Salin Artikel

Ada Paket Wisata Vaksin ke AS untuk WNI, Khusus untuk yang Punya Visa

KOMPAS.com – Belakangan ini, paket wisata vaksin Covid-19 mulai dijual para agen perjalanan di beberapa negara. Misalnya adalah Thailand yang menawarkan paket ke Amerika Serikat (AS) dan Rusia.

Melansir Kompas.com, Minggu (9/5/2021), beberapa agen perjalanan di sana telah menjual paket wisata vaksin untuk mendapatkan Johnson & Johnson dan Sputnik V. Harga yang ditawarkan beragam.

Di Indonesia, ada dua agen perjalanan yang sudah mulai menjual paket semacam itu, seperti Panorama JTB Tours dan Destination Tour.

Head of Leisure Panorama JTB Tours, Andini, mengonfirmasi bahwa pihaknya lebih menjual paket wisata ke AS. Namun, vaksin Johnson & Johnson yang didapat dikatakan sebagai bonus saja.

“Di situ disiapkan delapan hari wisata ke West Coast. Jalan-jalan ke Los Angeles, tapi mereka bisa dapat kesempatan untuk vaksin. Tapi kami lebih meng-highlight ke arah jalan-jalan ke AS-nya,” kata dia kepada Kompas.com, Kamis (10/6/2021).

Kendati demikian, dia menegaskan bahwa saat ini hanya masyarakat Indonesia yang sudah punya visa AS saja yang bisa melakukan perjalanan.

Lewat harga paket wisata yang dibanderol mulai dari Rp 19,8 juta, pihak Andini lebih menjual kegiatan jalan-jalan di West Coast seperti ke Los Angeles.

“Harga yang kita buat lebih ke arah paket jalan-jalannya. Di luar itu, kalau vaksin anggapannya bonus, tidak termasuk dalam hitungan harga. Jadi tentu yang berangkat ke sana untuk sekarang yang sudah memegang visa AS,” jelas Andini.

“Kalau baru ajukan visa, tergantung dari slot kedutaan besar. Kalau ajukan visa liburan sudah bisa ke AS, cuma kalau tidak salah slotnya paling cepat masih agak lama. Masih September baru dapat,” lanjut dia.

Senada dengan Andini, Creative Director Destination Tour Yento Chen menuturkan bahwa pihaknya juga tidak memasukkan layanan bantuan pembuatan visa dalam paket wisata vaksinnya.

Meski dia menjual paket wisata seharga mulai dari Rp 9,6 juta per orang untuk minimal dua orang, pihak Yento menegaskan bahwa paket yang ditawarkan lebih ke perjalanan untuk mendapat Johnson & Johnson.

“Kalau untuk jalan-jalan (di AS) ada, tinggal add-on (biaya tambahan tergantung ingin ke mana). Tapi mereka pasti sudah punya visa. Kita tidak bantu untuk visa,” ungkap Yento.

Dirinya melanjutkan, tidak adanya layanan bantuan pembuatan visa lantaran kondisi bepergian lewat paket yang dipasarkan bukanlah untuk jalan-jalan.

“Nanti kan jadi ada pertanyaan yang banyak dari pihak konsuler. Ini khusus untuk yang sudah punya visa AS,” sambungnya.

Vaksin dan efek sampingnya

Andini mengatakan, dia tidak dapat memastikan apakah calon wisatawan akan mendapatkan dosis yang diperlukan atau tidak.

“Dapat atau tidak tergantung dari ketersediaan vaksin, dan aturannya juga. Karena bisa tiba-tiba berubah, vaksin sudah habis, dan sebagainya,” ujar Andini.

Pihaknya pun tidak bisa menjamin bahwa peserta pasti akan dapat vaksin. Peserta hanya mendapat kesempatan untuk bisa divaksin.

"Kita di sini memang highlight jalan-jalan ke AS, vaksin sebagai bonus. Kalau tidak mau vaksin juga bisa, jalan-jalan ke AS seperti biasa,” imbuhnya.

Andini menjelaskan bahwa jika wisatawan menunjukkan gejala samping yang dirasa sangat berat usai menerima vaksin, pihaknya akan membantu ke pertolongan medis. Selebihnya termasuk biaya lain, ditanggung masing-masing.

Pengambilan vaksin, menurut dia, sepenuhnya berada di keputusan masing-masing wisatawan. Andini menuturkan, baiknya mereka konsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau lakukan cek kesehatan sebelum memutuskan untuk menerima vaksin.

Sama halnya dengan Andini, Yento mengatakan bahwa segala risiko pengambilan vaksin, termasuk efek samping merupakan tanggung jawab wisatawan.

“Tapi kami tetap bantu. Di hari vaksinasi, kita juga akan antar mereka,” sambung dia.

Seperti apa paket wisata vaksin yang ditawarkan?

Panorama JTB Tours menawarkan paket wisata vaksin ke West Coast, AS selama delapan hari dengan harga mulai dari Rp 19,8 juta per orang.

Lewat paket itu, wisatawan dapat berkunjung ke Citadel Outlet, Los Angeles, Anaheim, Hollywood Boulevard, Walk of Fame, Dolby Theater, dan Beverly Hills.

Tanggal keberangkatannya yakni pada 26 Juni dan 3, 17, 24, serta 31 Juli. Lalu 7, 14, 21, dan 28 Agustus, serta 4, 11, 18, dan 25 September.

Paket ini sudah mencakup tiket pesawat pergi-pulang (PP), hotel, makan, dan free program bagi yang ingin jalan-jalan.

Namun, lanjut Andini, wisatawan juga bisa pilih apakah ingin ikut optional tour yang tersedia. Tentunya dengan biaya tambahan.

“Free program ini, misal jalan-jalan sendiri di sekitar hotel atau ke beberapa tempat di AS itu bebas. Kalau bingung mau ke mana bisa dibantu,” ujarnya.

Sementara itu, paket wisata vaksin Covid-19 Johnson & Johnson dari Destination Tour dibanderol dengan harga mulai dari Rp 9,6 juta per orang untuk minimal dua orang dengan durasi perjalanan enam hari lima malam.

Paket ini termasuk akomodasi hotel bintang empat, serta layanan vaksin pada hari ketiga, termasuk transportasi dan pendampingan.

Paket tidak mencakup tiket penerbangan PP, visa AS, asuransi perjalanan sesuai standar AS, tes PCR, karantina, serta biaya tipping untuk sopir dan pendamping.

“Saat free time, orang bisa tambah kegiatan wisata. Add-ons, pembayaran tambahan. Kalau mau city tour, kita bantu. Kita tambahkan (kegiatan), bayar ke kita. Biaya yang dikeluarkan tergantung mereka maunya apa,” jelas Yento.

Syarat ikut paket wisata vaksin

Untuk paket wisata vaksin dari Panorama JTB Tours, syarat dan ketentuannya adalah mengisi formulir vaksinasi yang diberikan dengan data pribadi, penyakit bawaan, dan sebagainya.

Mereka juga wajib memiliki nomor telepon lokal untuk konfirmasi pendaftaran. Satu nomor dapat digunakan untuk satu keluarga.

Saat tiba di pusat vaksinasi, mereka tidak akan melalui proses pemeriksaan lagi karena semua berdasarkan yang tertera dalam formulir. Risiko ditanggung peserta jika salah mengisi formulir.

“Kalau di Indonesia sudah divaksin, di sana tidak divaksin lagi. Kalau yang punya penyakit bawaan dan segala macam, harus ada tanggung jawab dari masing-masing peserta,” jelas Andini.

Sementara syarat lainnya yang perlu disiapkan adalah visa, serta ketentuan mengikuti tur kelompok pada umumnya. Kamu bisa kontak langsung agen perjalanan Andini.

Untuk Destination Tour, syaratnya adalah peserta minimal dua orang dan maksimal sepuluh orang dalam sekali keberangkatan. Tanggal bebas dipilih wisatawan.

Asuransi perjalanan yang disiapkan oleh wisatawan harus mencakup Covid-19. Sebelum tiba di AS dan sebelum kembali ke Jakarta, tes PCR wajib dilakukan. Biaya ditanggung masing-masing.

Proses karantina juga wajib dilakukan dan biaya ditanggung sendiri. Jika memerlukan bantuan medis atau konsultasi, jika ada biaya tambahan, seluruhnya ditanggung wisatawan.

Kejadian pasca-vaksin dan segala risikonya akan menjadi tanggung jawab peserta. Layanan tambahan seperti tur, transportasi, hotel, dan lainnya dapat diminta ke pihak Yento dengan biaya tambahan.

Untuk pendaftaran, wisatawan wajib melakukan deposit sebesar Rp 5 juta per orang sebagai tanda jadi. Pendaftaran akan dibukukan jika menyertakan fotokopi KTP, paspor, visa AS, dan bukti tanda deposit.

Lalu, jadwalkan tanggal keberangkatan dulu untuk mengambil jadwal vaksin. Disarankan untuk membeli tiket penerbangan usai mendapat jadwal tersebut.

Pembatalan secara sepihak oleh peserta akan ada penaltinya. Informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi pihak Yento.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/11/150300527/ada-paket-wisata-vaksin-ke-as-untuk-wni-khusus-untuk-yang-punya-visa

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Harga Tiket dan Jam Buka Wana Wisata Siti Sundari Lumajang, Sangat Terjangkau

Harga Tiket dan Jam Buka Wana Wisata Siti Sundari Lumajang, Sangat Terjangkau

Travel Tips
Kritik Sandiaga Uno soal Tarif Parkir Bus Rp 350.000 di Malioboro

Kritik Sandiaga Uno soal Tarif Parkir Bus Rp 350.000 di Malioboro

Travel Promo
13 Syarat Travel Bubble Singapura ke Indonesia yang Dimulai 24 Januari 2022

13 Syarat Travel Bubble Singapura ke Indonesia yang Dimulai 24 Januari 2022

Travel Update
Harga Tiket KA Murah Jurusan Yogyakarta-Purwokerto, Mulai Rp 70.000

Harga Tiket KA Murah Jurusan Yogyakarta-Purwokerto, Mulai Rp 70.000

Travel Update
Harga Tiket Malang Night Paradise, Wisata Malam yang Instagramable

Harga Tiket Malang Night Paradise, Wisata Malam yang Instagramable

Jalan Jalan
5 Air Terjun Yogyakarta yang Hanya Ada Saat Musim Hujan

5 Air Terjun Yogyakarta yang Hanya Ada Saat Musim Hujan

Travel Promo
Travel Bubble Indonesia-Singapura, Uji Coba Bertahap Mulai 24 Januari

Travel Bubble Indonesia-Singapura, Uji Coba Bertahap Mulai 24 Januari

Travel Update
4 Aktivitas di Desa Lai Chi Wo, Bisa Jelajah Hutan Bakau

4 Aktivitas di Desa Lai Chi Wo, Bisa Jelajah Hutan Bakau

Jalan Jalan
6 Konsep Bahagia di Beberapa Negara, Ada dari Jepang dan Swedia

6 Konsep Bahagia di Beberapa Negara, Ada dari Jepang dan Swedia

Travel Tips
10 Destinasi Terpopuler di Dunia 2022 Versi Trip Advisor, Dubai Juara

10 Destinasi Terpopuler di Dunia 2022 Versi Trip Advisor, Dubai Juara

Travel Update
Sambut Imlek, Kelenteng Tjoe Tik Kiong Jalani Ritual Ganti Baju Dewa

Sambut Imlek, Kelenteng Tjoe Tik Kiong Jalani Ritual Ganti Baju Dewa

Travel Update
Jam Buka dan Harga Tiket Bukit Kayoe Putih Mojokerto

Jam Buka dan Harga Tiket Bukit Kayoe Putih Mojokerto

Jalan Jalan
Bali Destinasi Terpopuler Asia dan Keempat Dunia Versi TripAdvisor

Bali Destinasi Terpopuler Asia dan Keempat Dunia Versi TripAdvisor

Travel Update
7 Tips Berkunjung ke Nepal van Java di Dusun Butuh, Magelang

7 Tips Berkunjung ke Nepal van Java di Dusun Butuh, Magelang

Travel Tips
8 Rekomendasi Wisata Bandung, Cocok Dikunjungi bersama Keluarga

8 Rekomendasi Wisata Bandung, Cocok Dikunjungi bersama Keluarga

Jalan Jalan
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.