni Rp 1.365.000, lalu transportasi Rp 409.000, tempat wisata beserta kegiatan jajan sekitar Rp 100.000, maka total biaya yang harus disiapkan untuk WFB adalah Rp 7.007.726.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/08/195620427/mau-work-from-bali-ini-kisaran-budget-yang-perlu-disiapkan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

10 Mal Terbesar di Dunia, Banyak yang dari Thailand dan China

10 Mal Terbesar di Dunia, Banyak yang dari Thailand dan China

Jalan Jalan
Kebun Raya Bogor Resmikan Wahana Baru Griya Anggrek

Kebun Raya Bogor Resmikan Wahana Baru Griya Anggrek

Travel Update
15 Wisata Bantul Yogyakarta dengan Pemandangan Alam Instagramable

15 Wisata Bantul Yogyakarta dengan Pemandangan Alam Instagramable

Jalan Jalan
Pemerintah Kota Yogyakarta Siapkan Jalur Skuter Listrik di Kotabaru

Pemerintah Kota Yogyakarta Siapkan Jalur Skuter Listrik di Kotabaru

Travel Update
Wisata ke Rowo Bayu Banyuwangi, Diduga Lokasi Asli KKN di Desa Penari

Wisata ke Rowo Bayu Banyuwangi, Diduga Lokasi Asli KKN di Desa Penari

Jalan Jalan
Rahasia Ruangan yang Terkunci di Taj Mahal, Benarkah Ada Kuil Hindu?

Rahasia Ruangan yang Terkunci di Taj Mahal, Benarkah Ada Kuil Hindu?

Jalan Jalan
8 Motif Batik Betawi dari Jakarta yang Bernilai Sejarah dan Budaya

8 Motif Batik Betawi dari Jakarta yang Bernilai Sejarah dan Budaya

Jalan Jalan
Festival Dugong di Alor NTT, Upaya Pemulihan Ekonomi lewat Pariwisata

Festival Dugong di Alor NTT, Upaya Pemulihan Ekonomi lewat Pariwisata

Travel Update
11 Tempat Wisata di Jepang buat Pecinta Anime dan Manga

11 Tempat Wisata di Jepang buat Pecinta Anime dan Manga

Jalan Jalan
Sederet Fasilitas Baru TMII Setelah Revitalisasi, Ada Trem Listrik

Sederet Fasilitas Baru TMII Setelah Revitalisasi, Ada Trem Listrik

Travel Update
Sandiaga Sebut Industri Seni Lokal Bisa Belajar dari K-Pop, Ini Alasannya

Sandiaga Sebut Industri Seni Lokal Bisa Belajar dari K-Pop, Ini Alasannya

Travel Update
Aturan Perjalanan Dilonggarkan, Harga Tiket Pesawat Diharapkan Ikut Turun

Aturan Perjalanan Dilonggarkan, Harga Tiket Pesawat Diharapkan Ikut Turun

Travel Update
Daftar Visa on Arrival Kunjungan Wisata Ditambah, Jadi 60 Negara

Daftar Visa on Arrival Kunjungan Wisata Ditambah, Jadi 60 Negara

Travel Update
Siapkan SDM Pariwisata, Labuan Bajo Akan Bangun Poltekpar

Siapkan SDM Pariwisata, Labuan Bajo Akan Bangun Poltekpar

Travel Update
Syarat Perjalanan Tak Perlu Tes Covid-19, Ini Kata Pelaku Industri Pariwisata

Syarat Perjalanan Tak Perlu Tes Covid-19, Ini Kata Pelaku Industri Pariwisata

Travel Update
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.