Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

30 Wisata Hits di Malang 2021, Banyak Spot Foto Kekinian

KOMPAS.com - Malang Raya, Jawa Timur, menawarkan beragam pilihan tempat wisata. Mulai dari wisata budaya, alam, hingga tempat-tempat hits dan kekinian yang memiliki banyak spot foto Instagrammable.

Malang Raya terdiri dari Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu. Jika berencana menghabiskan waktu liburan di kawasan ini, simak dulu daftar 30 tempat wisata hits di Malang 2021 yang telah Kompas.com rangkum, Selasa (15/06/2021).

Sebelum pergi berwisata, jangan lupa cek harga tiket terbaru dan rute menuju ke sana agar liburan menjadi lebih menyenangkan, ya!

Wisata taman bunga Flora Wisata San Terra menawarkan pemandangan bunga-bunga yang indah dan pegunungan. Pengunjung bisa melihat 700 jenis bunga yang membuat swafoto semakin indah.

Adapun, berbagai macam spot foto yang bisa ditemukan di sana antara lain, Little Korea, Little Amsterdam, Taman Bunga, dan Rainbow Wisteria.

Setelah puas berswafoto, pengunjung bisa menjajal wahana dan aktivitas, di antaranya trampolin, sepatu roda, ontang-anting, kolam renang, dan wahana seru lainnya.

Tempat wisata yang beralamat di Jurangrejo, Desa Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang, ini bisa dikunjungi mulai 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Harga tiket masuk ke Flora Wisata San Terra mulai dari Rp 25.000 per orang pada hari biasa, dan mulai dari Rp 30.000 per orang pada akhir pekan atau libur nasional. 

Dengan harga tersebut, pengunjung sudah bisa menikmati semua spot foto secara gratis, kecuali untuk wahana permainan akan dikenakan biaya tambahan.

Tempat wisata ini terletak di Jurangrejo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Jam operasionalnya adalah pukul 08.00-17.00 WIB.

Wisata Alam Brakseng berlokasi di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Tiket masuk Wisata Alam Brakseng sebesar Rp 5.000 per orang.

Tempat wisata ini kerap dijadikan spot foto dengan latar perkebunan yang hijau hingga pegunungan. Pengunjung juga bisa mampir ke kafe yang dibangun warga setempat. 

Wisatawan bisa mengunjungi tempat Wisata Alam Brakseng pukul 07.00-17.00 WIB.

Taman Langit Gunung Banyak merupakan salah satu tempat wisata hits di Malang yang menawarkan berbagai spot foto menarik dengan latar belakang Gunung Banyak. 

Tempat wisata ini berada di kawasan Gunung Banyak, tepatnya di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

Hanya dengan membayar tiket masuk Rp 10.000, pengunjung sudah bisa berswafoto sepuasnya di berbagai titik yang ada.

Konsep dari Taman Langit ini menggambarkan tentang tujuh Cahaya Cakra Manusia (bidadari). Oleh karena itu, tempat wisata ini dihiasi dengan dua patung perempuan bersayap sebagai penggambaran bidadari.

Sambil menikmati udara sejuk, pengunjung juga bisa bersantai dan menyantap hidangan di kafe yang tersedia.

Wisatawan bisa mengunjungi Taman Langit Gunung Banyak mulai pukul 07.00-23.00 WIB.

Batu Night Spectacular (BNS) dapat dikunjungi di Jalan Hayam Wuruk Nomor 1, Oro-oro Ombo. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 15.00-22.00 WIB.

BNS memiliki taman lampion beraneka bentuk yang menjadi atraksi wisata dan kerap dijadikan lokasi swafoto oleh pengunjung.

Pengunjung tempat wisata hits di Malang ini bisa mencoba berbagai macam wahana permainan, seperti go-kart, wall run atau semacam wahana trampolin, dan aero test. Ada juga pertunjukan Dancing Fountain.

Pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 40.000 untuk tiket reguler atau Rp 110.000 untuk pilihan tiket terusan.

Sebab, Jatim Park 3 memiliki wahana bernama Dino Park yang memberikan pengalaman bertemu hewan-hewan zaman purba itu.

Selain Dino Park, ada pula wahana lain seperti Museum Musik Dunia, The Legend Stars, dan Funtech Plaza. 

Pengunjung juga bisa mendatangi wahana baru, yaitu Milenial Glow Garden.

Wahana tersebut menawarkan aneka rekayasa cahaya proyektor dan lampu dengan berbagai tema yang diatur sedemikian rupa pada area indoor.

Sementara, pada area outdoor, pengunjung dapat menyaksikan berbagai rekayasa cahaya lampu terbuka dengan berbagai jenis permainan.

Wisata ini berlokasi di Jalan Ir Soekarno nomor 144, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

Jam operasional Jatim Park 3 pukul 11.00-21.00 WIB. Harga tiketnya berkisar dari Rp 40.000 hingga Rp 150.000.

Bukit Jengkoang merupakan salah satu wisata tempat wisata hits di Malang yang belum lama ini berdiri. Tempat ini menawarkan pemandangan perbukitan, hutan pinus, lahan pertanian, dan Gunung Arjuno yang megah.

Tempat ini cocok dijadikan spot foto yang cantik. Selain memiliki latar pemandangan alam, Bukit Jengkoang juga memiliki bangunan tua yang menarik untuk berfoto.

Selain berfoto-foto, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain, yaitu bersepeda, off-road jeep, hingga camping.

Untuk off-road jeep, pengunjung bisa memilih trek yang santai maupun yang ekstrim.

Bukit Jengkoang terletak di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sampai Juni 2021, pengunjung dapat berwisata tanpa dipungut tiket masuk alias gratis.


7. Retawu Deli

Retawu Deli merupakan kafe dengan berbagai macam homemade croissant.

Bangunan Kafe Retawu Deli terlihat unik dan kuno dengan warna merah yang mendominasi bagian luarnya. 

Sedangkan, bagian dalam kafe menganut konsep tropikal dan bohemian, serta dilengkapi pernak-pernik antik.

Bangunan dan interior yang unik cocok dijadikan sebagai spot foto.

Harga menu andalan croissant dari Kafe Retawu Deli berkisar dari Rp 15.000 hingga Rp 50.000.

Kafe Retawu Deli beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00-20.00 WIB. Lokasinya di Jalan Retawu Nomor 4, Sumberjo, Kalisongo, Kecamatan Dau, Kota Malang.

Jika tertarik dengan wisata edukasi, terutama berhubungan dengan budaya Jawa, maka Taman Kemesraan tidak boleh dilewatkan. 

Taman ini menawarkan keindahan alam yang berpadu dengan kreasi manusia, ditambah suasana alam yang nyaman dan tentram.

Beragam aktivitas yang dapat dilakukan di Taman Kemesraan, antara lain rafting, camping, outbound, berenang, hingga mencicipi berbagai hidangan.

Jangan lewatkan juga kesempatan untuk berfoto-foto dengan perahu, jembatan gantung, patung Ganesha, gapura putih, patung Garuda, pohon pakis, hingga patung ikonik Kamajaya dan Kamaratih.

Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai dari pukul 09.00-17.00 WIB. Lokasinya ada di di Dusun Tretes, Bendosari, Kecamatan Pujon, Malang.

Pilihan tempat wisata hits di Malang lainnya adalah Batu Flower Garden berupa kebun bunga dengan panorama alam, disertai suasana menyejukkan.

Batu Flower Garden dilengkapi berbagai lokasi foto menarik, antara lain tiga spot love, tiga spot flower, hammock tower, gantole, rumah hobbiton, hammock garden, ayunan, tree house, es kimo, smurfy house, kursi terbang, dan lainnya.

Selain berfoto-foto, pengunjung juga dapat bermain ATV, paintball, outbound, flying fox, dan trampolin.

Pengunjung perlu membeli tiket masuk sebesar Rp 37.500 per orang yang sudah termasuk gratis dua spot foto, yaitu flower dan love.

Sementara, jika ingin menikmati spot lainnya, pengunjung akan dikenai biaya tambahan yang berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 65.000.

Batu Flower Garden buka setiap hari pada pukul 08.00-16.00 WIB. Tempat wisata ini berlokasi di Oro-Oro Ombo, Kehuanan, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Eco Green Park merupakan tempat wisata edukasi, dilengkapi dengan berbagai wahana dan atraksi yang menarik untuk bagi anak-anak.

Beragam wahana seru di Eco Green Park, antara lain taman biogas, jungle adventure, world pheasant, animal farm, rumah hidroponik, rumah terbalik, rumah serangga dunia, angry bird, dan lainnya.

Jika berwisata di Eco Green Park, pengunjung dapat memberi makan satwa, menyaksikan penampilan dari satwa, berfoto bersama burung, hingga bermain flying fox.

Tempat wisata di Malang dengan tiket Rp 50.000 (hari kerja) dan Rp 75.000 (akhir pekan) ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti shuttle train, e-bike station, kursi roda, food court, minimarket, musala, dan smoking area.

Eco Green Park berlokasi di Jalan Raya Oro-Oro Ombo Nomor 9, Kecamatan Batu, Kota Batu, dan beroperasi pukul 08.30 – 16.30 WIB.

Lumbung Stroberi adalah tempat agrowisata yang wajib dikunjungi oleh penyuka buah stroberi. 

Seperti namanya, Lumbung Stroberi menjadikan buah dengan rasa asam-manis tersebut sebagai daya tarik utamanya.

Saat berkunjung ke salah satu tempat wisata hits di Malang ini, pengunjung dapat memetik stroberi, membeli buah stroberi segar, dan mengikuti edukasi stroberi yang isinya mulai dari menanam, merawat, hingga pasca panen.

Sambil memetik stroberi, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Gunung Arjuno dan Gunung Panderman.

Tidak hanya itu, terdapat aktivitas lain yang bisa dicoba, yaitu tubing, rafting, dan bersantai di kafe. 

Bila memetik buah stroberi, pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp 25.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk jus stroberi, keranjang, gunting, topi, dan pemandu.

Pengunjung dapat memakan hasil petikkan sebanyak lima buah, selebihnya akan ditimbang dengan harga Rp 6.000 per ons.

Lumbung Stroberi bisa dikunjungi di Desa Wisata Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Apabila rindu dengan suasana taman hiburan tempo dulu, maka Taman Rekreasi Selecta merupakan tempat wisata yang pas. 

Taman rekreasi ini menggabungkan pemandangan alam dengan suasana sejuk, serta dikelilingi oleh Gunung Arjuna, Gunung Welirang, dan Gunung Anjasmoro.

Taman rekreasi ini menyuguhkan wahana seperti flying fox, perahu ayun, sky bike, mobil ayun, family coaster, cinema 4D, bianglala, dan lainnya. 

Pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 40.000 per orang.

Jika ingin menikmati wahana, maka pengunjung akan dikenai biaya tambahan dengan kisaran Rp 5.000 sampai Rp 30.000.

Selain wahana, juga terdapat fasilitas lain, seperti shuttle bus, kolam renang, WiFi, aula, restoran dengan harga mulai dari Rp 15.000, dan hotel dengan biaya mulai dari Rp 650.000.

Taman Rekreasi Selecta terletak di Jalan Raya Selecta Nomor 1, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

Taman Kelinci Pujon merupakan tempat rekreasi sekaligus wisata edukasi yang cocok untuk keluarga.

Sebab, tempat wisata ini ramah anak. Anak-anak juga dapat belajar tentang kelinci dari dekat. 

Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan kelinci-kelinci yang berkeliaran di area wisata. Pengunjung bisa memegang hingga memberi makan langsung hewan tersebut.

Selain itu, pengunjung juga dapat memetik buah stoberi di taman stroberi, mengunjungi goa pinus, bermain outbound, berfoto-foto di rumah hobbit, membeli oleh-oleh, dan menyantap hidangan di kafe.

Pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak usia 1-4 tahun untuk akhir pekan.

Sementara pada hari biasa tiket dewasa dibanderol Rp 15.000 dan anak Rp 10.000.

Taman Kelinci Pujon beroperasi setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB, berlokasi di Jalan Paralayang, Desa Pandesari Pujon, Kabupaten Malang.

Wisata rekreasi Bumi Kitiran Batu hadir dengan lautan kitiran, atau kincir angin warna-warni berukuran kecil. 

Bumi Kitiran ini mulanya hanya berupa ladang perkebunan warga yang dikelola menjadi tempat wisata dan pas untuk yang mencari lokasi Instagrammable.

Selain padang kitiran, pengunjung juga akan dimanja dengan pemandangan Gunung Panderman.

Jika ingin menikmati keindahan ribuan kitiran ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

Bumi Kitiran Batu dibuka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.

Tempat ini terletak di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumianji, Kota Batu. Dari pusat kota Batu dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dengan motor maupun mobil.

Tidak hanya di Gunung Bromo, Bukit Teletubbies juga dapat ditemukan di Kota Batu.

Tempat wisata yang asri ini terdiri dari area taman hijau dengan pemandangan Gunung Arjuno yang kokoh.

Waktu berkunjung yang disarankan adalah saat pagi hari untuk menikmati pesona matahari terbit, sore hari untuk merasakan udara yang sejuk, atau malam hari untuk melihat bintang di langit.

Dengan taman hijau yang luas, tempat ini cocok untuk melepas penat sambil piknik dengan membawa tikar dan bekal dari rumah.

Selain itu, pengunjung bisa berburu foto di Bukit Teletubbies Batu.

Pengunjung tidak akan dipungut biaya alias gratis untuk menikmati pemandangan di Bukit Teletubbies Batu.

Kendati demikian, pengunjung wajib menjaga kebersihan lingkungan.

Bukit Teletubbies Batu terletak di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Keindahan panorama di Malang tidak akan pernah ada habisnya. Goa Pinus merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan tersebut. 

Sesuai namanya, Goa Pinus dipenuhi oleh pepohonan pinus yang menjulang tinggi, sehingga menciptakan suasan yang menyejukkan.

Tempat wisata hits di Malang ini juga menyediakan sejumlah spot foto unik, di antaranya Pos Kayu Unik, Perahu Melayang, Rumah Papua, Gazebo Akar, Sangkar Lingkaran, Balon Udara, dan spot lainnya.

Goa Pinus juga menyediakan fasilitas penunjang wisata, antara lain area parkir, toilet, musala, dan kafe.

Tiket masuk ke Goa Pinus seharga Rp 10.000 per orang. Namun, untuk dapat menikmati spot foto, pengunjung akan dikenai biaya tambahan.

Goa Pinus berada di kawasan Pujon, tepatnya terletak di Gang Mbah Ba’i, Desa Gunungsari, Bumiaji, Batu. Bisa dikunjungi mulai pukul 07.00-17.30 WIB.

Jika mencari lokasi kemah di Malang, Bukit Nirwana dapat menjadi salah satu pilihan. 

Berada di atas bukit, Bukit Nirwana menawarkan panorama alam yang luar biasa. Sebab, lokasi tersebut dikelilingi 10 gunung. 

Pengunjung juga bisa menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam. 

Selain berfoto-foto di berbagai spot yang Instagrammable, pengunjung juga bisa berkemah di Nirwana Camp. 

Pengunjung wajib membayar tiket masuk Rp 10.000 per orang. Bukit Nirwana dapat dikunjungi mulai dari pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Tempat wisata ini berlokasi di Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang. Dari pusat Kota Batu dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dengan kendaraan roda dua atau empat.

Tempat hiburan keluarga, Malang Night Paradise, hadir dengan mengusung tema serba gemerlap. 

Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana, seperti Taman Dinosaurus, Taman Lampion, Museum Ganesya, Fun Clown, Flying Car, Water House Bay, The Builder, Magic Journey, Mini Pendulum, dan lainnya.

Ketika mencoba wahana Magic Journey, pengunjung dapat menyusuri sungai buatan yang cantik dengan perahu kecil, sekaligus melihat kebun bunga, rumah sihir, Kota Venesia, hingga Jepang.

Harga tiket masuk Malang Night Paradise beragam, yakni Rp 55.000 untuk tiket reguler, sementara tiket terusan Rp 95.000 dan Rp 125.000.

Lokasi Malang Night Paradise terletak di Perumahan Graha Kencana, Jalan Raya Karanglo, Karanglo, Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Malang. Beroperasi mulai dari pukul 17.45 – 22.00 WIB.


19. Kampung Tridi Malang

Kampung Tridi Malang dikenal berkat bangunannya yang berwarna-warni serta berbagai spot foto yang Instagrammable. 

Kampung ini dihiasi beragam lukisan tiga dimensi, mulai dari pemandangan alam, hewan-hewan, sayap malaikat, sampai tokoh kartun.

Selain lukisan tiga dimensi, juga terdapat wahana menarik, seperti sarang burung, rumah pohon, dan lorong payung.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat merasakan berjalan di jembatan kaca di atas Sungai Brantas yang juga cocok untuk jadi lokasi foto yang keren. 

Fasilitas yang tersedia di Kampung Tridi Malang adalah area parkir, toilet, dan warung.

Tempat ini juga pernah dijadikan lokasi syuting film Yowis Ben. 

Pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, sudah termasuk gantungan kunci. Sementara, tarif parkir di lokasi wisata ini sebesar Rp 2.000 untuk motor.

Kampung Tridi Malang terletak di Jalan Temenggungan Ledok, Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Satu lagi kampung terkenal di Malang yaitu Kampung Warna-warni Jodipan.

Awalnya kampung ini dikenal kumuh. Namun kemudian diubah menjadi warna-warni yang unik. 

Setiap sudut kampung ini dipenuhi spot-spot foto yang menarik dan Instagrammable, mulai dari lorong payung, lorong topeng, hingga tangga warna-warni.

Pengunjung tempat wisata hits di Malang ini juga dapat berfoto di jembatan kaca berwarna kuning atau sekaligus mengunjungi Kampung Tridi yang terhubung langsung dengan jembatan ini.

Fasilitas yang tersedia di Kampung Warna-warni Jodipan, yaitu area parkir, toilet, musala, tempat duduk, dan warung makan.

Pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Kampung Warna-warni Jodipan berdekatan dengan Kakpung Tridi, terletak di Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

21. Sivaraja's Secret Garden

Terinspirasi dari The Hermes Secret Garden, Sivaraja’s Secret Garden merupakan coffee shop yang berkonesp taman rahasia di rooftop restoran.

Coffee shop ini dikelilingi tanaman hijau yang membuat suasana terasa nyaman, serta dilengkapi meja, kursi kayu, dan lampu gantung. 

Pemandangan yang ditawarkan dari Saviraja’s Secret Garden juga indah dengan panorama Kota Malang dan matahari terbenam saat sore hari.

Hidangan yang disajikan juga beragam, mulai dari cemilan, masakan nusantara, pasta, steak, hingga dessert dengan harga mulai dari Rp 20.000.

Sivaraja’s Secret Garden dibuka setiap hari mulai dari pukul 07.00-22.00 WIB.

Lokasinya ada di Rooftop Latar Ijen Resto, tepatnya di Jalan Besar Ijen Nomor 79, Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Digadang-gadang mirip Tanah Lot di Bali, Pantai Balekambang menawarkan pemandangan alam yang indah.

Pengunjung dapat bermain air bila kondisi aman, melihat karang dan ikan-ikan, outbound, menyantap hidangan seafood, dan berfoto.  

Di salah satu tempat wisata di Malang ini juga terdapat juga Pura Ismoyo yang menjadi daya tarik Pantai Balekambang dan dapat dicapai dengan jembatan sepanjang 70 meter.

Biasanya, jembatan ini dijadikan tempat foto atau lokasi untuk menikmati pemandangan.

Fasilitas di Pantai Balekambang juga cukup memadai, seperti area parkir, toilet, musala, gazebo, warung makan, hingga penginapan.

Tiket masuk Pantai Balekambang Rp 15.000 per orang.

Lokasinya ada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, dapat ditempuh dalam waktu sekitar dua jam dari pusat Kota Malang, tepatnya.

Lembah Indah merupakan tempat wisata edukasi yang menawarkan berbagai fasilitas menarik dan aktivitas menyenangkan.

Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di Lembah Indah, antara lain beternak sapi dan kambing, berkebun, flying fox, ATV, berkuda, berkemah, bersepeda, dan berwisata kuliner.

Adapun, fasilitas yang disediakan Lembah Indah, yaitu lokasi outbound, lokasi berkemah, glamping (glamour camping), restoran, perkebunan dan peternakan, hingga spot foto. 

Lembah Indah menawarkan beragam macam penginapan untuk pengunjung yang ingin bermalam dengan harga mulai dari Rp 75.000 untuk regular camping spot dan glamour camping mulai dari Rp 400.000.

Jam operasional Lembah Indah adalah hari Selasa – Jumat pukul 08:00 – 17:00  WIB, dan Sabtu – Minggu pukul 07:00 – 17:00 WIB. Lokasinya ada di Desa Balesari, Ngajum, Malang. 

Wisata alam Puncak Bundu atau disebut juga Bukit Pelindung memiliki pemandangan alam berupa pegunungan dan sungai.

Pengunjung dapat menikmati suasana yang asri di Puncak Bundu.

Puncak Bundu juga dilengkapi dengan spot foto, seperti sarang jari-jari tangan, hammock, meja dan kursi kayu.

Selain itu, jangan lewatkan pemadangan Gunung Semeru yang bisa dijadikan latar foto. 

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan berfoto-foto di Puncak Bundu dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Puncak Bundu terletak di Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Dari pusat Kota Malang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam 30 menit, dan dari area parkir harus dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 200 meter.

Pantai Tiga Warna merupakan salah satu tempat wisata pantai di Malang Selatan. 

Pantai ini terkenal akan gradasi tiga warnanya, yaitu biru, hijau, dan cokelat kemerahan. 

Pantai ini berhadapan dengan Pulau Sempu dan termasuk kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove, terumbu karang, dan hutan lindung. 

Oleh karena itu, waktu kunjungan wisata dibatasi hanya selama 2 jam per rombongan.

Pantai Tiga Warna aman dijadikan lokasi snorkeling lantaran kondisi ombaknya yang lebih tenang dibandingkan pantai di bagian selatan lain. 

Selain itu, pengunjung dapat sekedar bermain air, atau berfoto-foto dan menikmati keindahan pantai di gardu pandang di atas tebing yang tidak terlalu tinggi.

Tiket masuk Pantai Tiga Warna Rp 10.000 per orang. Mereka juga diwajibkan menyewa pemandu wisata dengan harga Rp 150.000 per rombongan dalam jumlah lima orang.

Tersedia penyewaan peralatan snorkeling dengan harga Rp 25.000 per orang.

Pantai Tiga Warna terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. 

Museum Angkut merupakan salah satu museum modern yang didirikan pada tanggal 9 Maret 2014.

Tempat wisata sekaligus museum ini memamerkan berbagai jenis alat angkut dari seluruh penjuru dunia.

Berbagai jenis kendaraan tradisional dan modern dapat dilihat di museum dengan penataan latar belakang tempat kendaraan itu berasal.

Wisatawan akan dimanjakan dengan ratusan kendaraan yang ditata apik, lengkap dengan informasi sejarah mengenai kendaraan tersebut.

Selain itu, museum ini memiliki beberapa area untuk wisatawan berfoto dengan latar belakang seperti di negara lain, misalnya terdapat zona Gangster Town dan Broadway Street, zona Hollywod, zona Las Vegas, dan zona Istana Buckingham.

Museum ini terletak di Jalan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Kota Batu. Wisatawan bisa mengunjungi tempat wisata ini pukul 12.00-20.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 100.000.

Hill House menghadirkan pemandangan alam dengan pesona kemegahan pegunungan dari atas bukit di Kota Batu.

Dengan tagline Batu's Living Room, Hill House dapat dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga atau sahabat. 

Mengusung konsep ruang keluarga dengan interior modern, fasilitas yang ditawarkan tempat wisata di Malang ini antara lain restoran, bar, kolam renang alami, day club dan pool outdoor, lengkap dengan area duduk berupa day bed atau kasur, meja, dan bantal.

Hill House menawarkan pengalaman baru dengan menyajikan makanan Jepang dan Korea dengan sentuhan rasa Indonesia. Harga menu berkisar Rp 20.000-Rp 135.000.

Hill House berlokasi di Jalan Mawar, Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu. Tempat ini beroperasi setiap hari pukul 11:00-22:00 WIB.

Coban Talun mempunyai taman bunga indah layaknya di Negeri Sakura. Pengunjung dapat mengagumi keindahan bunga sekaligus berfoto sepuasnya dengan latar bunga berwarna-warni.

Coban Talun sendiri merupakan air terjun di Desa Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

Pilihan tempat wisata di Malang ini dilengkapi macam-macam wahana bermain dan spot foto.

Tiket masuk Coban Talun sekitar Rp 10.000, sementara parkir motor seharga Rp 5.000-an. Pengunjung yang ingin mengakses taman bunga, harus membayar kira-kira Rp 10.000.


29. Boonpring Andeman

Jepang memiliki hutan bambu indah bernama Sagano Bamboo Forest di Kyoto. Rupanya Malang juga punya yang serupa bernama Boonpring Andeman.

Berlokasi di Jalan Andeman, Dusun Kp. Anyar, Sanankerto, Kec. Turen. Dari Stasiun Kota Malang, dapat ditempuh minimal satu jam perjalanan.

Saat berada di Boonpring Andeman, pengunjung dapat menjelajahi hutan bambu menggunakan sepeda motor roda 3 seharga Rp 5.000 per orang. 

Terdapat pula wahana seperti perahu angsa, ATV, bola air, panahan, sampai kolam renang.

Cukup membayar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak, sudah bisa mengakses tempat wisata ala Jepang di Malang ini. 

Kamu bisa mengunjungi Boonpring Andeman pada weekdays mulai pukul 08:00-16:00 WIB. Sementara pada weekend mulai pukul 07:00-16:00 WIB.

30. The Onsen Hot Spring Resort

Jika ingin menjelajahi taman khas Jepang, pengunjung tak perlu bepergian jauh-jauh.

Mereka dapat mendatangi The Onsen Hot Spring Resort, Jalan Arumdalu Nomor 98, Songgokerto, Kecamatan Batu.

Walau pun tidak menginap, kamu tetap dapat berkeliling tempat wisata bernuansa Jepang di Malang ini. Tiket masuknya kurang lebih Rp 50.000.

Rasakan sensasi berendam di onsen (pemandian khas Jepang) pada pukul 14.00-17.00 WIB, dengan tarif Rp 150.000 per orang.

Bisa juga jalan-jalan sembari berfoto di torii gate (gerbang kuil Shinto) dan taman ala Negeri Sakura.

Kamu dapat mengenakan kimono lengkap dengan budget Rp 100.000 untuk pria dan anak-anak, Rp 150.000 untuk perempuan.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/15/200400027/30-wisata-hits-di-malang-2021-banyak-spot-foto-kekinian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke