Salin Artikel

Penerbangan Misterius di Korea Selatan Laris Manis, Ditumpangi Belasan Ribu Penumpang

KOMPAS.com – Penerbangan misterius atau penerbangan ke antah berantah di Korea Selatan tengah naik daun lantaran berhasil menarik perhatian ribuan penumpang pesawat.

Melansir Simple Flying, Selasa (15/6/2021), sejak adanya pembatasan perjalanan dan penutupan perbatasan negara, sebanyak 15.983 penumpang menaiki penerbangan tersebut.

Berdasarkan data yang baru-baru ini dirilis oleh Korea Customs Service, belasan ribu penumpang tersebut telah naik 152 penerbangan ke antah berantah.

Terdapat tujuh maskapai penerbangan Korea Selatan telah menawarkan program tersebut.

Meski tidak diketahui apakah para penumpang menaikinya hanya untuk jalan-jalan atau menghabiskan uang, namun para penumpang menghabiskan 20 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk belanja bebas bea.

Sementara itu, hampir setengahnya atau 7.266 penumpang menghabiskan lebih dari 600 dolar AS untuk minuman bebas bea.

Dari tujuh maskapai penerbangan yang menawarkan penerbangan misterius, maskapai penerbangan tarif rendah Air Busan mengoperasikan penerbangan paling banyak yakni 35 penerbangan.

Sementara itu, Jeju Air mengoperasikan 34 penerbangan misterius, dan Jin Air melakukan 33 penerbangan.

Maskapai lain yang jumlah penerbangannya tidak jauh berbeda dari Air Busan, Jeju Air, dan Jin Air adalah T’way Air, Air Seoul, Asiana, dan Korean Air.

Naik daun karena terapi ritel

Penerbangan ke antah berantah di Korea Selatan tengah naik daun karena fokus mereka terhadap belanja bebas bea.

Sebab, pemerintah Korea Selatan mengizinkan penerbangan untuk membantu menopang maskapai penerbangan lokal dan industri bebas bea lokal.

Hal tersebut dirasa cukup adil lantaran pertokoan di bandara dianggap sering terlupakan di tengah turunnya perjalanan.

Kendati demikian, apa yang tadinya merupakan bisnis sampingan yang dikontrol ketat mengalami ledakan di Negeri Ginseng.

Pemerintah Korea Selatan telah mengizinkan lebih banyak maskapai dan bandara untuk terlibat selama setahun terakhir. Seiring berjalannya waktu, alasan untuk penerbangan juga telah bergeser.

Saat penerbangan ke antah berantah atau penerbangan wisata di negara lain adalah tentang menikmati kembali pengalaman terbang, hal tersebut tidak terjadi di Korea Selatan.

Menurut laporan Bloomberg baru-baru ini, retailer bebas bea global Lotte mengadakan penerbangan untuk 130 pelanggan terbaiknya.

Mereka tidak membayar apa pun untuk penerbangan tersebut. Namun, mereka diharapkan menghabiskan uang yang banyak untuk Lotte.

Penerbangan tersebut merupakan salah satu dari enam penerbangan misterius yang diselenggarakan oleh mereka pada Mei.

Operator bebas bea terbesar kedua di Korea Selatan, Hotel Shilla, juga menawarkan dua penerbangan serupa pada Mei kepada pelanggannya. Masing-masing penerbangan mampu menampung 114 penumpang.

Penumpang menghabiskan uang banyak untuk bebas bea

Korean Customs Service mengatakan, selain alkohol, para penumpang juga menghabiskan uang yang banyak untuk kosmetik, parfum, dan tas mahal.

“Saya melihat banyak orang dengan tas penuh barang bebas bea,” kata seorang pembeli bebas bea Air Busan kepada Bloomberg, mengutip Simple Flying.

Penerbangan ini tidak menanggung kerugian yang ditimbulkan oleh operator bebas bea sejak penurunan perjalanan dimulai, namun mereka membantu.

“Kontribusi dari penerbangan ke antah berantah kecil, namun lebih baik dari pada tidak memiliki apapun,” kata seorang analis kepada Bloomberg.

Maskapai penerbangan layanan lengkap seperti Korean Air juga termasuk dalam tujuh maskapai yang menawarkan penerbangan tersebut.

Namun, berbeda dengan maskapai tarif rendah, mereka menyediakan penerbangan bebas bea yang lebih mumpuni.

Para penumpang membayar biaya mulai dari 142-490 dolar AS tergantung di mana mereka ingin duduk, dan mengambil barang bebas bea yang dipesan sebelumnya dalam perjalanan melalui bandara, sebelum menaiki salah satu penerbangan singkat dari Incheon International Airport.

“Penerbangan misterius adalah konsep yang menyegarkan. Namun, sejujurnya saya rasa saya tidak akan memesan penerbangan jika tidak ada manfaat belanja bebas bea,” kata salah seorang penumpang Korean Air.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/16/073100827/penerbangan-misterius-di-korea-selatan-laris-manis-ditumpangi-belasan-ribu

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.