Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sensasi Memberi Makan Jerapah dengan Tumpeng Sayur dan Buah di Taman Safari Prigen

MALANG, KOMPAS.com - Pengelola Taman Safari Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur memberi suguhan spesial untuk jerapah yang menjadi koleksinya, Minggu (20/6/2021).

Satwa dengan nama latin Giraffa camelopardalis itu disuguhi tumpeng yang terdiri dari buah dan sayur.

Wisatawan pun bisa memberikan langsung tumpeng berisi sayur dan buah itu supaya merasakan sensasi berinteraksi dengan jerapah.

Area General Manager Taman Safari Prigen dan Baobab Safari Resort Diaz Yonadie mengatakan, suguhan spesial itu untuk memperingati Hari Jerapah Sedunia atau World Giraffe Day yang dirayakan setiap tanggal 21 Juni.

Karena itu, pihaknya memberikan kado spesial berupa tumpeng berisi buah dan sayur yang menjadi makanan ringan jerapah.

"Pemberian tumpeng sebagai simbol perayaan yang memiliki makna kebahagian. Karena itu jerapah-jerapah ini diberikan tumpeng sayur dan buah sebagai snack atau camilan," kata dia.

Terdapat dua jerapah yang menerima kado spesial itu, yakni jerapah bernama Jahari dan Kamil.

Wisatawan yang menjadi tamu hotel di Baobab Safari Resort menjadi lebih dekat dengan satwa leher panjang itu. Mereka diberi kesempatan memberikan makan jerapah. Pengunjung juga diedukasi tentang jerapah dan statusnya yang terancam punah.

Para wisatawan menikmati sensasi bersama jerapah dengan tetap menjalani protokol kesehatan Covid-19.

Kurator Taman Safari Prigen Ivan Chandra mengatakan, makanan utama jerapah adalah beberapa jenis rumput dan dedaunan.

"Makanan utama mereka tetap rumput (beberapa jenis) dan daun," katanya.

Dijelaskannya, jerapah tergolong dalam hewan haerbivora pemakan tumbuhan. Jerapah tidak memaka daging atau hewan kecil untuk santapannya, melainkan hanya makan dedaunan atau tanaman.

"Salah satu yang disukai adalah daun akasia yang dimakan secara langsung dari pohonnya. Letak daun yang tinggi ini cukup menguntungkan jerapah karena hewan lain tidak mampu mencapainya," kata Ivan.

Pada kesempatan itu, Taman Safari Prigen juga mengajak masyarakat untuk mengampanyekan perlindungan terhadap satwa yang dilindungi, termasuk jerapah. Sebab, melindungi spesies langka merupakan pekerjaan sangat berat. Dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak.

International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List menyatakan bahwa jerapah sebagai kategori hewan terancam punah. IUCN Red List merupakan organisasi internasional yang memberikan informasi dan analisis mengenai status, tren dan ancaman terhadap spesies.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/20/155747627/sensasi-memberi-makan-jerapah-dengan-tumpeng-sayur-dan-buah-di-taman-safari

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+