Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Covid-19 Melonjak, Semua Tempat Wisata di Klaten Tutup Sementara

KOMPAS.com - Semua obyek wisata di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, akhirnya ditutup secara total untuk sementara.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten Sri Nugroho.

Ia menyampaikan bahwa penutupan semua obyek wisata di Klaten tertuang dalam Instruksi Bupati Klaten No. 3 Tahun 2021 tentang Percepatan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 pada Kondisi Zona Merah di Kabupaten Klaten.

"Berdasarkan instruksi terbaru dari Bupati Klaten obyek wisata di Klaten ditutup sementara untuk para wisatawan," ujar Sri saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Dalam surat tersebut tertulis, penutupan dilakukan dalam rangka pengendalian dan upaya percepatan dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19 yang makin meningkat. Status Kabupaten Klaten kini juga zona merah.

Di poin kedua dalam surat tersebut tertulis bahwa Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Klaten mengimbau semua pengelola obyek wisata di Kabupaten Klaten agar menutup tempat wisata, termasuk kegiatan usaha di dalamnya.

Surat tertanggal 21 Juni 2021 yang ditandatangani Bupati Klaten Sri Mulyani tersebut mencabut Instruksi Bupati Klaten Nomor 2 Tahun 2021 tentang Percepatan Penanggulangan Penyebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Klaten.

Kendati demikian, dalam poin ke-16 surat tersebut menjelaskan, pada saat ditetapkannya Instruksi Bupati Nomor 3 Tahun 2021, ketentuan dalam Surat Edaran (SE) Bupati Klaten Nomor 443.5/129 tentan Perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan Instruksi Bupati yang baru.

Sebelumnya, wisata di Klaten tutup tiap akhir pekan

Melansir dari Kompas.com, Jumat (18/6/2021) sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten resmi menutup semua tempat wisata di Klaten, Jawa Tengah, setiap akhir pekan.

"Iya betul, sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Klaten maka per hari ini semua obyek wisata Klaten setiap hari Sabtu-Minggu ditutup," ujar Sri.

Ia melanjutkan bahwa kebijakan tersebut tertuang dalam SE Bupati Klaten Nomor: 443.5/129 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro untuk Pengendalian Penyebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Klaten.

Dalam surat tersebut, pada poin q nomor 6a tertulis untuk semua daya tarik wisata berupa wisata alam, wisata tirta, wisata religi, dan wisata budaya/sejarah ditutup hari Sabtu dan Minggu, pada minggu pertama dan ketiga.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/22/150829927/covid-19-melonjak-semua-tempat-wisata-di-klaten-tutup-sementara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke