Salin Artikel

Awan Panas Gunung Merapi ke Arah Tenggara, Wisata Klangon Tutup Aktivitas Camping

KOMPAS.com – Gunung Merapi kembali meluncurkan awan panas guguran pada Jumat (25/6/2021) pukul 04.43 WIB.

Menurut postingan di akun Instagram resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) di @bpptkg, Jumat, luncuran kali ini mengarah ke tenggara.

Selain itu, teramati tinggi kolom asap sekitar 1.000 meter di atas puncak dan condong ke barat daya. Jarak luncuran maksimal adalah 3 kilometer (km).

Adapun, ada beberapa tempat wisata yang ada di sekitar sisi tenggara dan selatan Merapi. Salah satunya adalah wisata Bukit Klangon di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Wisata Bukit Klangon tutup aktivitas camping

Akibat awan panas guguran Gunung Merapi yang mengarah ke tenggara, pihak wisata Klangon pun mengambil kebijakan untuk kembali menutup aktivitas camping malam hari.

Padahal, aktivitas camping di wisata Bukit Klangon masih belum lama dibuka sejak status Gunung Merapi siaga November 2021 lalu. Pembukaan aktivitas camping baru dilakukan awal Juni 2021.

Penutupan itu disampaikan dalam Instastory akun Instagram resmi wisata Klangon di @pesona_klangon, Jumat.

“Berkaitan dengan naiknya aktivitas Gunung Merapi, demi keamanan dan kenyamanan, maka kami sampaikan bahwa wisata malam/camping di Bukit Klangon tutup sementara,” tulis Instastory tersebut.

Wisatawan yang sudah telanjur mendaftar pun dianjurkan untuk membatalkan atau menunda terlebih dahulu sampai keadaan benar-benar aman.

Penutupan aktivitas camping juga disampaikan salah satu pengelola wisata Klangon bernama Gunawan saat dihubungi Kompas.com, Jumat.

Meski begitu, wisata Klangon tidak ditutup total. Wisatawan masih bisa berkunjung pada siang hari.

“Untuk saat yang kami off-kan baru yang malam saja. Untuk siang tetap bisa dengan catatan tetap meningkat kan kewaspadaan secara mandiri,” kata Gunawan melalui pesan WhatsApp.

Jarak wisata Bukit Klangon dari puncak Gunung Merapi hanyalah sekitar 4 km saja, sehingga termasuk dekat.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/25/111442727/awan-panas-gunung-merapi-ke-arah-tenggara-wisata-klangon-tutup-aktivitas

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.