Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Wisata di Kawasan Bromo dan Semeru yang Wajib Dikunjungi

MALANG, KOMPAS.com - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia.

Lanskap pegunungan yang membentang sekitar 50.276,3 hektar memanjakan pandangan wisatawan.

Terdapat tujuh destinasi populer dan sayang dilewati saat berkunjung ke kawasan tersebut. 

Berikut tujuh destinasi yang wajib dikunjungi jika berwisata ke TNBTS:

Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa. Puncaknya yang bernama Mahameru berada di ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Karakter Gunung Semeru yaitu setiap 10 sampai 15 menit sekali meletupkan material abu dan pasir.

Menjadi puncak tertinggi Jawa, gunung dengan julukan Puncak Para Dewa ini selalu menjadi sasaran pendakian dari berbagai daerah, bahkan pendaki mancanegara.

"Dari kejauhan tampaknya daerah yang menjadi puncak gunung ini terlihat seperti kerucut tetapi selama berada di atas merupakan kubah yang luas dengan hamparan lapisan pasir atau abu yang gersang dan berbahaya untuk didaki," kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas pada Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sarif Hidayat, Rabu (16/6/2021).

Puncak Penanjakan berada pada ketinggian 2.700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Puncak Penanjakan merupakan tempat tertinggi di komplek Penggunungan Tengger.

Tempat itu diburu oleh wisatawan untuk menikmati matahari terbit atau sunrise. Dari tempat itu, wisatawan juga bisa menikmati lanskap Gunung Bromo dari atas dengan latar Gunung Semeru di belakangnya.

"Atraksi dapat menyaksikan keindahan alam di bagian bawah seperti panorama laut pasir. Sunrise di Puncak Penanjakan, menikmati indahnya matahari terbit di ufuk timur. Kita dapat menikmati suasana tersebut dalam hening dan ketentraman tanpa kebisingan dan kegaduhan," kata Sarif.

Salah satu keindahan lainnya di kawasan Bromo adalah Lautan Pasir. Lautan Pasir Bromo merupakan hamparan pasir yang berada di sekitar kaldera Tengger Gunung Bromo.

Di kaldera itu terdapat lima gunung, yaitu Gunung Bromo, Kursi, Batok, Watangan, dan Widodaren. Lautan Pasir menjadi perlintasan wisatawan saat mengunjungi masing-masing destinasi di kawasan itu.

Lautan Pasir di Bromo dikenal dengan pasir berbisik. Sebab saat angin bertiup, butiran pasir terbang seakan menyerukan bisikan.

"Laut Pasir Bromo ini ketika angin bertiup kencang, deru angin yang membawa butiran-butiran pasir bagaikan bisikan-bisikan yang menyerukan keistimewaan wisata Bromo sehingga Lautan Pasir Bromo terkadang juga disebut Pasir Berbisik," katanya.

Bukit Teletubbies adalah salah satu padang rumput yang terletak di sebalah selatan Kawah Gunung Bromo. Tempat itu mempunyai daya tarik besar bagi wisatawan.

"Bukit Teletubbies dengan keindahannya memiliki pemandangan bukit bergelombang yang diselimuti oleh rumput hijau seperti dekat dengan awan putih dan warna langit yang biru nan indah yang jarang dijumpai di tempat lain," katanya.

5. Bukit Kedaluh

Bukit Kedaluh berada di bawah atau sebelum Puncak Penanjakan. Di tempat ini, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan ke arah Lautan Pasir sama seperti di Puncak Penanjakan.

Tempat itu sebagai alternatif destinasi jika Puncak Penanjakan penuh dengan wisatawan.

"Obyek ini berkembang sebagai upaya pengalihan pengunjung yang padat di Penanjakan," jelasnya.

Bukit Cinta berada di bawah Bukit Kedaluh, pada ketinggian 2.680 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Saat berkunjung ke lokasi ini, wisatawan bisa melihat lanskap Lautan Pasir dan Gunung Bromo lebih dekat.

"Keberadaan Bukit Cinta dapat menambah poin untuk menikmati sunrise dan menyaksikan keindahan alam ke arah Lautan Pasir seperti dari Penanjakan maupun Bukit Kedaluh," jelas Sarif.

7. Pura Agung Poten

Pura Agung Poten yang berada di tengah-tengah Lautan Pasir. Pura ini merupakan salah satu pusat peribadatan umat Hindu Tengger. Keberadaan Pura Agung dekat dengan lokasi Kawah Gunung Bromo.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/16/203726927/7-wisata-di-kawasan-bromo-dan-semeru-yang-wajib-dikunjungi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke