Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Phuket Sambut Wisatawan Asing 1 Juli 2021, Apa yang Harus Disiapkan?

KOMPAS.com - Pulau Phuket di Thailand akan menyambut wisatawan asing yang sudah divaksinasi Covid-19 mulai 1 Juli 2021.

Phuket merupakan destinasi pertama di Thailand yang akan menerapkan program Phuket Sandbox.

Hari Selasa (8/6/2021), Tourism Authority of Thailand (TAT) mengumumkan sejumlah informasi awal tentang program tersebut, termasuk apa yang harus disiapkan wisatawan asing sebelum dan selama berwisata di Phuket.

Melansir dari tatnews.org, berikut hal-hal yang wajib disiapkan wisatawan asing jika ingin berlibur di Phuket:

Wisatawan asing, termasuk anak-anak, sebaiknya merencanakan perjalanan mereka jauh-jauh hari. Sebab, ada sejumlah dokumen yang harus dibawa supaya diizinkan masuk ke Thailand.

Selain itu, lama wisata mereka bisa kurang dari 14 hari, namun mereka harus meninggalkan Phuket pada atau sebelum tanggal batas izin tinggal.

Wisatawan yang diperbolehkan untuk berkunjung adalah mereka yang tinggal di negara atau wilayah dengan risiko SAR-CoV-2 rendah atau sedang. Daftar negara-negara yang diperbolehkan akan diumumkan oleh Kementerian Kesehatan Thailand.

Adapun dokumen-dokumen yang harus disiapkan adalah:

Kedatangan

Berikut apa yang harus dilakukan oleh wisatawan sesampainya mereka di Phuket:

Di bawah ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan wisatawan selama mereka berada di Phuket:

Keberangkatan

Apabila wisatawan ingin pergi meninggalkan Phuket, dengan tujuan ke negara lain atau lokasi lain di Thailand, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

Kebijakan Anak

  • Anak-anak di bawah usia 6 tahun hanya boleh bepergian dengan orang tua atau wali masing-masing yang telah divaksinasi.
  • Apabila orang tua atau walinya kedapatan terpapar Covid-19, maka anak-anak akan ditempatkan di ruang isolasi selama 14 hari.

Visa dan sertifikat masuk

Asuransi

  • Para turis asing yang ingin berkunjung ke Thailand harus memiliki asuransi yang mampu menanggung biaya pengobatan terkait dengan Covid-19 maupun pengobatan lainnya.
  • Adapun, jumlah pertanggungan minimum adalah 100.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 1.426.765.000. Asuransi harus mencakup total durasi tinggal di Thailand.

Vaksin

  • Wisatawan asing dapat memasuki kawasan Phuket jika sudah menerima salah satu vaksin yakni, vaksin yang disetujui WHO, vaksin yang disetujui oleh pemerintah masing-masing negara, vaksin yang disetujui FDA Thailand: AstraZeneca, Moderna, Johnson & Johnson, Sinovac Biotech, dan Sinopharm.
  • Rentang waktu vaksinasi adalah lebih dari 14 hari hingga 1 tahun sebelum memasuki Phuket. Bukti vaksinasi harus diserahkan saat mengajukan COE.

Maskapai penerbangan

SHA & SHA Plus

  • SHA adalah sertifikasi untuk tempat-tempat yang memenuhi standar dasar kebersihan dan keamanan, kesehatan untuk produk dan layanan mereka sesuai dengan langkah-langkah nasional dalam mencegah penyebaran Covid-19.
  • Sementara SHA Plus+ adalah sertifikasi bagi perusahaan/perorangan yang telah menerima sertifikat SHA dan 70 persen tenaga kerjanya telah divaksinasi.

Aturan selama berada di Phuket

  • Pengunjung dapat pergi ke mana saja saat berada di Phuket. Tetapi harus mengikuti tindakan pencegahan DMHTTA, yakni menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, pemeriksaan suhu, tes Covid-19, dan menggunakan aplikasi untuk melacak (Thailand Chana dan Mor Chana).

Akomodasi

  • Para pengunjung wajib memesan hotel yang sudah bersertifikat SHA Plus di Phuket selama 14 hari pertama.
  • Tinggal di rumah pribadi atau kondominium tidak diperbolehkan pada 14 malam pertama untuk tujuan pengendalian Covid-19. Kecuali tempat tinggal atau kondominium tersebut memiliki sertifikat SHA Plus.

Tes Covid-19 

Tur dan wisata

  • Pengunjung disarankan hanya memesan paket wisata dengan perusahaan bersertifikat SHA Plus. Pada 5 hari pertama mereka hanya diperbolehkan mengunjungi pulau-pulau di Phuket, yaitu Ko Racha, Ko Naka, Coral Island, dan Ko Khai.
  • Sementara jika ingin berkunjung ke Ko Phi Phi, Ko Yao, dan Phang Nga Bay pengunjung harus melakukan tes rapid pada hari kelima sebelum ke tempat-tempat tersebut. Karena pulau tersebut bukan bagian dari porvinsi Phuket.

Transportasi dan restoran

  • Pengunjung disarankan untuk mengunjungi restoran yang sudah bersertifikat SHA Plus untuk keselamatan. Namun, bisa juga bersantap di restoran yang tidak bersertifikat.
  • Sementara untuk taksi dan transportasi, disarankan untuk memilih layanan transportasi yang sudah bersertifikat SHA Plus. Bisa juga menggunakan non-SHA Plus.

Perjalanan domestik 

Phuket Sandbox

  • Berlaku untuk anak di bawah usia 6 tahun yang bepergian dengan orang tua atau wali yang divaksinasi lengkap.
  • Berlaku untuk anak-anak berusia antara 6 dan 18 tahun yang bepergian dengan orang tua atau wali yang divaksinasi lengkap, Namun, mereka harus mengikuti tes Covid-19 pada saat kedatangan dengan biaya sendiri.
  • Semua wisatawan kedatangan internasional harus sepenuhnya menerima vaksin Covid-19  yang terdaftar di Kementerian Kesehatan atau disetujui oleh WHO. 
  • Semua pendatang wajib mengunduh aplikasi ThailandPlus di ponsel masing-masing, dan tetap mengaktifkan aplikasi sepanjang waktu. Baik itu saat mereka pindah ke lokasi berbeda di sekitar Phuket.
  • Semua kedatangan wajib untuk tinggal di akomodasi yang sudah memiliki sertifikasi SHA Plus selama 14 malam, dan setelah itu akan diizinkan melakukan perjalanan untuk mengunjungi tujuan Thailand lainnya.
  • Seluruh rangkaian tes Covid-19 harus mengikuti pedoman dari Kementerian Kesehatan.
  • Wisatawan diperbolehkan untuk melakukan kegiatan wisata dengan syarat tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Seperti, menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, cek suhu, tes covid-19, dan aplikasi pelacakan (Thai Chana dan Mor Chana).

https://travel.kompas.com/read/2021/06/09/143452227/phuket-sambut-wisatawan-asing-1-juli-2021-apa-yang-harus-disiapkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke