Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute Menuju Desa Wisata Candirejo di Magelang

KOMPAS.com - Jika ingin menikmati alam pedesaan yang asri dan masih terbebas dari polusi sambil rafting di air sungai yang teduh, kamu bisa menuju Desa Wisata Candirejo di Kabupaten Magelang.

"Kalo mau rafting bisa ambil paket rafting langsung. Harganya Rp 150.000 per orang. Itu selama tiga jam wisatawan bisa merasakan sensasi seru menjelajahi Sungai Elo dan Sungai Progo," ujar salah satu pengurus Koperasi Desa Wisata Candirejo bernama Rifa saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/6/2021).

Selain rafting, ada juga kegiatan menarik lainnya. Mulai dari jelajah kawasan Desa Wisata Candirejo naik dokar atau sepeda, offroad naik mobil jip ke Bukit Manoreh sekaligus menikmati sunrise, belajar memainkan alat musik tradisional, hingga kulineran.

Rute menuju Desa Wisata Candirejo

Desa Wisata Candirejo berlokasi di jalan Candi Rejo Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Perjalanan menuju ke Desa Wisata Candirejo bisa dimulai dari kota Yogyakarta melalui jalan Magelang-Yogyakarta. Jaraknya sekitar 33 kilometer.

Jika naik mobil, waktu tempuh Desa Wisata Candirejo sekitar 50 menit via jalan Magelang-Yogyakarta. Namun, waktu tempuh tergantung situasi dan kondisi jalan apakah ada kemacetan atau tidak.

Perjalanan menuju Desa Wisata Candirejo

Dari kota Yogyakarta, wisatawan bisa mengambil jalur utama melalui jalan Magelang-Yogyakarta menuju ke arah Candi Borobudur.

Sebelum sampai ke Candi Borobudur tepatnya di Dusun Brojonalan, Desa Wanurjo, kamu akan menemukan pertigaan jalan dan berbelok ke arah kiri.

Dari sana, kurang lebih sejauh tiga kilometer mengikuti jalan utama desa, kamu akan sampai di Desa Wisata Candirejo.

Adapun, jalur lainnya bisa dari Bandara Adi Sutjipto. Jaraknya sekitar 42 km menuju Desa Wisata Candirejo. Perjalanan akan ditempuh dalam waktu 1 jam 10 menit naik mobil.

Dari Bandara Adi Sutjipto arahkan kendaraanmu ke arah kota dan mengambil jalan Cebongan. Berjalan terus mengikuti jalur utama, setelah itu kamu akan sampai di Kecamatan Kalibawang atau patokannya Jembatan Ancol.

Dari situ kamu akan menemukan Jalan Nanggulan yang akan membawamu sampai ke Candi Mendut. Namun, sebelum sampai ke Candi Mendut, kamu akan menemukan Pasar Jagalan.

Di lokasi tersebut terdapat pertigaan jalan dan wisatawan harus belok ke kiri dan mengambil jalan turunan yang ada di sana. Kemudian akan terlihat ada pasar. Lalu setelahnya, cukup ikuti jalan utama menuju Borobudur.

Dari sana kurang lebih satu sampai dua kilometer kamu akan sampai di Desa Wisata Candirejo.

"Patokannya sendiri ketika lewat Desa Candirejo, nanti di sebelah selatan jalan ada lapangan atau tempat parkir besar. Di situ nanti di sebelah timurnya lapangan ada kantor koperasi Desa Wisata Candirejo," tutur Rifa.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/11/170500227/rute-menuju-desa-wisata-candirejo-di-magelang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke