Salin Artikel

5 Tempat Wisata Sekitar Desa Wisata Candirejo Magelang, Ada Svargabumi

KOMPAS.com - Desa Wisata Candirejo merupakan salah satu desa wisata di Magelang yang  memiliki pesona alam pedesaan yang masih alami dan asri.

Lokasinya berada di jalan Candirejo Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dekat dengan Candi Borobudur.

Tidak hanya menyajikan pemandangan alam yang menawan, desa wisata Magelang ini juga menyuguhkan berbagai macam pilihan wisata. Mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, agrowisata, hingga industri rumah tangga.

Sambil liburan di sana, jangan lupa mampir ke beberapa tempat wisata di sekitarnya yang juga tidak kalah menarik.

Berikut daftar lima tempat wisata sekitar Desa Wisata Candirejo yang cocok untuk dikunjungi saat liburan:

Candi Borobudur hanya berjarak sekitar 4,2 kilometer dari Desa Wisata Candirejo. Perjalanan biasanya dapat ditempuh dalam waktu sembilan menit.

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang dibangun pada zaman Mataram Kuno. Candi ini juga bagian dari Warisan Dunia UNESCO. 

Wisatawan nusantara akan dikenai biaya sebesar Rp 50.000 per orang untuk usia 10 tahun ke atas dan Rp 25.000 per orang untuk usia 3-10 tahun. Untuk rombongan dengan minimal 20 orang dikenai biaya Rp25.000 per orang.

Terdapat juga dua jenis paket kunjungan, yaitu paket Borobudur–Prambanan dan Borobudur–Ratu Boko dengan harga yang sama. Harga paket sebesar Rp 75.000 per orang untuk usia 10 tahun keatas dan Rp35.000 per orang untuk usia 3-10 tahun.

Candi Mendut berjarak sekitar 4 kilometer dari Desa Wisata Candirejo, tepatnya di Jalan Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Candi ini merupakan candi peninggalan agama Buddha yang penuh dengan nilai sejarah dan makna kehidupan yang tertuang pada relief-relief di dinding candi. 

Di tengah pandemi Covid-19, Candi Mendut beroperasi setiap hari Selasa – Minggu, terbagi menjadi 2 pembukaan yaitu pukul 08:30 – 11:00 WIB dan pukul 12:00 – 16:00 WIB.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 10.500 per orang untuk wisatawan nusantara dan sebesar Rp 20.500 per orang untuk wisatawan mancanegara. Tiket sudah termasuk kunjungan ke Candi Pawon.

Svargabumi merupakan tempat wisata baru di Magelang, tak jauh dari Candi Borobudur.

Lokasinya ada di Jalan Borobudur–Ngadiharjo, Sawah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Tempat hits ini menyajikan spot foto Instagrammable dengan pemandangan hamparan sawah hijau serta bangunan Candi Borobudur yang megah.

Beberapa titik foto yang ditawarkan, antara lain ayunan, ranjang jaring-jaring, dan kolam renang lengkap dengan floating breakfast.

Jika tertarik mengunjungi tempat wisata ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang dewasa dan Rp 15.000 per anak-anak.

Jam operasional Svargabumi adalah pukul 08:00-17:00 WIB saat hari biasa, dan 06:30-17:30 WIB saat akhir pekan. Tempat ini tutup setiap Kamis.

Gereja Ayam Bukit Rhema menjadi populer setelah menjadi lokasi pengambilan gambar film Ada Apa dengan Cinta 2. 

Gereja Ayam Bukit Rhema terletak di Karangrejo, Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Borobudur, Magelang.

Bagian "mahkota" dari bangunan ini cocok dijadikan lokasi melihat matahari terbit dengan panorama pegunungan. 

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini adalah menikmati koleksi lukisan edukasi yang terdapat di dalam gedung, menikmati hidangan tradisional di belakang bangunan, dan beribadah.

Gereja Ayam Bukit Rhema beroperasi pukul 06:00-17:00 WIB dan memberlakukan tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

Punthuk Setumbu berada di kawasan perbukitan tepatnya di gugusan Bukit Menoreh.

Lokasinya ada di Jalan Borobudur Ngadiharjo km 4, Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang.

Berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl), tempat ini awalnya hanya sebuah ladang milik warga yang kemudian dijadikan tempat wisata dengan menawarkan pemandangan yang indah. 

Tempat ini sangat cocok dijadikan spot melihat matahari terbit dan spot foto berlatar Candi Borobudur. 

Wisatawan dapat berkunjung setiap hari mulai pukul 04:00 dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang untuk wisatawan nusantara dan Rp 50.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/10/171600527/5-tempat-wisata-sekitar-desa-wisata-candirejo-magelang-ada-svargabumi

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.