Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Obyek Wisata yang Dikelola Pemkab Bantul Tutup Akhir Pekan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan ditutup pada akhir pekan. 

Keputusan tersebut diambil akibat adanya peningkatan kasus Covid-19 di daerah tersebut.

Menurut situs corona.bantulkab.go.id, Rabu (16/6/2021), terdapat 15.985 kasus Covid-19 terkonfirmasi. Situs web yang sama juga menunjukkan kenaikan kasus Covid-19 terkonfirmasi dari tanggal 9 Juni 2021 (14.921 kasus) hingga tanggal 16 Juni 2021. 

"Oleh karena itu, kebijakan Pemkab Bantul yang pertama akan menutup obyek-obyek wisata yang dikelola oleh kabupaten pada hari Sabtu dan Minggu," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bantul Helmi Jamharis dihubungi wartawan Kamis (17/6/2021).

Hal ini sesuai Instruksi Bupati (Inbup) Nomor 15/instr/2021 tentang perpanjangan kesembilan pemberlakuan PPKM mikro di Bantul yang ditandatangani oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih tanggal 15 Juni 2021.

Inbup itu berlaku dua pekan, sehingga nantinya pada tanggal 19-20 Juni dan tanggal 26-27 Juni tempat wisata akan tutup sementara.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, obyek wisata yang dikelola oleh Pemkab Bantul adalah kawasan Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Pandansimo, Pantai Kwaru, Goa Selarong, dan Goa Cerme.

Selain tempat wisata, Inbup juga melarang model jamuan prasmanan saat kegiatan hajatan. 

Sementara, untuk seni budaya, kegiatan pentas juga ditiadakan.

"Layanan perkantoran 75%, itu beberapa hal yang mendasar, dan untuk peribadatan di zona merah mohon dilaksanakan di rumah. Lalu, untuk sekolah tatap muka juga belum diperbolehkan," ucap Helmi.

Helmi menyebut pihaknya berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pengawasan dan pelaksanaan Inbup tersebut.

"Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) sudah berkomitmen menjaga Kabupaten Bantul agar tidak ada lonjakan (kasus Covid-19), sehingga kemarin Pak Kapolres (Bantul) lewat Wakapolres sudah siap back up Instruksi Bupati yang dikeluarkan," kata Helmi.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/18/072900727/obyek-wisata-yang-dikelola-pemkab-bantul-tutup-akhir-pekan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke