Salin Artikel

Rute Menuju Puncak Halimun Camp, Tempat Kemah Keren di Bogor

BOGOR, KOMPAS.com – Sebuah tempat kemah baru di Kabupaten Bogor, tepatnya puncak bukit yang dikelilingi oleh lembah dan hutan belantara, menawarkan pemandangan yang apik.

Namanya adalah Puncak Halimun Camp. Tempat ini berada di kaki Gunung Gede Pangrango, dan menawarkan pemandangan Gunung Salak di kejauhan.

Marketing Puncak Halimun Camp bernama Jack mengatakan, Selasa (8/6/2021), wisatawan yang kemah di tempat itu akan disuguhi panorama dan kehidupan satwa liar di alam yang indah.

“Di sini owa Jawa muncul kalau pagi, di jam 05:00-07:00 pagi masih dengar suaranya. Tidak pernah lihat langsung. Di area lembah terdengar. Curug Cikahuripan juga kedengeran suaranya kalau pagi,” jelas Jack kepada Kompas.com.

Jika beruntung, bagi yang kemah di area Camp Pangrango, ada kemungkinan pada siang hari mereka akan disambangi oleh seekor elang Jawa yang terbang di area gardu pandang dekat area pendirian tenda.

Masing-masing area kemah memiliki pemandangan yang beda. Misalnya Camp Pangrango dengan pemandangan Gunung Gede Pangrango dan indahnya matahari terbit pada pagi hari.

Ada juga Camp Salak dengan pemandangan Gunung Salak, dan menakjubkannya pemandangan matahari terbenam pada sore hari.

Rute menuju Puncak Halimun Camp

Puncak Halimun Camp berlokasi di Jalan Veteran Cipare, Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya hanya dua kilometer dari Kopi Daong.

Jarak dari Jakarta adalah 81,2 kilometer (km) atau sekitar 1 jam 47 menit via Tol Jagorawi. Nantinya, terus ambil jalur ke arah Bogor hingga menemui petunjuk ke arah Caringin, Cikereteg, dan Cijeruk.

Adapun, arah ke Caringin, Cikereteg, dan Cijeruk berada pada ruas Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi).

Setelah keluar dari Gerbang Tol Caringin, belok kiri ke arah Cikereteg menuju ke Kopi Daong. Jarak dari lokasi tersebut menuju tempat ngopi kekinian tersebut 10,6 km atau sekitar 33 menit.

“Kalau menuju ke sini disarankan lewat Cikereteg, lewat Kopi Daong. Karena jalurnya tidak rusak dan cukup luas muat untuk dua mobil,” jelas Jack.

Lanjutkan perjalanan dari Exit Tol Caringin

Setelah memasang peta menuju Kopi Daong, lanjutkan perjalanan pada belokan kiri ke arah Cikereteg dari Exit Tol Caringin.

Tidak jauh dari sana, pada sisi kiri jalur, terdapat sebuah tempat pengisian bensin. Jika sudah mulai kurang, isi bensin terlebih dahulu.

Lanjutkan perjalanan dengan berjalan lurus mengikuti jalur utama melewati tempat pengisian bensin lagi pada sisi kiri jalur, dan papan petunjuk menuju ke arah Bogor, Jakarta, dan Alternatif Ciawi-Cisarua.

Belok kanan untuk mengambil jalur alternatif yang letaknya dekat dengan Pos 14B Satlantas Polres Bogor. Letak pos ini adalah pada sisi kanan jalur.

Dari belokan tersebut, lanjutkan perjalanan dengan berjalan lurus di Pasar Cikereteg mengikuti jalur utama. Saat menemui sebuah pertigaan, ambil jalur lurus yang jalanannya menurun.

Terus pada jalur tersebut melewati jembatan dan jalanan menanjak. Pada pertigaan ke arah Bukit Cikereteg Indah, tetap ambil jalur lurus.

Jalan lurus pada jalur utama melewati SMP-SMK IT Napala dan SMP Al-Watasi pada sisi kanan jalur. Lanjutkan perjalanan mengikuti jalur utama yang berliku, serta penuh tanjakan dan turunan.

Namun, tetap perhatikan sebuah penunjuk arah ke Kopi Daong yang letaknya pada sisi kiri jalur. Papan berbentuk bulat dan berwarna putih itu didampingi oleh papan berbentuk panah dengan tulisan “2 km”.

Lurus terus melewati beberapa penginapan dan rumah makan, hingga nemenui sebuah pertigaan yang terdapat papan petunjuk ke arah Kopi Daong yang bentuk dan warnanya sama seperti sebelumnya.

Ambil jalur kiri mengikuti papan petunjuk tersebut memasuki kawasan bernama Perkebunan Pancawati. Lurus terus hingga tiba di tempat ngopi yang letaknya pada sisi kiri jalur.

Lanjutkan perjalanan dari Kopi Daong

Setelah melewati Kopi Daong, terus berjalan lurus mengikuti jalur yang ada. Hingga menemui sebuah peternakan ayam pada sisi kanan jalur.

Peternakan ayam tersebut berada pada sebuah jalur yang melingkar. Nantinya, jalur akan membawamu belok kanan.

Tidak jauh dari sana adalah sebuah bangunan yang letaknya sama dengan peternakan tersebut yakni berada pada jalur melingkar.

Namun, pada jalur tersebut, ada belokan ke arah kanan. Ambil jalur yang melingkari gedung tersebut dengan berbelok ke arah kiri. Tetap pada jalur tersebut hingga akhirnya tiba di Puncak Halimun Camp.

Harga tiket masuk Puncak Halimun Camp

Puncak Halimun Camp buka setiap hari biasa pukul 07:00-18:00 WIB, dan akhir pekan pada 07:00 WIB hingga malam hari. Harga tiket masuknya saat ini adalah gratis apabila hanya berkunjung untuk melihat-lihat pemandangan.

“Kami pikir memang sekarang tidak banyak (spot foto) yang ada di Puncak Halimun Camp. Wisatawan yang dapat untuk melihat-lihat saja tidak kami ambil tiket. Setiap pengunjung yang datang dan pulang hari itu juga, tidak menginap, gratis,” tutur Jack.

Harga camping di Puncak Halimun Camp adalah Rp 25.000 per orang untuk yang membawa peralatan sendiri. Nominal sudah termasuk tiket masuk, air keran untuk masak, dan gratis parkir kendaraan dan helm.

Sementara untuk campervan, harga sewa areanya adalah Rp 45.000 per mobil dan tiket masuk Rp 25.000 per orang.

Jika tidak memiliki peralatan kemah, ada Paket Ceria Rp 300.000 per empat orang termasuk tenda, kompor portable, selimut atau sleeping bag, matras, tiket masuk, alat masak, dan air keran untuk masak.

Lalu nominal tersebut juga termasuk gratis satu kaleng gas kompor portable, gratis parkir kendaraan dan penitipan helm, serta gratis air mineral satu liter.

Untuk yang datang bertiga, ada paket Rp 250.000 per tiga dengan kelengkapan yang sama dengan Paket Ceria.

“Untuk One Day Trip, itu untuk kegiatan-kegiatan. Misal ada tamu yang kegiatannya seharian untuk outbound dan pulang sore hari. Untuk grup yang ingin beraktivitas di luar ruangan seharian penuh. Biasanya grup minimal 30 orang, harga menyesuaikan,” pungkas Jack.

Apabila ingin mengetahui lebih lanjut, kamu bisa mengikuti akun Instagram @puncak_halimuncamp atau menghubungi WhatsApp Jack +62812-1838-4002.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/09/180700027/rute-menuju-puncak-halimun-camp-tempat-kemah-keren-di-bogor

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.